nonton drama korea

Sejak pandemi, banyak orang mencari hiburan yang bisa dinikmati di rumah. Salah satu caranya yaitu dengan nonton drama Korea atau yang disebut juga dengan K-drama. Selain menghibur, ternyata drama Korea memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental. Maka, jangan heran kalau drama Korea semakin banyak peminatnya.

Baca Juga: 20 Cemilan Sehat untuk Diet agar Tetap Turun Berat Badan

Pasalnya, drama Korea memiliki banyak tema cerita dan dieksekusi dengan baik serta akting para pemerannya luar biasa hebat, sehingga penonton puas dan terhibur jika menontonnya. Selain itu, menonton K-drama juga membawa efek positif bagi penontonnya, lho. Yuk, simak apa saja manfaat nonton drama Korea untuk kesehatan mental di bawah ini:

1. Meredakan Stress

Hampir semua orang pernah mengalami stress. Namun, jika kondisi tersebut tidak kunjung membaik, sebaiknya istirahat sejenak. Salah satu cara untuk meredakan stress yaitu dengan nonton drama Korea.

Drama Korea memiliki banyak variasi tema cerita yang tentunya menghibur Realfoodfam. Ketika menonton drama Korea, tubuh akan melepaskan hormon endorphin dan juga dopain. Kedua hormon tersebut berguna untuk membuat suasana hati Realfoodfam menjadi lebih baik dan stress pun mereda.

2. Mengontrol Emosi

Menonton K-drama juga bisa bermanfaat untuk mengontrol emosi. Pasalnya, dalam drama Korea menayangkan beragam emosi dan mendorong penontonnya untuk menangani dan memahami perasaan serupa yang juga mungkin sedang dialami.

Baca Juga: 2 Cara Mencuci Tangan Yang Benar dan Bisa Mencegah Penyebaran Penyakit

Tidak jarang Realfoodfam yang sedang menonton drama Korea juga merasakan apa yang karakter rasakan. Dengan begitu, menonton K-drama juga baik untuk mengendalikan emosi yang sedang dirasakan.

3. Mengurangi Kecemasan

Ada banyak efek buruk karena gangguan kecemasan, mulai dari sulit berkonsentrasi, tidak fokus, maupun gelisah. Bahkan, kecemasan yang dialami juga kerap berdampak pada kesehatan fisik, seperti otot akan merasa kaku dan jantung berdebar lebih kencang dan cepat sehingga membuat Realfoodfam tidak nyaman.

Salah satu cara untuk mengatasi kecemasan yaitu dengan melakukan relaksasi. Ada banyak hal yang bisa Realfoodfam untuk relaksasi, misalnya yaitu dengan menonton drama Korea. Sebuah studi menyebutkan jika menonton drama atau film bisa membuat orang yang akan menjalani tindakan medis merasa lebih tenang dan tingkat kecemasannya mereda. Hal tersebut menandakan bahwa menonton drama Korea bisa menjadi alternatif hiburan dan mampu membuat Realfoodfam lebih relax dan tidak lagi merasa cemas.

4. Membangun Rasa Percaya Diri

Meningkatkan rasa percaya diri memang tidak mudah dan butuh waktu untuk menyelesaikannya. Jika Realfoodfam ingin membangun rasa percaya diri, cobalah untuk nonton drama Korea yang karakternya memiliki permasalahan yang sama.

Baca Juga: Fakta-fakta Penting Minuman Kekinian Berbahan Sarang Burung Walet

Dengan menonton karakter tersebut di K-drama, Realfoodfam bisa melihat bagaimana karakter tersebut menangani masalah krisis kepercayaan diri yang dialami dan berhasil mengatasinya. Realfoodfam secara tidak langsung membayangkan untuk melakukan hal yang sama agar rasa percaya diri berangsur-angsur muncul.

5. Merangsang Kesadaran Kognitif

Ketika menonton drama Korea, Realfoodfam secara tidak langsung melatih otak untuk mengingat, baik mengingat nama karakter maupun plot ceritanya. Menurut studi terbaru, menonton film atau drama yang mengandung ketegangan di dalamnya bisa memantik aktivitas yang lebih besar pada korteks parietal dan korteks frontal.

Hal tersebut mengakibatkan otak bisa bekerja lebih baik dalam perencanaan dan pengorganisasian, mengatur waktu, dan juga perhatian. Dengan begitu, menonton drama Korea bisa membantu dan juga merangsang kesadaran kognitif dan otak yang sehat.

6. Memberi Motivasi dan Inspirasi

Menonton drama Korea tentu saja tidak hanya menambah pengetahuan, tetapi juga bisa memberikan motivasi dan juga inspirasi. Misalnya, ketika Realfoodfam menyaksikan drama Korea dengan plot yang menampilkan keluarga yang harmonis. Maka, tentu saja hal ini memotivasi Realfoodfam untuk memiliki keluarga yang harmonis juga dengan beragam cara yang ditampilkan di K-drama.

Baca Juga: Jarang Diketahui! Ini 10 Manfaat Buah Jambu Air untuk Ibu Hamil

Tidak sampai disitu karena nonton drama Korea juga bisa memberikan inspirasi yang positif bagi Realfoodfam. Plot dan juga tema drama korea yang bervariasi membuat Realfoodfam bisa membayangkan dirinya menjadi karakter tertentu dalam K-drama atau berada di setting tempat kejadian. Hal tersebut tentunya menciptakan imajinasi, membuat Realfoodfam lebih kreatif, dan memikirkan ide-ide baru.

7. Kesadaran Akan Kesehatan Mental Meningkat

Apakah Realfoodfam pernah nonton drama Korea It's Okay to Not Be Okay, Soul Mechanic, atau drama paling populer, yaitu Sky Castle? Jika Realfoodfam pernah menonton salah satu K-drama tersebut, tentunya tahu jika ketiga drama tersebut mengusung isu kesehatan mental.

Dengan menonton K-drama yang membahas tentang kesehatan mental, maka pengetahuan Realfoodfam akan kesehatan mental pun meningkat. Realfoodfam juga bisa mengambil pelajaran bagaimana para penderitanya mengatasi kondisi yang dialaminya hingga berhasil melewatinya.

Baca Juga: Kenali 7 Cara Mudah Mengobati Mata Minus Secara Alami Agar Tidak Bertambah

Itulah ulasan yang menarik mengenai 7 manfaat nonton drama Korea bagi kesehatan mental. Pastinya menonton K-drama memang memiliki efek positif, namun jangan sampai kecanduan dan kurang tidur, ya! Tetap perhatikan pola makan dan juga gaya hidup sehat agar kesehatan mental juga senantiasa terjaga.