7 Strategi yang Orang Tua Lakukan untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak

19 Maret 2021
ciri ciri anak yang sehat

Melihat anak tumbuh sehat dan cerdas menjadi kebanggan tersendiri bagi para orang tua. Namun, ada hal lain yang juga harus diperhatikan, yaitu identifikasi kesehatannya sejak dini.

Para orang tua sebaiknya tahu bagaimana ciri-ciri anak yang sehat secara fisik.

1. Proses Tumbuh Kembang Sesuai Tingkatan Usia

Pada dasarnya, perkembangan yang harus diindikasikan adalah kemampuan sensorik, motorik, dan kognitif. Anak yang sehat hendaknya memiliki ciri perkembangan yang sesuai dengan usianya. Misalnya, anak usia 1 tahun mulai bisa merangkak, menyebut kata, menggerakan anggota tubuhnya, dsb.

2. Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi yang Cukup

Rasio perkembangan yang baik juga harus diiringi dengan kesehatan dan nutrisi yang cukup. Jika Realfoodfam menemukan kendala dalam dua hal ini, ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter anak.

Umumnya, ciri-ciri anak yang sehat dapat dipantau melalui KMS atau kartu menuju sehat. Grafik perkembangan si buah hati yang sehat hendaknya harus selalu di atas garis merah.

Jika kondisi yang ada adalah sebaliknya, besar kemungkinan anak mengalami malnutrisi atau memiliki penyakit lain yang dapat berbahaya bagi tumbuh kembang anak.

Realfoodfam bisa memberikan asupan makanan dengan gizi yang seimbang bagi anak setiap hari, seperti makanan 4 sehat 5 sempurna. Jangan lupa pula untuk memberikan tambahan nutrisi pendukung dari Realfood Stay Fit yang diformulasikan sesuai dengan kebutuhan tubuh anak-anak dalam menjaga daya tahan tubuh mereka.

3. Ajarkan Cara Beradaptasi dengan Lingkungan Sejak Dini

Kemampuan untuk menyesuaikan diri atau adaptasi dapat digunakan sebagai indikasi kesehatan mental anak. Secara umum, Realfoodfam dapat melihat kemampuan dan kemauan untuk sosialisasi. Si buah hati juga seharusnya tidak canggung dalam beraktivitas dan bermain bersama dengan teman sebaya.

Dilansir dari situs Greatschools.org, gambaran ciri-ciri anak sehat dalam dunia pendidikan berkaitan dengan temperamen anak yang dibagi menjadi sembilan dasar. Dasar tersebut adalah fisik, sensitivitas, kebiasaan, reaksi, adaptasi, suasana hati, intensitas respons, kegigihan, dan distraksi.

Tidak hanya itu saja, penyesuaian diri anak juga bisa dikaitkan dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Pada dasarnya, balita dan anak pada umumnya punya rasa penasaran yang tinggi. Hal ini menuntutnya untuk terus aktif dan memahami hal baru.

Baca juga: 7 Ciri-Ciri yang Menandakan Anak Pintar dan Cerdas

4. Atur Nafsu Makan Anak Tetap Seimbang 

Dengan adanya nafsu makan yang normal, tidak kekurangan ataupun kelebihan dapat membantu mencukupi nilai asupan gizi dan juga perkembangan anak. Realfoodfam sebaiknya mengetahui cara menghitung status gizi anak yang sesuai dengan Standar Deviasi yang berlaku.

5. Dukung Kemampuan Anak agar Aktif, Ceria, dan Lincah 

Ciri anak sehat selanjutnya bisa dilihat dari pribadi yang aktif, ceria, dan lincah. Karakteristik ini dapat muncul dalam berbagai aspek kehidupan, tidak terkecuali dalam perkembangan anak. Dilansir dari situs activeforlife.com, bahwa kemampuan dan perkembangan anak dalam sosial, emosional, fisik, atau kognitif sebaiknya berkembang beriringan.

6. Miliki Waktu Istirahat yang Cukup 

Sebuah penelitian di tahun 1996, menemukan banyaknya masalah tidur dalam perkembangan anak. Untuk itu, ciri-ciri anak sehat dapat digaris bawahi dengan waktu istirahat yang cukup.

Dilansir dari situs Medic Alert, waktu istirahat tiap anak berbeda-beda karena tergantung dari kategori umur mereka.

  • Untuk bayi usia 4 sampai 12 bulan disarankan untuk tidur 12 sampai 16 jam sehari.
  • Untuk anak usia 1 sampai 2 tahun disarankan tidur 11 sampai 14 jam sehari.
  • Untuk anak usia 3 sampai 5 tahun disarankan tidur 10 sampai 13 jam sehari.
  • Untuk anak usia 6 sampai 12 tahun disarankan tidur 9 sampai 12 jam sehari.
  • Untuk anak usia 13 tahun ke atas disarankan untuk tidur 8 sampai 10 jam sehari.

Baca juga: 10 Tahapan Tumbuh Kembang Anak yang Harus Diperhatikan Orang Tua

7. Lakukan Latihan Fisik untuk Melatih Motorik dan Sensorik 

Banyak hal yang bisa menjadi pertanda fisik anak yang sehat dan bugar. Anak yang sehat diikuti dengan perkembangan otot, organ, anggota tubuh, dan kemampuan fisik.

Sebuah penelitian dari Universitas Nebraska menjelaskan bahwa setiap tingkat usia diikuti dengan implikasi yang berbeda. Seperti peningkatan kemampuan motorik, berbicara, hingga melakukan hal baru.

Realfoodfam juga mampu mengindikasikan tumbuh kembang anak yang sehat dari tampilan fisik si buah hati. Seperti postur tubuh yang baik, gigi yang kuat dan bersih, pencernaan lancar, hingga otot yang semakin kuat.

Untuk membantu anak agar tetap sehat, Realfoodfam bisa memberikan Realfood Stay Fit yang diformulasikan secara khusus dengan kandungan ekstrak sarang burung walet yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak agar anak tetap aktif sepanjang hari.

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars