cara menghilangkan kerutan di wajah

Tidak hanya menggunakan skincare ada beragam cara menghilangkan kerutan di wajah dan yang paling ampuh adalah dengan prosedur medis. Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan medis tentunya akan lebih ampuh karena dilakukan langsung di targetnya menggunakan teknologi modern. Selain ampuh, prosedur yang diawasi oleh dokter pastinya akan lebih aman dong!

Apa lagi kulit wajah tampak sehat dan awet muda adalah dambaan bagi banyak orang terutama perempuan. Padahal penuaan tidak dapat dipungkiri seiring berjalannya waktu. Sehingga treatment dokter ini laris manis untuk meningkatkan produksi elastin kulit sehingga menjadi salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah!

Suntik Botox 

Cara menghilangkan kerutan di wajah paling instan adalah dengan menggunakan suntik botox. Botox sendiri berisi obat yang terbuat dari toksin bakteri Clostridium botulinum. Bakteri ini sebenarnya berbahaya di kondisi rendah oksigen karena dapat menyerang otot dan sistem syaraf. Namun, botox sendiri aman jika digunakan di bawah pengawasan dokter. Penggunaan botox akan memblokir aktivitas syaraf dan otot, sehingga otot akan melemah sementara waktu dan inilah cara menghilangkan kerutan di wajah sekitar lokasi penyuntikan. Botox sendiri dapat disuntikkan di area yang berhubungan dengan ekspresi wajah seperti alis, dahi, dan sudut mata dan dapat bertahan hingga 3-6 bulan. Perlu diperhatikan bahwa cara menghilangkan kerutan di wajah yang satu ini bukan tanpa efek samping lho! Mungkin kamu akan mengalami nyeri, bengkak, sakit kepala, hingga sulit menelan.

Filler 

Pernah dengar cara menghilangkan kerutan di wajah yang satu ini? Tindakan ini cukup sederhana lho, hanya dengan menyuntikkan hyaluronic acid ke area kulit yang berkerut sehingga kerutan tersamarkan bahkan menghilang. Filler ini bisa bertahan setidaknya 6-12 bulan lho! Sayangnya efek sampingnya bisa membuat kulit bengkak, kemerahan, hingga memar. Dan filler ini akan hilang seiring berjalannya waktu sehingga kamu harus suntik filler terus menerus. 

Facelift 

Jika botox dan filler adalah cara menghilangkan kerutan di wajah yang sementara, facelift bisa jadi solusi buat kamu yang pingin menghilangkan kerutan untuk waktu yang lama! Facelift dilakukan dengan cara membuang kelebihan kulit dan lemak di bagian bawah kulit wajah dan leher, serta mengencangkan jaringan ikat dan otot di bawahnya. Hasil dari facelift bisa bertahan sampai 10-15 tahu lho! Sayangnya cara menghilangkan kerutan di wajah yang satu ini membutuhkan biaya yang cukup besar dan proses penyembuhan yang cukup panjang karena dapat timbul komplikasi memar dan bengkak selama beberapa minggu setelahnya.

Laser 

Cara menghilangkan kerutan paling hits saat ini adalah dengan menggunakan laser, terutama pico laser. Cara menghilangkan kerutan di wajah yang satu ini adalah dengan menggunakan panas dan energi untuk mengeliminasi lapisan terluar kulit (epidermis) kemudian memanaskan kulit di bawahnya (dermis) sehingga terangsang pertumbuhan kolagen baru dan kulit tampak lebih kencang. Laser juga bisa menyebabkan perubahan warna kulit dan proses penyembuhan lebih lama. 

Peeling 

Nah, kalau cara menghilangkan kerutan di wajah yang satu ini mungkin bisa dibilang tidak instan. Peeling adalah mengoleskan bahan kimia, biasanya AHA persentase tinggi (15-30%) di lapisan terluar kulit. Ditujukan agar lapisan kulit terluar mengelupas dan digantikan dengan kulit baru yang lebih halus. Hasilnya flek hitam memudar dan keriput tersamarkan. Sounds too good to be true? Peeling tentunya punya efek samping seperti iritasi, kemerahan, dan mengelupas. Terlebih peeling sebaiknya dilakukan di bawah pengawasan dokter spesialis kulit karena hanya dokter kulit lah yang bisa melihat kondisi-kondisi tertentu pada kulit saat menggunakan peeling sehingga iritasi dapat menjadi lebih ringan.

Dermabrasi 

Cara menghilangkan kerutan di wajah yang satu ini adalah dengan cara “melukai” kulit lho! Menggunakan roller atau microneedle, dokter akan melukai kulit yang bertujuan untuk merangsang produksi kolagen dan pertumbuhan lapisan kulit baru. Pastinya kulit akan menjadi kemerahan dan perih setelah beberapa hari, tetapi hasilnya bisa terlihat setelah beberapa kali tindakan lho! Dermabrasi sendiri bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka, stretch mark, bekas jerawat, dan hiperpigmentasi.

Salmon DNA 

Perawatan DNA Salmon adalah cara menghilangkan kerutan di wajah yang sedang trend karena banyak artis Ibu Kota yang menggunakan cara ini. Menggunakan sperma salmon yang disebut young elixir, sperma salmon ternyata tinggi akan kandungan hyaluronic acid, glycine, L proline, L lysine, L leucine yang merupakan asam amino alami di kulit yang turun seiring berjalannya waktu. Menyuntikkan DNA salmon sendiri tidak seperti filler yang hanya di area wajah yang berkerut, justru harus disuntikan ke seluruh bagian wajah untuk hasil yang maksimal. Gak cuma sebagai cara menghilangkan kerutan di wajah, tapi juga mencerahkan kulit, mempercepat penyembuhan luka, dan juga membuat kulit glowing bak artis Korea lho! Pssst! Hanya saja cara yang satu ini karena terbilang baru sehingga harganya masih sangat mahal lho!

Dari ketujuh cara di atas, mana nih yang menurut kamu pingin kamu coba? Cara menghilangkan kerutan di wajah di atas memang tidak mudah, bahkan mahal. Namun, hasilnya sepadan lho, Realfoodfam! Jangan lupa untuk menjaga kesehatan kulit dengan konsumsi makanan dan minuman bernutrisi seperti sarang burung walet yang bisa menjaga kekencangan dan menunjang produksi kolagen tubuh. Cantik luar dalam, sehat luar dalam! 

Artikel Terkait Lainnya: