manfaat oatmeal

Ada banyak manfaat oatmeal yang bisa didapatkan oleh tubuh. Pasalnya, oatmeal kaya akan serat, dan nutrisi penting lainnya, seperti protein, karbohidrat, kalsium, kalium, zinc, dan zat besi. Selain itu, oatmeal juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Oatmeal juga mudah didapatkan dan diolah sehingga sering menjadi alternatif sumber karbohidrat selain nasi. Lalu, apa saja manfaat oatmeal untuk kesehatan tubuh? Simak ulasannya berikut ini:

Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Tubuh

Beragam kandungan nutrisi yang ada dalamnya menjadikan oats baik untuk dikonsumsi. Tidak hanya untuk diet, namun oatmeals juga dapat dikonsumsi untuk mempertahankan kebugaran. Jika penasaran manfaat lainnya dari oatmeal, berikut ini adalah ulasannya:  

1. Mengontrol Gula Darah

Bagi Realfoodfam yang menderita diabetes, mengkonsumsi oatmeal dapat bermanfaat untuk menjaga gula darah tetap stabil dan meningkatkan sensitivitas insulin. Pasalnya, oatmeal mengandung serat beta-glucan yang dapat menunda penyerapan gula ke dalam garah.

Bahkan, memasukkan oatmeal ke dalam menu sarapan dapat membantu penderita diabetes tipe-2 untuk mengendalikan gula darahnya. Namun, manfaat oatmeal ini hanya bisa didapatkan jika Anda tidak menambahkan pemanis lainnya.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan beta-glucan pada oatmeal tidak hanya berfungsi untuk mengontrol gula darah tetapi juga dapat memperbaiki kadar kolesterol dalam darah. Hal ini karena beta-glucan dapat menurunkan low-density lipoprotein (LDL) atau dikenal dengan kolesterol jahat dalam darah.

Kolesterol jahat ini jika dibiarkan, lama kelamaan dapat menyebabkan peradangan arteri serta meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Dengan begitu, untuk memelihara kesehatan jantung, Realfoodfam dapat mengkonsumsi oatmeal secara rutin.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Oatmeal kaya akan serat yang berguna untuk meningkatkan keteraturan usus. Selain itu, oatmeal yang mengandung serat beta-glucan dapat meningkatkan bakteri baik di dalam saluran pencernaan.

Dengan begitu, bagi Realfoodfam yang mengalami keluhan pencernaan, seperti diare, sembelit, atau iritasi usus besar dapat mengkonsumsi oatmeal. Bagi manula, mengkonsumsi oatmeal secara rutin dapat bermanfaat untuk terbebas dari ketergantungan obat-obatan pencahar.

4. Mengontrol Berat Badan

Oatmeal seringkali dijadikan alternatif karbohidrat bagi yang sedang menjalankan program diet. Pasalnya, manfaat oatmeal dapat menurunkan berat badan. Pasalnya, senyawa beta-glucan pada oatmeal dapat membantu menekan rasa lapar.

Selain itu, kandungan karbohidrat pada oatmeal cukup memenuhi kebutuhan energi sehingga Anda tidak merasa lemas meskipun sedang diet. Meskipun begitu, Realfoodfam perlu hati-hati dalam menambahkan topping agar tidak  menurunkan nilai gizinya dan memicu penambahan berat badan.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Beta-glucan yang terkandung pada oatmeal dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Pasalnya, sebagian besar sel imun pada tubuh memiliki reseptor khusus yang berfungsi untuk menyerap beta-glucan.

Dengan begitu, aktivitas sel darah putih dapat meningkat dan mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Kandungan zinc dan selenium pada oats juga berguna untuk melawan infeksi.

6. Meningkatkan Energi

Salah satu alternatif karbohidrat yang sering dikonsumsi ketika menjalani program diet adalah oatmeal. Pasalnya, satu mangkuk oatmeal yang telah dimasak mengandung 154 kalori, dengan 27 gram karbohidrat dan 4 gram serat.

Kemudian, oatmeal juga diserap lebih lambat di dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan energi yang lebih lama tanpa meningkatkan kadar gula darah. Kandungan vitamin B dan folat pada oatmeal juga dapat membantu tubuh dalam proses metabolisme energi.

Efek Samping Mengkonsumsi Oatmeal Terlalu Banyak

Manfaat oatmeal sangat beragam bagi kesehatan tubuh. Namun, jika Realfoodfam mengkonsumsinya terlalu banyak, ternyata ada efek samping yang membahayakan. Simak apa saja efek samping mengkonsumsi oat, berikut ini:

1. Meningkatkan Asupan Gula Ekstra

Oatmeal memiliki rasa yang hambar sehingga banyak orang menambahkan berbagai topping untuk menjadikannya lebih lezat. Misalnya, sirup, madu, selai, dan makanan manis lainnya. Padahal, penambahan topping dapat menurunkan nilai gizi oatmeal dan meningkatkan gula dan karbohidrat.

2. Menyebabkan Kembung

Bagi Anda yang tidak terbiasa mengkonsumsi oatmeal secara rutin mungkin akan merasa kembung. Pasalnya, oatmeal kaya akan kandungan serat, pati, dan glukosa yang tinggi.

Semua zat tersebut akan dipecah oleh bakteri dalam usus sehingga menyebabkan gas dan kembung. Untuk mengatasinya, cobalah mengkonsumsinya dengan jumlah kecil dan tingkatkan secara bertahap ke jumlah yang diinginkan.

3. Menyebabkan Malnutrisi dan Pelepasan Massa Otot

Oatmeal memang dapat membantu Anda menurunkan berat badan, namun jika terlalu banyak mengkonsumsinya dapat menyebabkan malnutrisi dan pelepasan massa otot. Pasalnya, serat yang tinggi pada oatmeal membuat rasa kenyang lebih lama.

Dengan begitu, tubuh kehilangan kemampuannya untuk memberi sinyal lapar sehingga Anda tahan untuk tidak banyak makan sepanjang hari. Bahkan, jika hanya mengkonsumsi oatmeal dalam jangka waktu yang lama akan mengganggu fungsi kognitif.

Bagi Realfoodfam yang ingin memperoleh berat badan ideal, tidak hanya dapat mengkonsumsi oatmeal. Anda bisa mengkonsumsi Realfood Sporte Realmeals, yaitu meal replacement dengan nutrisi lengkap sehingga membuat kenyang lebih lama dan sempurna untuk program diet.

Minuman serbuk rasa cokelat ini mengandung sarang burung walet sebagai sumber asam amino esensial dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Selain tinggi vitamin dan serat, Realfood Sporte Realmeals juga tinggi protein untuk meningkatkan tenaga.

Baca Juga: