13 Manfaat Minum Teh Chamomile untuk Kesehatan dan Kecantikan

31 Agustus 2020

Bunga chamomile atau kamalia adalah sebuah bunga yang dapat dijadikan sebagai teh dengan mengambil bagian mahkotanya. Realfoodfam bisa merasakan manfaat chamomile tea untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan pada kulit tubuh maupun wajah.

Kandungan dalam bunga chamomile terdapat flavonoid yang diyakini mampu untuk menangkal berbagai macam radikal bebas serta dapat mengatasi masalah peradangan pada kulit. Selain masalah kulit, mengonsumsi bunga chamomile sebagai teh bermanfaat untuk membantu menenangkan saraf-saraf yang tegang, bahkan dipercaya dapat membunuh sel penyebab penyakit kanker.

Ketika Realfoodfam mengalami masalah tidur malam atau susah untuk beristirahat, cobalah untuk mengkonsumsi teh chamomile. Manfaatnya adalah membuat kualitas tidur menjadi lebih nyenyak serta dapat membuat istirahat lebih baik dari sebelumnya.

Berikut ini rangkuman beberapa sumber mengenai manfaat bunga chamomile bagi kesehatan dan kulit.

1. Menghilangkan Lingkar Hitam Mata 

Manfaat chamomile yang pertama ialah dapat mengatasi masalah pada kantung mata. Bagi mereka yang mengalami kesulitan tidur, dampaknya dapat berakibat pada kurang tidur yang menimbulkan lingkaran hitam di daerah sekitar mata.

Untuk mengaplikasikannya, Realfoodfam dapat membuat teh dengan air panas, kemudian dinginkan chamomile tea ke dalam kulkas atau cukup ditaruh di tempat dengan suhu yang cukup agar cepat dingin. Kemudian setelah dirasa sudah dingin, gunakan bagian kantung teh nya untuk di kontes pada bagian mata yang mengalami lingkaran hitam

2. Menyehatkan Kulit Tubuh

Manfaat yang kedua dari bunga ini adalah membantu meningkatkan elastisitas kulit. Sebab, teh chamomile disebut dapat mengencangkan pembuluh kapiler di bawah kulit. Teh chamomile bermanfaat untuk anti inflamasi, anti bakteri alami, serta antioksidan yang jika dikonsumsi secara rutin setiap hari dapat membuang racun-racun yang ada dalam tubuh.

Anti oksidan berkhasiat untuk melindungi kulit agar tidak gampang terpapar pengaruh buruk pada bagian bagian luar. Ada beberapa rekomendasi makanan tinggi kolagen yang bisa dikonsumsi untuk membantu menyehatkan kulit tubuh

Baca juga: Cara Alami Mencerahkan Kulit Tubuh yang Kusam Hanya Dalam 30 Hari

3. Melawan Jerawat pada Wajah

Kandungan dalam bunga Chamomile dipercaya mampu menjadi toner alami. Cara membuat toner chamomile adalah:

  • Siapkan air, bunga chamomile, serta kapas secukupnya
  • Masak  Chamomile dengan air hingga panas
  • Setelah matang, masukkan kedalam gelas lalu tunggu sampai hangat
  • Celupkan kapas ke dalam chamomile tea
  • Bersihkan wajah sebelum menggunakan toner, pastikan tidak ada make up yang tersisa
  • Oleskan kapas yang dicelupkan ke dalam teh chamomile ke wajah
  • Tunggu beberapa menit, sampai benar-benar kering kemudian bilas
  • Lakukan setiap hari sebelum beristirahat agar jerawat menjadi hilang seluruhnya

 

4. Membuat Kulit Wajah Menjadi Lebih Sehat

Realfoodfam bisa memanfaat chamomile tea untuk dijadikan sebagai face spray juga, lho!. Ini berguna agar mengembalikan kelembapan serta kesegaran kulit yang hilang karena aktivitas seharian. Realfoodfam cukup memasukkan bunga chamomile yang sudah dijadikan sebagai teh kedalam botol spray untuk disemprotkan ke area wajah atau tubuh.

5. Meringankan Peradangan pada Kulit

Tanaman yang ini memiliki efek melawan bakteri penyebab timbulnya infeksi. Sebuah studi kecil tahun 1987 menemukan bahwa mengoleskan ekstrak chamomile langsung ke luka dapat membantu penyembuhan. Ada juga penelitian lain yang menyatakan bahwa penggunaan chamomile dapat membantu mengobati eksim dan menyembuhkan inflamasi ringan (Sumber: medicalnewstoday.com)

6. Menghilangkan Luka Bakar pada Kulit

Jika Realfoodfam sering beraktivitas di luar ruangan pada siang hari atau d biasanya kulit akan terbakar akibat terkena sinar matahari yang begitu panas. Itu sebabnya chamomile dapat digunakan oleh produk-produk tertentu untuk mengurangi dampak dari luka bakar, seperti dikutip dari ncbi.nlm.nih.gov.

Baca juga: Tips Melakukan Perawatan Kulit Kering dengan Mudah

7. Meremajakan Kulit Wajah

Dalam chamomile terdapat kandungan flavonoid dan polyphenols yang berfungsi agar menjadikan kulit menjadi terjaga serta menghilangkan penuaan dini. Penuaan dini bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya adalah kurangnya jumlah produksi kolagen dalam tubuh.

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi dalam teh chamomile disebut efektif untuk mengatasi masalah peremajaan kulit dan mampu melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB.

8. Mengurangi Nyeri Haid pada Wanita

Merajuk dari laman medicalnewstoday.com, sebuah penelitian tahun 2010 mengatakan bahwa mengkonsumsi teh chamomile sangat baik untuk wanita karena bisa mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.

9. Mengobati Diabetes dan Menurunkan Gula Darah

Sebuah penelitian yang menyatakan bawah teh chamomile dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Efek ini dapat membantu mengurangi risiko jumlah penderita komplikasi diabetes jangka panjang.

10. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah hilangnya kepadatan tulang secara progresif. Kehilangan ini meningkatkan risiko patah tulang dan postur tubuh bungkuk. Kondisi ini paling umum terjadi pada wanita pasca menopause. Kecenderungan ini mungkin disebabkan oleh hormon estrogen

11. Mencegah Sel Kanker Berkembang

Pada tahun 2012, sebuah penelitian membandingkan antara teh marigold dan chamomile. Ternyata, keduanya dapat menargetkan sel kanker atau bahkan mencegah sel tersebut berkembang, tetapi efek teh marigold lebih kuat dibandingkan dengan chamomile.

12. Membantu Relaksasi Tidur

Teh chamomile juga dapat mempermudah seseorang untuk tertidur lelap setelah meminumnya. Michael Breus, Ph,d seorang psikolog dan board certified sleep specialist pun mengungkapkan kandungan apigenin pada chamomile bisa menyebabkan kantuk dan dapat digunakan sebagai terapi bagi yang memiliki masalah tidur. (sumber: Insider.com)

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan chamomile secara rutin. Jangan sampai salah penggunaan manfaat dari bunga chamomile. Selamat mencoba ya, Realfoodfam!

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars