cara menghilangkan kerutan di bawah mata

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata memang menjadi primadona bagi perempuan yang akan menginjak usia 30an. Pasalnya, kulit menunjukkan penuaan paling awal berupa kerutan di bawah mata akibat kehilangan elastin dan kolagen seiring bertambahnya usia. Tak jarang banyak produk skincare dan treatment yang menjanjikan cara menghilangkan kerutan di bawah mata. 

Sebenarnya kerutan di bawah mata adalah sesuatu yang tak terhindarkan karena gerakan alami yang kita lakukan saat senyum atau berbicara, tetapi ada lho cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang bisa kamu lakukan mulai sekarang.

1. Mulai Gunakan Krim Mata 

Krim mata adalah cara menghilangkan kerutan di bawah mata paling pertama yang bisa kamu lakukan. Kulit di area mata cenderung lebih tipis dan rapuh jika dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Penggunaan eye cream akan membantu melembapkan kulit di area mata sehingga garis halus dan keriput tidak mudah muncul. Kulit yang lembap adalah kunci kulit tetap kenyal, lembut, dan terhindar dari penuaan.

Penggunaan eye cream juga bisa kamu gantikan dengan menggunakan pelembap wajah yang ringan. Namun, eye cream biasanya diformulasi lebih ringan tetapi menawarkan bahan-bahan yang menghilangkan atau menyamarkan kerutan di bawah mata, kantung hitam, atau bengkak. Sehingga kamu bisa mencari eye cream yang paling sesuai dengan kebutuhanmu, yaitu sebagai cara menghilangkan kerutan di bawah mata dengan bahan seperti peptide, matryxyl 3000, atau retinol. 

2. Pakai Petroleum 

Jika krim mata atau menggunakan pelembap tidak cukup untuk melembapkan area bawah mata dan keriput tetap tampak jelas, cobalah untuk menggunakan petroleum tipis-tipis sebagai cara menghilangkan kerutan di bawah mata. Selain itu, cara ini juga cocok banget lho untuk menyamarkan kerutan yang muncul akibat menggunakan concealer dan foundation di area sekitar mata. 

3. Eksfoliasi Area Mata itu Penting

Jika selama ini kita selalu melihat atau mendengar saran untuk menghindari eksfoliasi di area mata, sekarang kamu bisa kok melakukan eksfoliasi dengan toner yang lembut dengan gerakan yang lembut pula. Menggunakan skincare dengan persentasi acid yang tinggi dan gerakan yang kasar dapat menyebabkan iritasi dan kulit di area mata menjadi tipis. Padahal dengan produk dan cara yang tepat, eksfoliasi area sekitar mata mampu menjadi cara menghilangkan dan menyamarkan kerutan di bawah mata lho! 

4. Gunakan Serum atau Pelembap dengan Retinol

Sama seperti exfoliating toner, retinol juga sering kali disarankan untuk tidak diaplikasikan di area mata. Nyatanya, retinol ini sangat penting sebagai cara menghilangkan kerutan di bawah mata. Setidaknya penggunaan retinol mampu mencegah jika digunakan sejak muda bahkan bisa menyamarkan garis halus dan kerutan. Retinol bekerja dengan masuk ke bawah lapisan epidermis untuk mempercepat regenerasi kulit sehingga muncul sel-sel kulit baru yang muda dan sehat. Hasilnya? Garis halus dan kerutan menjadi tersamarkan bahkan menghilang dengan penggunaan rutin lho! 

5. Selalu Gunakan Kacamata Hitam dan Topi 

Selain menggunakan skincare, cara menghilangkan kerutan di bawah mata adalah dengan selalu menggunakan kacamata hitam yang memiliki lapisan pelindung sinar UV. Bukan rahasia lagi kalau penyebab penuaan dini termasuk kerutan adalah sinar UV. Menggunakan kacamata hitam dan topi saat keluar rumah akan memberikan perlindungan ekstra untuk kulitmu. 

6. Jangan Lupa Sunscreen untuk Mata! 

Kadang, saat menggunakan sunscreen, kita justru melupakan area di sekitar mata. Pasalnya, menggunakan sunscreen di sekitar mata dapat memberikan rasa tidak nyaman seperti perih. Namun, pemilihan sunscreen yang tepat dapat menghindari penuaan seperti muncul garis halus dan keriput. Sunscreen dengan kandungan titanium oxide dan zinc oxide cocok lho untuk di area mata! Rutinlah menggunakan sunscreen di seluruh wajah dan tubuh, termasuk area mata sebagai cara menghilangkan dan menyamarkan kerutan di bawah mata. 

7. Atasi Alergi 

Kerutan akan tampak lebih jelas jika kamu sering menggosok mata. Nah, ada baiknya kamu mengatasi alergi di mata yang dapat menyebabkan kamu terus menggosok mata. Hal ini mungkin tidak dapat menjadi cara menghilangkan kerutan di bawah mata tetapi menjadi cara mencegah munculnya kerutan mata. Cobalah konsultasi ke dokter mata atau lakukan tes alergi ya. Biasanya alergi juga dapat menyebabkan kantung mata gelap lho! 

8. Hindari Stress dengan Tidur Cukup

Stress sendiri secara tidak langsung akan membuat kita sulit tidur karena kepikiran terus dengan masalah kita. Padahal, tubuh membutuhkan istirahat terutama kulit akan mengalami puncak regenerasi saat tertidur. Sehingga tidur berkualitas setidaknya 8 jam sehari akan menjadi salah satu cara menghilangkan kerutan di bawah mata lho!

9. Konsumsi Kolagen

Selain skincare dan gaya hidup, tentunya kamu bisa membantu mengonsumsi kolagen sebagai salah satu cara menghilangkan kerutan di bawah mata. Kamu bisa coba Realfood Program Sehat 12 Hari Forever Young+ yang merupakan fully-concentrated sarang burung walet dengan kandungan 1000mg kolagen di dalamnya! Sarang burung walet sendiri kaya akan asam sialat dan Epidermal Growth Factor untuk membantu menyamarkan garis-garis halus dan keriput.

Artikel Terkait Lainnya: