cara mengecilkan pipi

Pipi tembem memberikan kesan menggemaskan, namun untuk beberapa orang, memiliki pipi tembem dapat mengurangi rasa percaya diri dan seringkali dikaitkan dengan peningkatan berat badan. Namun, jangan khawatir karena ada beragam cara mengecilkan pipi tembem secara alami tanpa prosedur medis.

Meskipun mengecilkan pipi dengan melakukan prosedur medis hasilnya dapat terlihat instan, namun tindakannya tidak boleh dilakukan sembarangan dan sangat beresiko. Dengan begitu, lebih baik melakukan beragam cara mengecilkan pipi secara alami, berikut ini:

1. Melakukan Senam Wajah

Manfaat dari melakukan senam wajah adalah mengencangkan dan memperkuat otot wajah, menyamarkan tanda penuaan, serta membuat pipi tampak lebih tirus. Salah satu cara mengecilkan pipi tembem yaitu dengan melakukan senam wajah yang bernama The Cheekbone Lift.

Realfoodfam bisa meletakkan jari telunjuk dan jari tengah kedua tangan di atas tulang pipi. Tarik ke atas hingga kulit terasa kencang dan buka mulut membentuk huruf “O”. Tahan gerakan ini selama 5 detik.

2. Perhatikan Asupan Garam

Terlalu banyak mengkonsumsi asupan natrium dapat menyebabkan wajah bengkak. Pasalnya, natrium dapat menyebabkan tubuh menahan air ekstra sehingga mengakibatkan retensi cairan. Jadi, untuk menjadikan wajah lebih tirus, sebaiknya perhatikan asupan natrium harian.

3. Batasi Mengkonsumsi Karbohidrat Olahan

Cara mengecilkan pipi secara alami yang bisa dilakukan berikutnya adalah membatasi konsumsi karbohidrat olahan, seperti sereal, pasta, cookies, maupun kue. Pasalnya, jenis karbohidrat tersebut telah melalui banyak pemrosesan sehingga nutrisi dan serat yang bermanfaat banyak berkurang sehingga yang tersisa hanyalah kalori dan gula.

4. Melakukan Senam Lidah

Selain melakukan senam wajah, cara mengecilkan pipi tembem bisa dilakukan dengan melakukan senam lidah, Gerakannya mudah, Realfoodfam hanya memutar lidah di dalam dan luar mulut. Lakukan gerakan memutar lidah ke sebelah kanan dan lakukan hal yang sama di sebelah kiri. Realfoodfam bisa melakukan senam lidah ini sebelum dan setelah bangun tidur.

5. Batasi Konsumsi Alkohol

Salah satu kontributor terbesar akumulasi lemak pada wajah adalah asupan alkohol yang berlebihan. Pasalnya, alkohol tinggi kalori dan rendah nutrisi serta kerap dikaitkan dengan peningkatan risiko kenaikan berat badan. Jika ingin wajah tirus dan badan menjadi lebih sehat, batasi asupan alkohol.

6. Mencukupi Waktu Tidur

Waktu tidur malam yang kurang dari lima jam sehari dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Pasalnya, kurangnya waktu tidur dapat meningkatkan hormon yang dapat merangsang nafsu makan. Oleh karena itu, pastikan Realfoodfam tidur cukup setiap hari agar berat badan dapat terkontrol dan wajah terlihat lebih segar.

7. Makan Lebih Banyak Serat

Cara mengecilkan pipi yang bisa dicoba yaitu dengan meningkatkan asupan serat. Pasalnya, serat dapat membuat rasa kenyang lebih lama sehingga menurunkan nafsu makan. Dengan begitu, serat dapat membantu proses menurunkan berat badan, termasuk menghilangkan lemak di pipi.

8. Berolahraga Secara Teratur

Rutin berolahraga dapat membantu menurunkan berat badan dan mengecilkan pipi yang tembem. Hal ini karena dengan berolahraga, kalori dan lemak yang berlebihan akan terbakar. Untuk pemula, Realfoodfam bisa mencoba berjalan kaki minimal 20 menit setiap harinya.

9. Mengunyah Permen Karet

Terdapat penelitian yang membuktikan bahwa mengunyah permen karet dapat membantu mengecilkan pipi. Dengan mengunyah permen karet, otot-otot wajah dan pipi menjadi lebih kencang, sehingga pipi tampak lebih tirus. Namun, usahakan mengkonsumsi permen karet yang rendah gula atau tidak mengandung gula sama sekali.

Realfoodfam bisa mencoba beragam cara mengecilkan pipi tembem seperti yang telah diulas di atas. Namun perlu diingat bahwa Realfoodfam harus sabar dan konsisten dalam melakukannya. Pasalnya, mengecilkan pipi secara alami tidak menjanjikan hasil yang instan dan hanya bisa berhasil jika dilakukan secara rutin.

Artikel Lainnya: