masker jeruk nipis

Meskipun masker jeruk nipis belum sepopuler masker telur atau oatmeal, namun ternyata jeruk nipis memiliki banyak manfaat baik untuk wajah lho. Selain digunakan sebagai bahan atau salah satu bumbu masakan, ternyata jeruk nipis juga bisa kamu pertimbangkan sebagai salah satu bahan yang dapat membuat kulit menjadi lebih cerah. 

Kandungan vitamin, mineral dan antioksidan yang ada dalam jeruk nipis dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Berikut manfaat masker jeruk nipis untuk wajah: 

Manfaat Masker Jeruk Nipis untuk Kulit

1. Mengangkat sel kulit mati

Asam sitrat pada jeruk nipis dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Kandungan ini dapat membantu membuat kulit lebih halus dan lebih bersih.

2. Mencegah munculnya jerawat

Kotoran dan minyak yang menumpuk di wajah dapat menimbulkan jerawat. Masker jeruk nipis dapat mencegah dan menghambat munculnya bakteri penyebab jerawat. Selain itu, menggunakan jeruk nipis juga dapat membantu mengontrol minyak berlebih pada wajah. 

3. Memperlambat penuaan

Bertambahnya usia dapat menimbulkan tanda penuaan seperti munculnya garis halus atau flek hitam di wajah. Dengan menggunakan masker jeruk nipis secara rutin dapat memperlambat penuaan

4. Mencerahkan kulit

Vitamin C dan AHA yang terdapat dalam jeruk nipis dapat mengembalikan warna kulit menjadi lebih merata dan nampak cerah

5. Melembabkan wajah

Tak hanya mengatasi jerawat, jeruk nipis juga dapat menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit dengan kandungan vitamin C didalamnya. 

6. Menyamarkan flek hitam

Jeruk nipis memiliki zat pemutih alami yang dapat berfungsi sebagai pencerah kulit alami dan juga mampu menyamarkan flek hitam. Namun jika kamu memiliki kulit wajah sensitif, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen saat beraktivitas di luar rumah.

7. Mengecilkan pori-pori

Sifat astringen yang ada dalam jeruk nipis dapat mengencangkan atau mengecilkan pori-pori wajah yang dapat menyebabkan munculnya minyak berlebih dan jerawat. 

8. Memperbaiki struktur kulit

Menurut penelitian, jeruk nipis mengandung antioksidan yang dapat mengembalikan dan memperbaiki lapisan kulit. Selain itu masker jeruk nipis juga dapat membantu meremajakan kulit mu lho, Realfoodfam!

Beberapa manfaat jeruk nipis diatas dapat kamu rasakan manfaatnya jika secara rutin digunakan. Salah satunya dengan mencampur jeruk nipis dengan bahan lainnya. Berikut ini cara memanfaatkan masker jeruk nipis yang dapat kamu lakukan di rumah. 

Cara Memakai Masker Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kadar keasaman yang cukup tinggi, untuk itu pastikan sebelum menggunakan masker kamu sudah membersihkan wajah dan dalam keadaan lembap. Dan hindari terlalu lama mendiamkan masker untuk menghindari munculnya iritasi. Berikut ini cara memakai masker jeruk nipis dan bahan lainnya yang bisa kamu praktekkan

1. Jeruk nipis dan minyak zaitun

Minyak zaitun terkenal dapat membantu melembapkan kulit kering. Cara menggunakan masker jeruk nipis dengan minyak zaitun adalah dengan mencampur perasan jeruk nipis dengan minyak zaitun. Kemudian aplikasikan ke seluruh wajah dan diamkan selama 10 menit dan bilas menggunakan air bersih. 

2. Jeruk nipis dan alpukat

Cara memanfaatkan jeruk nipis untuk kulit wajah lainnya adalah dengan mencampurnya dengan alpukat. Kandungan vitamin A dan glutamin dalam alpukat dapat membantu mengatasi kulit kusam dan menjaga kelembapan. 

  • Haluskan alpukat dan campur dengan perasan air jeruk nipis hingga membentuk pasta
  • Lalu aplikasikan ke wajah selama 30 menit, bilas dengan air hingga bersih. 

3. Jeruk nipis dan putih telur

Putih telur memiliki banyak manfaat untuk kulit, salah satunya membersihkan kulit dan mengangkat kotoran di wajah. Untuk itu mencampurkan putih telur dengan jeruk nipis sebagai masker dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dan membersihkan kotoran di kulit. 

Caranya cukup mencampurkan perasan air jeruk nipis dan putih telur bisa dengan blender atau mengocoknya dengan sendok. Lalu, aplikasikan pada wajah dan tunggu hingga kering. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat. Aplikasikan kombinasi ini maksimal dua kali seminggu untuk hasil yang optimal.

4. Jeruk Nipis dan Gula

Kunci wajah cerah dan bersih adalah dengan rutin melakukan scrubbing untuk mengangkat sel kulit mati. Masker jeruk nipis dapat kamu gunakan sebagai scrub wajah dengan mencampurnya dengan gula. Caranya juga cukup mudah dengan melakukan tahapan berikut:

  • Campurkan 1 sdt air perasan jeruk nipis dengan 1 sdt gula
  • Aduk hingga memiliki tekstur seperti pasta
  • Aplikasikan pada wajah secara merata. Diamkan selama 10-15 menit
  • Bilas menggunakan air hangat

Selain memanfaatkan jeruk nipis sebagai masker, kamu juga bisa mengonsumsi jeruk nipis dengan cara mencampurnya dengan segelas air hangat, dan juga bisa ditambahkan madu. Selain membuat kulit sehat dan bercahaya, jeruk nipis juga baik untuk tubuhmu. Jangan lupa lengkapi dengan konsumsi Program 12 Realfood!

Artikel Terkait Lainnya: