cara merawat rambut agar sehat dan lembut

Sebagai wanita, seringkali rambut menjadi bagian yang menjadi perhatian dan memberikan rasa percaya diri tersendiri. Namun menjaga rambut agar tetap kuat dan sehat bukanlah hal yang mudah. Pasalnya banyak sekali permasalahan rambut yang muncul seperti kering, kusam, bercabang, rontok, bahkan berketombe. Tidak jarang, banyak para wanita yang lebih memilih datang ke salon atau menggunakan produk perawatan tertentu untuk menjaga kesehatan rambut. 

Padahal, Realfoodfam juga bisa loh melakukan sendiri di rumah. Lalu, bagaimana cara merawat rambut dengan benar? Berikut cara merawat rambutsecara alami agar rambutmu tetap sehat: 

1. Mencuci Rambut Secara Teratur 

Salah satu tips cara merawat rambut rontok adalah dengan mencuci rambut menggunakan air bersih. Hal ini untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih yang menempel yang kerap menjadi penyebab kerontokan rambut. Sayangnya, kita tak dianjurkan untuk keramas terlalu sering bahkan setiap hari loh, Realfoodfam. Karena keramas terlalu sering akan membuat rambut dan akarnya menjadi sensitif. 

Seperti yang dilansir dari situs skinkraft.com, apabila Realfoodfam memiliki jenis rambut yang kering, ada baiknya untuk mencuci rambut secara teratur dua kali dalam seminggu. Namun, jika Realfoodfam memiliki kulit kepala berminyak, mencuci rambut setiap hari bisa membantu sebagai salah satu cara merawat rambut rontok. 

2. Menggunakan Produk Shampoo yang Bebas Bahan Kimia 

Cara merawat rambut rontok agar sehat dan lembut, maka kamu bisa pilih jenis sampo dan kondisioner yang tidak mengandung sulfat, parabens, polyethylene glycols, phthalates, formaldehida, triclosan, dimetikon, dan retinyl palmitate karena bahan-bahan tersebut jika digunakan berlebihan dapat merusak rambut dan juga tidak baik untuk kesehatan Realfoodfam loh. Jika kamu memiliki rambut kering atau keriting, kamu juga harus mempertimbangkan sampo bebas sulfat. Pada dasarnya shampoo yang bebas sulfat dapat menjaga minyak alami pada kulit kepala dan rambut, dan dapat membuat rambut lebih lembab. 

Baca juga: 6 Cara Mudah Merawat Rambut Rusak Karena Rebonding Agar Kembali Sehat

3. Biarkan Rambut Mengering Secara Alami

Pengeringan rambut menggunakan hairdryer memang lebih praktis dan cepat. Namun, penataan rambut dengan alat yang panas secara berlebih akan berakibat merusak kekuatan akar rambut.

Maka dari itu, Realfoodfam bisa membatasi penggunaan alat pengering rambut. Dilansir dari situs Healthline.com, akan lebih baik menggunakan handuk sebagai untuk mengeringkan rambut secara alami.

Tips atau cara merawat rambut rontok lainnya yang bisa diterapkan untuk perawatan rambut sehat yaitu jangan pernah tidur dengan keadaan rambut masih basah. Sebab, kondisi tersebut dapat membuat rambut mudah patah. Pastikan bahwa rambut kamu sudah kering sepenuhnya sebelum tidur dan jangan terlalu keras menggosoknya, karena bisa merusak kutikula rambut.

4. Memberikan Perawatan Rambut dengan Minyak Esensial 

Selain menggunakan sampo dan kondisioner sesuai kebutuhan rambut, tips penting cara merawat rambut kering adalah dengan juga menutrisi rambutmu dengan minyak esensial. Perawatan pra-shampoo seperti memberi minyak dan memijat kulit kepala dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit.

Tidak berhenti sampai disitu saja, cara merawat rambut kering dengan menggunakan minyak juga memungkinkan pertumbuhan rambut, memperbaiki ujung rambut bercabang, dan juga mengembalikan kelembaban rambutmu lho Realfoodfam.

Ada beberapa bahan alternatif yang bisa digunakan selain minyak esensial sebagai upaya merawat rambut, seperti minyak kelapa, minyak almond, dan minyak zaitun.

Untuk cara penggunaannya, Realfoodfam bisa mengoleskan minyak ke kepala dan membalutnya menggunakan handuk. Cara merawat rambut keringini dilakukan agar minyak bisa menyerap dan bekerja dengan baik hingga ke pori-pori kulit kepala.

Baca juga: Perpaduan Warna Cat Rambut yang Bagus dengan Warna Kulit

5. Mengonsumsi Makanan Sehat

Selain mengetahui cara merawat rambut kering dengan benar, Realfoodfam juga perlu memperhatikan asupan nutrisi makanan. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, dapat membantu merawat kesehatan rambut dengan baik.

Rambut tersusun dari protein dan asam amino. Oleh karena itu, kamu juga perlu tahu cara merawat rambut kering yang dapat ditemukan dari makanan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan kaya protein.

Itulah beberapa tips cara merawat rambut agar tetap kuat, lembut, dan juga sehat. Semua itu bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami yang aman digunakan dan juga mengonsumsi makanan yang bisa kamu temukan sehari-hari. 

Untuk memaksimalkan cara merawat rambut yang dilakukan secara alami dari rumah, Realfoodfam bisa menambahkan Realfood Hair Power yang diperkaya dengan ekstrak lidah buaya, vitamin A, C, E, dan Zinc kedalam rutinitas harian untuk membantu menutrisi kulit kepala dari dalam. Realfood Hair Power memiliki kandungan Epidermal Growth Factor (EGF) yang dapat membantu pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. Selain itu juga kandungan Vitamin A pada ekstrak lidah buaya mencegah rambut kering. Dan Realfood Hair Power juga dilengkapi dengan Vitamin C dan Zinc pada esktrak lidah buaya yang berperan untuk menguatkan akar rambut dan mengurangi kerontokan rambut. 

Hasil optimal dari Realfood Hair Power dapat kamu rasakan dengan mengonsumsi minimal selama 12 hari baik di pagi ataupun malam hari saat perut kosong.

Yuk, buat rambut indahmu tetap sehat dan berkilau sepanjang hari!