jus untuk diet

Percaya gak Realfoodfam, kamu bisa membakar lemak dan menurunkan berat badan dengan rutin mengonsumsi jus lho! Salah satu figur publik yang terbukti berhasil menggunakan jus untuk diet adalah Dewi Hughes. Presenter kondang yang satu ini berhasil menurunkan berat badan hingga 90 kg dalam waktu 15 bulan saja. Bayangkan, Dewi Hughes pernah mengalami obesitas dengan berat badan yang mencapat 150 kg! 

Jus untuk diet ini sebenarnya cukup sederhana, konsumsi jus buah dan sayur yang tinggi akan serat dan vitamin ini adalah salah satu alternatif makanan yang rendah kalori tetapi tinggi gizi. Memang tidak dianjurkan untuk konsumsi jus terus menerus setiap kali makan, tetapi bisa digunakan sebagai pengganti makan pagi dan makan malam dan harus disertakan dengan konsumsi protein agar massa ototmu tidak turun sehingga metabolismemu tetap cepat. Yuk, cek 7 jus untuk diet yang bisa kamu coba! 

1. Jus Lemon, Jahe, dan Kunyit 

Pernah dengar istilah ginger shot? Jus untuk diet yang satu ini terbuat dari jahe segar, air lemon, dan kunyit yang kaya akan antioksidan! Mampu menjaga sistem kekebalan tubuh, memperkuat pencernaan, mengurangi inflamasi, serta sangat baik untuk kesehatan kulitmu. Terlebih konsumsi asam sebelum makan akan membantu mencegah kenaikan gula darah berlebih sehingga membantu membakar lemak dengan lebih cepat. Cobalah untuk rutin mengonsumsi jus ini di pagi hari sebelum makan (atau setelah makan bagi penderita maag). Cara membuatnya juga sangat mudah: kupas 1 ruas jahe dan 1 ruas jari kunyit lalu kupas 2 kulit lemon. Blender ketiganya hingga larut. Saring, dan simpan di botol kedap udara. Kamu cukup mengonsumsinya sebanyak 15 ml perhari. Dan satu resep ini bisa kamu gunakan untuk 6 hari berturut-turut. Selamat mencoba! 

2. Jus Seledri 

Seledri adalah sayur yang sangat rendah kalori, hingga dijuluki kalori negatif karena konsumsi seledri justru tidak menambah kalori malah tubuh butuh lebih banyak kalori untuk membakarnya. Selain itu, seledri juga bermanfaat untuk memperlancar buang air besar berkat kandungan seratnya dan beragam vitamin seperti vitamin A, vitamin C, Vitamin K, asam folat, dan kalium. Kamu bisa mengonsumsi jus seledri dengan dua cara: hanya mengonsumsi sari seledri yang sudah diperas atau mencampurkan seledri dengan buah apel atau kiwi untuk menutup rasa langunya. Cara kedua lebih disarankan karena kamu tetap mengonsumsi serat dari seledri dan buah lainnya. Oh ya, pastikan kamu menggunakan seledri impor yang berukuran besar ya, bukan seledri untuk sayur sop! 

3. Jus Bayam

Sayur yang satu ini pas banget kalau dikonsumsi sebagai jus untuk diet! Pasalnya rasanya yang netral, kandungan serat yang tinggi, dan kalori yang rendah membuatnya begitu mudah dikonsumsi setiap harinya. Jus bayam bisa kamu konsumsi dengan mencampurkan buah-buahan tinggi vitamin C seperti nanas, jeruk, lemon, kiwi, dan apel untuk sensasi manis menyegarkan serta membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari bayam. Atau bisa juga kamu campurkan dengan susu, selai kacang, dan pisang agar memberikan sensasi kenyang yang lebih lama. 

4. Jus Tomat

Secara alami, tomat adalah buah sayur yang rendah kalori, rendah gula, dan rendah lemak sehingga sangat baik untuk dikonsumsi sebagai jus untuk diet. Tomat kaya akan serat untuk membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi napsu makan berlebih. Kandungan air dalam tomat juga begitu menyegarkan dan membuatmu merasa kenyang lebih lama lho! Realfoodfam juga bisa memakan tomat dalam keadaan sudah direbus sebentar untuk mengaktifkan likopen si antioksidan alami lho. Tomat sendiri bisa kamu hancurkan atau makan langsung dengan sedikit perasan jeruk nipis. Hmmm… lezat! 

5. Jus Ketimun dan Lemon 

Buat kamu yang tipe hausan, jus yang satu ini cocok banget untuk dikonsumsi saat diet. Kandungan air yang tinggi dalam ketimun dan lemon akan membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang tanpa kalori dan gula yang tinggi. Ditambah lagi, ketimun ini kaya akan serat yang membantu menurunkan berat badan. Jadi bisa banget kamu siap sedia bawa jus ketimun dan lemon ini untuk mengembalikan dahaga. Selain dijus, bisa juga kamu memberikan potongan ketimun dan perasan lemon di dalam air–bisa juga jadi solusi kalau kamu gak punya blender ya! 

6. Jus Jeruk Merah

Kebayang gak sih kalau jus jeruk bisa jadi jus untuk diet yang ampuh membakar lemak? Padahal jus jeruk itu secara alami manis dan tinggi gula ya? Eits, itu artinya kamu harus kenalan sama jeruk merah atau grapefruit. Jeruk yang satu ini rasanya asam, segar, dan aromanya ampuh menurunkan napsu makan! Mungkin sekilas jeruk merah ini mirip dengan jeruk bali yang asam pahit ya, tapi beda lho. Jus jeruk merah ini sering banget dipakai untuk diet sehingga kamu pun bisa coba! 

7. Jus Nanas

Meskipun tinggi akan gula, sebenarnya nanas bisa jadi jus untuk diet yang baik. Mengandung vitamin C dan serat yang tinggi membuat nanas jadi buah yang sangat sehat. Ditambah adanya enzim bromelain untuk memecah protein dalam makanan dan menjaga kesehatan sendi. Hanya saja, kamu harus lebih cermat dalam memilih nanas untuk dijadikan jus. Nanas madu yang sangat manis tentunya tinggi gula dan kalori, ada baiknya kamu memilih nanas yang sedikit muda agar rasanya cenderung asam. Kamu juga bisa menambahkan apple cider vinegar atau lemon, diimbangi dengan ketimun, bayam, dan jahe untuk menambahkan kandungan serat di dalamnya. 
Buat kamu yang nyari serat tapi gak mau ribet ngejus, sebenarnya kamu bisa mendapatkan segala kebaikan buah dengan mengonsumsi snack jelly lho! Jelly secara alami tinggi akan serat, terutama Realfood Jelly Pineapple Oil Controller. Snack ini gak cuma sekedar bikin kamu gak iseng pengen nyemil tapi juga menenuhi kebutuan protein kamu karena ada kandungan sarang burung walet lho! Ditambah kandungan nanas, pir, dan extrak biji bunga matahari yang bisa bikin kulit gak berminyak. Ngaku deh, kalau lagi naik berat badannya pasti kulit cenderung lebih berminyak kan? Lagi pula, jelly ini paktis banget dibawa-bawa dan tinggal lep! Siapa yang gak tertarik coba?

Baca Juga: