kekurangan vitamin a

Salah satu vitamin yang sering terabaikan adalah vitamin A. Padahal, vitamin A bermanfaat untuk kesehatan mata dan juga membantu perbaikan sel-sel tubuh. Kekurangan vitamin A juga bisa terjadi pada siapapun, terutama pada ibu hamil dan juga anak-anak.

Seseorang dapat mengalami defisiensi vitamin A pada tubuh diakibatkan oleh kurangnya asupan vitamin A atau adanya gangguan penyerapan vitamin A. Yuk, simak ulasan mengenai apa saja bahayanya jika tubuh mengalami defisiensi vitamin A dan bagaimana cara memenuhi kebutuhan vitamin A, di bawah ini: 

Beberapa Dampak Kekurangan Vitamin A

Bagi kebanyakan orang masih menganggap jika defisiensi vitamin A hanya berpengaruh pada kesehatan mata, seperti penurunan fungsi penglihatan, mata kering, kelainan kornea, dan lain sebagainya. Faktanya, defisiensi vitamin A juga bisa memicu sejumlah masalah kesehatan lainnya. Berikut ini adalah dampak defisiensi vitamin A yang sebaiknya Realfoodfam ketahui:

1. Mengganggu Perkembangan Janin

Bagi ibu hamil dan janinnya, vitamin A memiliki peranan yang penting. Pasalnya, vitamin A bermanfaat dalam perkembangan organ serta kerangka janin. Jika ibu hamil mengalami defisiensi vitamin A, maka pertumbuhan janin akan terhambat. Meskipun begitu, jika ibu hamil ingin mengkonsumsi vitamin A sebaiknya berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu agar mendapatkan dosis yang tepat.

2. Kulit Kering

Vitamin A adalah salah satu vitamin yang berguna untuk regenerasi dan mencegah peradangan kulit. Oleh karena itu, defisiensi vitamin A dapat mengakibatkan kulit kering, eksim, ataupun masalah kulit lainnya.

3. Menurunnya Daya Tahan Tubuh

Kekurangan vitamin A ternyata dapat membuat daya tahan tubuh menurun sehingga lebih rentan terhadap penyakit. Jika kadar vitamin A menurun dalam tubuh, maka dapat menyebabkan kerja sistem imun terganggu untuk melawan penyakit. Defisiensi vitamin A juga dapat menyebabkan penyakit yang berkaitan dengan risiko infeksi, seperti diare, ISPA, campak, dan pneumonia.

4. Gangguan Kesuburan

Masalah kesuburan atau infertilitas pada pria maupun wanita salah satunya disebabkan oleh defisiensi vitamin A. Pasalnya, vitamin A berperan penting pada fungsi reproduksi pria dan juga wanita. Bahkan, kurangnya kadar vitamin A pada wanita hamil dapat memperbesar risiko keguguran, kelainan genetik, atau cacat lahir bawaan pada janin yang dikandung.

Upaya Mencegah Kekurangan Vitamin A

Kabar baiknya, ada berbagai cara yang bisa dilakukan Realfoodfam untuk mencegah defisiensi vitamin A. Cara pertama yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, meliputi:

  • Daging ayam dan sapi.
  • Telur.
  • Hati.
  • Susu dan olahannya, seperti keju dan yoghurt.
  • Berbagai jenis sayuran, seperti bayam, brokoli, dan ubi.
  • Buah-buahan, seperti labu, mangga, belwah, jeruk, dan aprikot.

Cara kedua, Realfoodfam dapat mengkonsumsi suplemen vitamin A dalam takaran yang tepat. Adapun rekomendasi asupan vitamin A per hari adalah 900 mikrogram bagi pria, 700 mikrogram bagi wanita, dan 1300 mikrogram untuk ibu menyusui. Bagi anak usia dibawah lima tahun, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melakukan program pemberian vitamin A, setiap bulan Februari dan Agustus.

Itulah ulasan yang menarik mengenai dampak kekurangan vitamin A dan bagaimana upaya pencegahannya. Realfoodfam juga bisa menjaga kesehatan mata dengan cara alami dan praktis, yakni dengan mengkonsumsi Realfood Bright Sight.

Program Realfood Bright Sight adalah minuman sarang burung walet semi-concentrated yang diperkaya dengan vitamin A, B2, E, dan madu sehingga bermanfaat untuk mencegah kerusakan retina dan lensa mata, mencegah mata merah, gatal, dan kering, serta membantu menurunkan risiko katarak. 

Artikel Terkait Lainya: