manfaat air kelapa

Ketika cuaca panas, Realfoodfam tentunya akan merasa segar setelah minum air kelapa. Selain rasanya yang menyegarkan, ternyata ada banyak manfaat air kelapa yang baik untuk tubuh. Bahkan, air kelapa juga kerap digunakan dalam pengobatan tradisional karena dipercaya memiliki banyak khasiat. Misalnya, mulai dari mengatur tekanan darah, menjaga kesehatan pencernaan, hingga menurunkan berat badan

Kandungan Air Kelapa

Banyaknya manfaat air kelapa tidak terlepas dari kandungan yang dimilikinya. Air kelapa memiliki kandungan makronutrien dan mikronutrien yang lengkap dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah ulasan mengenai kandungan makronutrien dan mikronutrien pada air kelapa:

1. Makronutrien

Pada air kelapa, sebagian besar unsur makronutriennya adalah karbohidrat, yaitu sebanyak 3.8 gr atau sekitar 5% dalam bentuk fruktosa dan glukosa. Selain itu, air kelapa mengandung protein 0.2 gr dan lemak 0,1 gr yang semakin melengkapi nutrisi di dalam air kelapa. Kemudian, air kelapa juga rendah kalori, yaitu sekitar 45 kalori sehingga cocok bagi Realfoodfam yang sedang menjalani diet.

2. Mikronutrien

Selain unsur makronutrien, air kelapa juga mengandung unsur mikronutrien, yaitu berupa mineral yang dibutuhkan tubuh. Berikut ini adalah unsur mikronutrien dalam air kelapa:

·  Vitamin B, termasuk B1, B2, B3, B5, B6, B7, dan B9.

·  Kalium

·  Vitamin C

·  Magnesium

·  Kalsium

·  Sulfur

·  Natrium

·  Biotin

·  Asam Nikotinat

·  Zat Besi

·  Asam Pantotenat

·  Riboflavin

·  Kalium dan lain sebagainya

8 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Air kelapa kaya akan nutrisi, sehingga tidak heran jika air kelapa juga memiliki banyak manfaat. Bahkan, air kelapa sejak dulu terkenal memiliki banyak khasiat, terutama untuk kesehatan tubuh manusia. Jika Realfood penasaran apa saja manfaat air kelapa, berikut ini adalah ulasannya:

1. Mengatur Tekanan Darah dan Kolesterol

Minum air kelapa dengan teratur ternyata mampu meningkatkan sirkulasi darah, serta mengurangi resiko serangan jantung dan stroke. Pasalnya, pada air kelapa, kandungan kaliumnya tinggi dan natriumnya rendah. Sedangkan kandungan natrium berguna untuk menurunkan kadar gula dalam darah bagi seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi. Dengan begitu, air kelapa mencegah terbentuknya penggumpalan darah.

2. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Minum air putih yang cukup memang baik untuk kesehatan ginjal dan mendukung fungsi ginjal. Namun, faktanya minum air kelapa lebih bermanfaat untuk ginjal, salah satunya yaitu mencegah penyakit batu ginjal. Hal ini karena air kelapa mampu mencegah kristal menempel pada ginjal dan saluran kemih serta mengurangi terbentuknya kristal pada ginjal.

3. Memperlambat Penuaan

Memiliki kulit wajah yang sehat dan bebas dari tanda-tanda penuaan adalah idaman semua orang, terutama pada kaum hawa. Jika ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan awet muda, Realfoodfam bisa mencoba cara alami yaitu rajin minum air kelapa. Pasalnya, air kelapa mengandung sitokinin yang memiliki efek anti karsinogenik, anti penuaan, dan antitrombotik.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Jika Realfoodfam sedang diare, dibandingkan meminum minuman elektrolit kemasan, cobalah cara alami yaitu dengan minum air kelapa. Hal ini karena air kelapa mampu menggantikan cairan yang hilang di saluran gastrointestinal. Selain mengobati mengobati diare, air kelapa juga bisa digunakan untuk mengobati konstipasi, infeksi kandung kemih, gangguan pencernaan, dan cacingan.

5. Penghilang Dehidrasi Pasca-Olahraga

Air kelapa mengandung elektrolit yang mampu menggantikan cairan yang hilang saat olahraga. Meminum air kelapa dalam jumlah banyak juga lebih minim resiko mual dan kenyang dibandingkan jika meminum minuman olahraga. Oleh karena itu, banyak orang memanfaatkan air kelapa sebagai minuman isotonik alami sehabis berolahraga.

6. Sebagai Anti-Inflamasi

Sifat anti inflamasi yang terkandung pada air kelapa dapat membantu mekanisme tubuh dalam melindungi diri dari infeksi mikroorganisme asing, seperti jamur, virus, dan bakteri. Dengan begitu, manfaat air kelapa yaitu dapat mencegah keparahan jika terjadi peradangan yang banyak dialami oleh pasien dengan gangguan autoimun, infeksi virus, jamur, dan bakteri, serta stress yang berlebihan.

7. Menurunkan Berat Badan

Air kelapa lebih rendah kalori dibandingkan dengan air soda ataupun jus buah buatan. Oleh karena itu, jika Realfoodfam sedang menjalani diet, ganti minuman manis dengan air kelapa sehingga mempermudah menurunkan berat badan. Selain rendah kalori, air kelapa juga mudah dicerna dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga semakin banyak lemak yang dibakar.

8. Menangkal Radikal Bebas

Mengutip International Journal of Food Properties, air kelapa kaya akan antioksidan yang bernama senyawa fenolik. Senyawa ini mampu mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan oksidatif pada sel. Selain itu, vitamin dan beragam mikronutriennya mampu mendukung sistem pertahanan antioksidan alami tubuh.

Itulah beberapa manfaat air kelapa bagi kesehatan tubuh. Tidak heran jika air kelapa memiliki banyak khasiat karena tersusun atas kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Bagi Realfoodfam yang ingin memulai hidup sehat secara alami, rajinkah minum air kelapa sebagai alternatif minuman yang menyehatkan.

Artikel Terkait Lainnya: