Berbagai Olahan dan Manfaat Sarang Burung Walet

29 Mei 2020

Dari dulu, sarang burung walet selalu dicari oleh banyak orang. Ada yang mencoba membuat tempat di mana burung walet bisa bersarang, dengan harapan burung tersebut meninggalkan sarangnya. Hal ini dikarenakan harga sarang burung walet yang sangat tinggi.

Tidak hanya itu, sarang burung ini juga menyimpan berbagai manfaat. Namun, sebelum dapat digunakan, sarang burung walet harus terlebih dahulu diolah.

Seperti apa saja olahan sarang burung walet tersebut? Sebelum membahas lebih jauh mengenai olahan sarang burung itu, marilah mengenal manfaat sarang burung walet terlebih dahulu.

Manfaat Sarang Burung Walet

Ada hal yang berbeda dari sarang burung walet dibandingkan dengan sarang burung lainnya. Apabila burung lain membuat sarang dari bahan-bahan yang ditemukan seperti ranting, rumput atau daun, hal yang sama tidak berlaku pada burung walet.

Sarang burung ini justru terbuat dari air liurnya yang mengeras. Menariknya, air liur burung walet ternyata mengandung banyak nutrisi seperti zat besi, magnesium, kalsium dan juga kalium. Oleh karena itulah, ada banyak manfaat tersimpan dari sarang burung walet ini, terutama bagi kesehatan.

1. Kaya akan Asam Amino

Sarang burung walet mengandung banyak asam amino yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Asam amino digunakan tubuh untuk meregenerasi sel-sel yang sudah mati, meningkatkan kerja memori, membantu pemulihan setelah sakit dan lain sebagainya.

Sayangnya, sebagian asam amino yang bermanfaat itu tidak dapat diproduksi di dalam tubuh. Sebaliknya asam amino ini justru banyak ditemukan pada sarang burung walet.

2. Sumber Mineral

Selain kaya akan protein, sarang burung walet juga mengandung berbagai mineral yang dibutuhkan tubuh seperti mangan, kalsium dan kalium. Setiap mineral tersebut memiliki fungsinya masing-masing.

Secara umum mineral yang terkandung dalam sarang burung walet berguna untuk membantu pertumbuhan tulang, penyembuhan luka, memastikan enzim bekerja, menjaga kesehatan tubuh dan lain sebagainya.

3. Mencegah Resistensi Insulin

Hasil sebuah penelitian menyatakan bahwa konsumsi sarang burung walet secara teratur dapat mencegah resistensi insulin. Seperti yang diketahui bahwa resistensi insulin merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya diabetes.

Konsumsi sarang burung walet dapat mencegah resistensi insulin dikarenakan zat yang terkandung di dalam sarang burung ini mencegah otak untuk mengeluarkan insulin berlebih sebagai respon atas asupan lemak berlebih. Tidak hanya itu, zat tersebut juga membantu memecah lemak menjadi lebih efektif.

Olahan Sarang Burung Walet

Sebelum dapat dikonsumsi, sarang burung walet harus diolah terlebih dahulu. Ada banyak cara dalam pengolahan sarang burung walet ini. Beberapa diantaranya mungkin bisa dipraktikan secara mandiri di rumah.

1. Sebagai Minuman Sarang Walet

Sarang burung walet dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Salah satunya yakni sebagai minuman biasa. Cara pengolahannya pun sangat mudah. Pertama rendam sarang burung walet, lalu buang segala benda yang menempel pada sarang tersebut.

Setelah itu, bilas kembali dengan air mengalir hingga bersih. Langkah selanjutnya yaitu taruh sarang burung walet di botol atau tempat minum dan tambahkan air secukupnya. Air rendaman sarang burung walet pun siap dikonsumsi.

Realfood melalui programnya menghadirkan minuman ekstrak sarang burung walet yang dapat dikonsumsi oleh siapa saja untuk dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh secara ideal

2. Sup Burung Walet

Pengolahan sarang burung walet yang paling sering ditemui adalah sup burung walet. Ini dikarenakan proses pengolahannya yang mudah dan rasanya pun terjamin. Proses pengolahan sarang burung walet menjadi sup tidak berbeda dengan memasak sup biasa.

Yang harus diperhatikan yakni sebelum memasukan sarang burung walet, pastikan sarang tersebut telah bebas dari kotoran. Selanjutnya, tambahkan sarang burung walet ke dalam sup dan segera hidangkan.

3. Produk Kosmetik

Olahan sarang burung walet tidak hanya digunakan sebagai bahan pangan saja. Bahkan sarang burung ini telah diolah untuk dijadikan  sebagai kosmetik.

Salah satu produk kecantikan yang merupakan hasil olahan sarang burung walet adalah masker. Karena kandungan kolagen yang tinggi, penggunaan sarang burung walet sebagai masker dapat membantu untuk mengencangkan kulit.

Selain itu produk masker dari sarang burung walet ini bisa membuat kulit semakin berseri.

4. Kemasan Sarang Burung Walet

Ada berbagai macam cara pengolahan sarang burung walet. Salah satunya yakni dengan membuatnya menjadi kemasan.

Dengan begitu, sarang burung walet menjadi lebih mudah dijual dan meningkatkan nilai ekonomisnya.

Olahan kemasan sarang burung walet ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya adalah minuman.

5. Suplemen

Semakin berkembangnya zaman, teknologi dalam pengolahan sarang burung walet pun semakin berkembang. Apabila sebelumnya pengolahan sarang burung walet dilakukan secara langsung, kini pengolahan sarang burung walet menjadi lebih kompleks dan rumit.

Meskipun begitu, hasil yang didapat bisa dikatakan sangat memuaskan. Salah satu produk hasil olahan sarang burung walet berbentuk suplemen. Dengan bentuk suplemen ini, pastinya sarang burung walet semakin mudah untuk dikonsumsi dan dirasa khasiatnya.

Sarang burung walet mengandung banyak nutrisi yang sangat berguna bagi kesehatan. Tidak heran jika sarang burung walet selalu dicari-cari. Dengan adanya olahan sarang burung walet, pemanfaatan sarang burung tersebut dilakukan dengan lebih mudah.

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
icon chat whatsapp
closearrow-circle-o-downbars