kandungan susu protein

Susu protein diet dalam bentuk whey kini dikenal sebagai salah satu asupan untuk atlet. Pasalnya, jenis protein ini mengandung sembilan asam amino esensial yang berperan penting dalam tubuh. Ada banyak sekali manfaat dari susu protein diet dalam bentuk whey yang kini tengah populer. Selain untuk menjaga otot, juga untuk menjaga kekebalan tubuh dengan kandungan asam amino esensial didalamnya. Tak heran belakangan banyak sekali bermunculan merek whey protein di pasaran. 

Whey Protein merupakan salah satu jenis protein yang didapat dari susu sapi yang telah melewati proses penyaringan. Susu sapi ini akan diubah menjadi partikel protein yang lebih kecil. Berikut adalah jenis protein yang memiliki manfaat untuk diet, diantaranya sebagai berikut: 

1. Konsentrat

Mengutip dari Cleveland Clinic, whey protein jenis konsentrat biasanya mengandung sekitar 30-40% protein didalamnya. Selain itu, jenis susu protein ini juga memiliki kandungan lemak serta laktosa. 

2. Isolat

Pada susu protein diet dalam bentuk whey protein biasanya terdiri atas komponen susu sapi yang disaring sehingga menghasilkan whey protein yang sudah terisolasi. Biasanya whey protein isolate mengandung 90-95% protein, dan tidak mengandung lemak sama sekali. 

3. Hidrolisat

Hydrolysate whey merupakan jenis susu protein yang paling mudah dicerna tubuh, dan banyak digunakan pada suplemen protein atau susu formula untuk bayi karena dapat meningkatkan daya cerna dan minim potensi dalam menimbulkan alergi. 

Lalu seberapa efektif susu protein diet dalam menurunkan berat badan dan mendukung program diet sehatmu? Berikut adalah beberapa manfaat susu protein: 

1. Membentuk Massa Otot

Susu protein diet dalam bentuk whey dikenal sebagai anabolik yang dapat membantu membangun massa otot. Hal ini karena whey protein dapat meningkatkan kadar asam amino pada tubuh. Selain itu, protein juga dikenal sebagai salah satu zat yang mudah dicerna tubuh.  Itu sebabnya protein shakes banyak dikonsumsi sebelum, selama, atau bahkan sesudah olahraga. Dengan mudahnya proses pencernaan protein shakes, kebutuhan protein harian otot tubuh akan terpenuhi dengan mudah dan cepat. 

2. Mengurangi Rasa Lapar dan Menekan Nafsu Makan

Salah satu alasan banyak orang mulai mengonsumsi susu protein adalah karena diyakini mampu untuk membantu mengurangi rasa lapar dan menahan nafsu makan. Hal ini dikarenakan kebutuhan protein dapat tercukupi dengan konsumsi protein shakes. Menurut penelitian dari Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, mengonsumsi protein dapat membuat perasaan kenyang. Maka itu, orang yang memiliki asupan protein yang cukup dalam kesehariannya akan merasa kenyang lebih lama dan memiliki keinginan makan yang lebih sedikit. Bahkan beberapa orang seperti atlet atau para pegiat olahraga memilih untuk memenuhi kebutuhan gizi atau kalori makro mereka dengan mengonsumsi susu protein diet. 

Kamu juga dapat memenuhi kebutuhan protein dengan mengonsumsi Realfood Sporte Realmeals yang mengandung sarang burung walet dan kaya akan vitamin dan serat. Realmeals merupakan meal replacement dengan kandungan nutrisi terlengkap yang cocok untuk program diet karena membuat kenyang lebih lama. Realmeals mengandung asam amino esensial yang didapat dari sarang burung walet yang dapat membantu meningkatkan tenaga. 

3. Meningkatkan Metabolisme

Salah satu manfaat diet tinggi protein adalah dapat membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh. Hal ini juga disebutkan dalam jurnal yang diluncurkan oleh Nutrition and Metabolism, disebutkan bahwa diet tinggi protein dapat membantu meningkatkan metabolisme dengan cara mengurangi sekresi hormon ghrelin dan juga meningkatkan efek thermal makanan. Kedua hal tersebut turut berperan dalam melancarkan metabolisme. Dengan begitu tubuh dapat membakar lebih banyak kalori. Ditambah lagi dengan mengonsumsi protein shakes sebagai pengganti makanan juga dapat mengurangi asupan kalori harian dan dapat membantu menurunkan berat badan. 

4. Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah

Salah satu manfaat lain dari susu protein diet adalah untuk menurunkan kadar kolesterol LDL dan kolesterol total. Selain itu juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meminimalisir resiko terkena penyakit kritis seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. 
Dengan kandungan protein seperti isolat, hidrolisat, dan konsetrtat dalam susu protein dapat membantu melancarkan metabolisme hingga membuat kenyang lebih lama. Sehingga akan membantumu mendapatkan berat badan yang diinginkan lebih cepat. Jangan lupa untuk menambahkan konsumsi Realfood Sporte Realmeals yang membuatmu kenyang lebih lama tanpa menyakiti pencernaan. 

Baca Juga: