5 Tips Mudah Merawat Rambut Tetap Sehat dan Lembut

19 Maret 2021
cara merawat rambut agar sehat dan lembut

Menjaga rambut agar tetap kuat dan sehat bukanlah hal yang mudah. Tidak jarang, banyak para wanita yang lebih memilih salon atau menggunakan produk perawatan tertentu untuk menjaga kesehatan rambut.

Padahal, Realfoodfam juga bisa loh melakukan sendiri di rumah. Lalu, bagaimana cara merawat rambut dengan benar? Berikut cara merawat rambut secara alami yang baik dan benar agar tetap sehat.

1. Mencuci Rambut Secara Teratur 

Untuk menjaga kesehatan rambut, Realfoodfam bisa mencuci rambut menggunakan air bersih. Hal ini untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih yang menempel.

Bila ingin keramas, sebaiknya lakukan 2 hari sekali atau menyesuaikan dengan jenis rambut yang dimiliki.

Seperti yang dilansir dari situs skinkraft.com, apabila Realfoodfam memiliki jenis rambut yang kering, ada baiknya untuk mencuci rambut secara teratur dua kali dalam seminggu. Namun, jika Realfoodfam memiliki kulit kepala berminyak, mencuci rambut setiap hari bisa membantu kesehatan  kulit rambut dan membuatnya tidak mudah rontok.

2. Menggunakan Produk Sampo yang Bebas Bahan Kimia 

Cara merawat rambut agar sehat dan lembut, maka pilihnya jenis sampo dan kondisioner yang tidak mengandung sulfat, parabens, polyethylene glycols, phthalates, formaldehida, triclosan, dimetikon, dan retinyl palmitate karena bisa memicu terjadinya kanker hingga ketidak seimbangan hormon.

Baca juga: 6 Cara Mudah Merawat Rambut Rusak Karena Rebonding Agar Kembali Sehat

3. Biarkan Rambut Mengering Secara Alami

Pengeringan rambut menggunakan hairdryer memang lebih praktis. Namun, penataan rambut dengan alat yang panas secara berlebih akan berakibat merusak kekuatan akar rambut.

Maka dari itu, Realfoodfam bisa membatasi penggunaan alat pengering rambut. Dilansir dari situs Healthline.com, akan lebih baik menggunakan handuk sebagai untuk mengeringkan rambut secara alami.

Tips atau cara merawat rambut rontok lainnya yang bisa diterapkan untuk perawatan rambut sehat yaitu jangan pernah tidur dengan keadaan rambut basah. Sebab, kondisi tersebut dapat membuat rambut mudah patah.

Pastikan bahwa rambut sudah kering sepenuhnya sebelum tidur dan jangan terlalu keras menggosoknya, karena bisa merusak kutikula rambut.

4. Memberikan Perawatan Rambut dengan Minyak Esensial 

Selain menggunakan sampo dan kondisioner, penting juga menutrisi rambut dengan minyak esensial. Perawatan pra-shampo seperti memberi minyak dan memijat kulit kepala dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit.

Tidak berhenti sampai disitu saja, cara perawatan rambut menggunakan minyak juga memungkinkan pertumbuhan rambut, memperbaiki ujung rambut bercabang, dan juga mengembalikan kelembaban rambut.

Ada beberapa bahan alternatif yang bisa digunakan selain minyak esensial, seperti minyak kelapa, minyak almond, dan minyak zaitun.

Untuk cara penggunaannya, Realfoodfam bisa mengoleskan minyak ke kepala dan membalutnya menggunakan handuk. Cara merawat rambut kering ini dilakukan agar minyak bisa menyerap dan bekerja dengan baik hingga ke pori-pori kulit kepala.

Baca juga: Perpaduan Warna Cat Rambut yang Bagus dengan Warna Kulit

5. Mengonsumsi Makanan Sehat

Selain memberi perawatan rambut dengan benar, Realfoodfam juga perlu memperhatikan asupan nutrisi makanan. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, dapat membantu merawat kesehatan rambut dengan baik.

Rambut tersusun dari protein dan asam amino. Oleh karena itu, Anda perlu tahu cara merawat rambut agar sehat dengan konsumsi makanan mengandung banyak protein.

Itulah beberapa tips untuk menjaga rambut agar tetap kuat, lembut, dan juga sehat. Semua itu bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami yang aman digunakan.

Untuk memaksimalkan cara perawatan rambut yang dilakukan, Realfoodfam bisa menambahkan Realfood Hair Power yang diperkaya dengan ekstrak lidah buaya, vitamin A, C, E, dan Zinc yang mampu menutrisi kulit kepala dari dalam.

Yuk, buat rambut indahmu tetap berkilau sepanjang hari!

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars