makanan dan minuman kolagen

Minuman kolagen akhir-akhir ini jadi gaya hidup baru yang gak boleh dilewatkan. Pasalnya, kolagen digadang-gadang mampu membuat kulit awet muda dan terjaga kekencangannya. Namun, apakah benar? 

Kolagen sendiri adalah salah satu jenis protein yang secara alami terdapat pada kulit dan sendi-sendi hewan. Kolagen sendiri diolah menjadi partikel peptida yang lebih kecil da dijadikan suplemen agar dapat dikonsumsi oleh tubuh. Hal ini dikarenakan tubuh kehilangan kemampuan untuk memproduksi kolagen setelah usia 25 tahun dan banyak orang yang berharap dengan konsumsi kolagen akan membantu memenuhi kebutuhan kolagen tubuh. Kehilangan kolagen sendiri bisa menyebabkan kulit tampak kehilangan kekenyalan, nyeri sendi, tulang keropos, hingga kondisi rambut dan kuku yang menurun.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya ikhtiar dengan mengsonsumsi makanan dan minuman kolagen untuk membantu menjaga kesehatan kulit, sendi, rambut, kuku, dan tulang. Simak 8 makanan dan minuman berkolagen tinggi yang bisa kamu konsumsi setiap harinya! 

1. Sup Tulang atau Bone Broth 

Kolagen secara alami berada di sendi dan tulang terutama tulang sapi, tulang ayam, dan tulang babi. Terdapat 3 jenis kolagen di dalam minuman kolagen ini yaitu kolagen tipe 1 untuk kulit, tipe 2 untuk sendi, dan tipe 3 untuk kesehatan usus. Hal ini membuat sup tulang menjadi sumber kolagen terbaik yang bisa kamu konsumsi, plus membuatnya juga tidak terlalu sulit–hanya dengan merebus tulang sapi atau ceker ayam menggunakan api kecil selama kurang lebih 6 jam. Selain itu, sup tulang juga kaya akan kalsium, magnesium, dan fosfor. 

2. Kulit Ikan 

Terutama kulit ikan laut seperti salmon, tuna, dan sarden kaya akan kandungan kolagen tipe 1, omega-3, dan vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang dan kulit. Sering ditemukan dalam bentuk suplemen, minuman kolagen yang satu ini bisa menjadi alternatif untuk kamu yang gak mengonsumsi sapi karena alasan tertentu. Hanya saja, hasilnya tidak sebagus sup tulang sapi ya. 

3. Telur 

Secara alami, telur adalah makanan tinggi kolagen yang rendah kalori. Kaya akan protein berkualitas, telur bisa menjadi sumber kolagen yang baik untuk membangun jaringan kulit dan tulang. Cocok banget nih untuk kamu yang menjaga berat badan tapi tetap ingin menjaga kekencangan kulit! 

4. Kacang-kacangan

Tidak hanya hewani, beberapa jenis tumbuhan juga merupakan makanan kaya akan kolagen salah satunya adalah kacang almond, kacang mete, dan kacang hijau. Sayangnya, tipe kolagen dalam tumbuhan tidak sebanyak dan bioavailability alias kemampuan diserap tubuh tidak sebaik kolagen hewani. 

5. Buah-buahan 

Hah masa buah-buahan mengandung kolagen? Sejatinya, buah-buahan memang mengandung hanya sedikit kolagen tetapi kandungan vitamin C dalam jeruk-jerukan, kiwi, nanas, dan berries akan membantu produksi kolagen dalam tubuh. Kombinasi antara suplemen kolagen dan vitamin C akan membuat kulitmu lebih kenyal dan awet muda lho! 

6. Gelatin 

Pernah dengar gelatin? Jika kamu hanya pernah mengonsumsi agar-agar atau jelly dari rumput laut, sebenarnya gelatin sudah lebih banyak digunakan. Di Indonesia, gelatin jarang digunakan karena kebanyakan dari gelatin terbuat dari tulang babi atau tulang sapi. Padahal, gelatin adalah makanan atau minuman tinggi kolagen yang secara alami memberikan sensasi kenyal. Wajar dong kalau gelatin bisa kamu gunakan sebagai sumber kolagen selama kamu bisa mendapatkan gelatin dari bahan yang halal! 

7. Organ 

Organ tubuh hewan seperti hati, jantung, otak, babat, paru, dan ginjal secara alami mengandung kolagen yang tinggi. Bahkan bagian tubuh seperti ceker ayam sangat tinggi akan kolagen! Good news, buat kamu yang suka makan tulang muda, kamu sudah mendapatkan kolagen lho! 

8. Sarang Burung Walet

Kaya akan asam amino dan protein, sarang burung walet adalah sumber kolagen lho! Sering dijadikan minuman kolagen, kamu bisa mendapatkan segala kebaikan kolagen di dalam sup sarang burung walet atau suplemen sarang burung walet seperti di dalam Realfood Forever Bright. Kaya akan sarang burung walet yang tinggi kolagen serta diperkaya niacinamide dan glutathione. Ini adalah minuman kolagen yang juga merupakan the first drinkable niacinamide! Kulit kencang dan pastinya bebas kusam! 

Ternyata gak sulit kan cari makanan dan minuman kolagen di sekitar kita? Apa lagi ternyata banyak yang begitu mudah dicari seperti organ hewan. Namun, perlu diketahui bahwa kualitas kolagen sangat mempengaruhi kemampuan diserap oleh tubuh. Kolagen yang berasal dari hewani lebih baik dan tentunya lebih mudah diproses. Ditambah dengan konsumsi vitamin C yang akan meningkatkan penyerapan kolagen dalam tubuh. Yuk, mulai rutin konsumsi makanan dan minuman kolagen supaya kulit terjaga, sendi lebih sehat, kuku dan rambut lebih kuat dari muda!

Baca Juga: