manfaat sarang burung walet

Siapa yang tidak kenal sarang burung walet? Air liur dari burung walet yang sudah mengering ini terkenal sangat mahal dan berharga karena kemampuannya yang luar biasa, terutama untuk kesehatan dan kecantikan.

Simak yuk, 20 alasan mengapa sarang burung walet wajib kamu konsumsi setiap hari dan banyak banget orang yang rutin konsumsinya!

1. Sarang Burung Walet sebagai Sumber Makronutrien

Sarang burung walet sendiri kaya akan kandungan glikoprotein, sebuah molekul rantai antara protein dan karbohidrat yang mendukung fungsi tubuh. Kandungannya sendiri bisa mencapai 40-55% berat dari sarang burung walet itu sendiri lho! Terlebih glikoprotein adalah material pembangun energi yang sangat mudah diserap tubuh. Wajar dong kalau banyak ditemui di produk kesehatan atau dikonsumsi untuk kesehatan? 

2. Sarang Burung Walet sebagai Sumber Mikronutrien

Selain glikoprotein, sarang burung walet juga mengandung banyak mineral yang baik untuk tubuh terutama kalsium dan zat besi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan pembentukan darah. Gak cuma itu, sarang burung walet juga mengandung mikronutrien lain seperti mangan, tembaga, natrium, dan magnesium yang memiliki peran penting dalam mengaktifkan enzim, produksi kolagen, dan melancarkan metabolisme karbohidrat. 

3. Sarang Burung Walet untuk Kesehatan Sendi 

Setelah mengetahu sarang burung walet kaya akan glikoprotein dan mineral, ternyata juga tinggi akan kandungan glukosamine dan asam sialat yang menjadi struktur dari asam lemak dan membangun sel protein yang dikenal dengan asam amino. Hasilnya? Kesehatan sendi terjaga!

4. Sarang Burung Walet untuk Meningkatkan Imun Tubuh 

Sarang burung walet adalah salah satu bahan yang digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok (TCM) untuk mengobati berbagai penyakit dan juga meningkatkan sistem imun. Kandungan gizinya yang mudah diserap tubuh dan teksturnya yang lembut menjadi panganan yang mudah dicerna!

5. Sarang Burung Walet untuk Support Kemoterapi 

Sarang burung walet mampu menjaga kesehatan salurang cerna, sehingga sangat baik untuk mereka yang menjalani kemoterapi dengan obat oral. Pada pasien kemoterapi, mikroflora usus akan melemah akibat konsumsi obat sehingga sarang burung walet dapat meningkatkan bakteri baik di usus serta meningkatkan imun tubuh.

6. Sarang Burung Walet untuk Penyakit Pernapasan

Percaya atau tidak, sarang burung walet digunakan untuk menyembuhkan penyakit saluran pernapasan seperti tuberkulosis dan asma lho! Bahkan sarang burung walet juga bisa menjadi suplemen yang mengurangi batuk rejan. 

7. Sarang Burung Walet sebagai Antioksidan 

Sarang burung walet juga kaya akan antioksidan alami, yaitu enzim katalase yang mampu menangkal efek radikal bebas. Antioksidan ini dapat membantu mencegah mutasi sel yang dapat menyebabkan kanker. Tentu saja ini artinya kita harus mulai rutin mengonsumsi sarang burung walet untuk hasil yang optimal ya. 

8. Sarang Burung Walet untuk Menurunkan Kolesterol dan Risiko Penyakit Jantung 

Mengonsumsi sarang burung walet dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat serta tekanan darah dan memperkuat jantung. Dengan manfaat ini, sarang burung walet dipercaya dapat mengurangi risiko serangan jantung dan penyempitan pembuluh darah. Para dinasti Tiongkok percaya bawah kekayaan yang sesungguhnya adalah kesehatan dan mereka rutin mengonsumsi sarang burung walet! 

9. Sarang Burung Walet untuk Perokok

Sarang burung walet yang kaya akan antioksidan ini dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dari asap rokok lho. Baik untuk perokok aktif, pasif, maupun perokok ketiga seperti anak-anak yang tidak bersinggungan langsung dengan perokok. Cocok sekali memang untuk dikonsumsi seluruh anggota keluarga! 

10. Sarang Burung Walet untuk Gula Darah yang Seimbang 

Secara alami, sarang burung walet juga mengandung glisin yang memastikan kadar glukosa dalam tubuh untuk menjadi sumber energi. Glisin juga membantu meringankan hipoglikemia alias kekurangan kadar gula dalam darah lho! 

11. Sarang Burung Walet untuk Mencegah Resistensi Insulin

Gula darah stabil belum tentu tidak resistensi insulin lho. Kadang, kita kita sadar dengan resistensi insulin yang bisa menjadi faktor penyerta diabetes tipe 2 lho! Konsumsi sarang burung walet bisa membantu mencegah resistensi insulin dengan kandungan protein yang seimbang lho. 

12. Sarang Burung Walet untuk Menjaga Kesehatan Otak dan Mental 

Sarang burung walet juga memiliki kandungan fenilalanin yang mampu membantu menjaga fungsi sistem syaraf pusat sehingga membuat tubuh lebih rileks dan mencegah depresi. Selain itu juga ada study yang menunjungkan bahwa sarang burung walet memiliki efek neuroprotektif yang menekan inflamasi pada syaraf dan kematian sel neural, sehingga memiliki efek yang positif untuk fungsi kognitif.

13. Sarang Burung Walet untuk Gizi Ibu Hamil 

Sarang burung walet bisa menjadi sumber gizi yang baik, terutama untuk ibu hamil pada trimester pertama. Kandungan asam folat yang tinggi berperan dalam tumbuh kembang janin terutama otak. Sarang burung walet juga kaya akan glikoprotein dan asam amino yang membantu tidur lebih nyenyak, mengurangi stress dan kepanikan, serta mencegah munculnya stretch marks. Penting untuk konsumsi setidaknya 3-5 gram sarang burung walet setiap hari, terlebih pada trimester pertama. 

14. Sarang Burung Walet untuk Kesehatan Seksual 

Bukan rahasia lagi dong kalau kesehatan seksual yang baik adalah awal dari kesehatan tubuh dan mental yang baik pula. Sarang burung walet pada dasarnya adalah makanan yang bersifat aphrodisiac yang meningkatkan libido. Selain itu, sarang burung juga mengandung histidin yang mampu mengobati masalah disfungsi seksual lho!

15. Sarang Burung Walet untuk Kesehatan Tulang 

Selain untuk imun tubuh, sarang burung walet juga digunakan di pengobatan tradisional Tiongkok (TCM) sebagai bahan yang mampu menjaga kesehatan tulang dan menyembuhkan osteoarthritis. Tingginya kandungan kalsium dapat membantu meningkatkan kekuatan alami tulang. 

16. Sarang Burung Walet untuk Stamina 

Buat Realfoodfam yang suka begadang atau kurang tidur berkualitas, mungkin akan terasa mudah lelah dan kurang berstamina. Sarang burung walet bisa jadi solusi yang tepat untuk meningkatkan kualitas tidur, menutrisi tubuh dengan makronutrien dan mikronutrien, dan membantu mengurangi rasa lelah.

17. Sarang Burung Walet untuk Detoksifikasi 

Sarang burung walet mengandung metionin, asam amino yang merupakan prekursor asam amino sistein dan taurin. Metionin ini mampu menjaga fungsi hati dan mencegah penumpukan lemak di hati menjadi fatty liver.

18. Sarang Burung Walet untuk Kecantikan Kulit 

Sarang burung walet memiliki protein spesial yang memiliki kemiripan struktur dengan Epiderman Growth Factor (EGF). Protein ini membantu menunjang produksi sel kulit baru untuk menggantikan sel kulit yang sudah rusak. Tentunya hal ini membuat kulit tampak cerah dan muda dong!

19. Sarang Burung Walet untuk Produksi Kolagen 

Sarang burung walet juga kaya akan kolagen lho! Ini berkat adanya asam amino seperti leusin, lisin, glisin, glutamin, tirosin, arginin, sistein, histidin, triptopan–asam amino sendiri terdiri dari dua: esensial dan non-esensial–dan sarang burung walet bisa memenuhi keduanya! Wajar dong kulit jadi kenyal dan lebih sehat setelah rutin konsumsi sarang burung walet? 

20. Sarang Burung Walet untuk Mempercepat Penyembuhan

Nah, ini dia nih yang paling penting. Kandungan gizi dalam sarang burung walet ini bisa jadi booster untuk kamu yang sedang sakit karena mampu mempercepat penyembuhan. Tekstur dan rasa sarang burung walet yang netral dan lembut mudah dikonsumsi, dan nilai gizinya mudah diserap tubuh. Gak cuma penyembuhan penyakit, penyembuhan luka pun akan jadi lebih cepat dengan konsumsi sarang burung walet lho! 

Yuk, mulai rutin konsumsi sarang burung walet seperti NEW Fit with Realfood Forever Bright, New Forever Young, New Forever Young+, dan New Hair Power dengan formula baru yang lebih canggih lagi! Seperti Forever Bright yang kini diperkaya dengan niacinamide untuk mencerahkan kulit, bener-bener definisi minum skincare deh. 

Lalu ada Forever Young & Forever Young+ yang sekarang vegan-friendly nih! Kalau dulu menggunakan kolagen sapi, kini keduanya hadir dengan marine collagen yang tidak terbuat dari bahan hewani maupun turunannya. Spesial untuk Forever Young+, diperkaya juga dengan selenium dan vitamin A. Makin mantap aja nih produksi kolagennya. 

Dan buat kamu si penggila rambut, hair Power kini diperkaya dengan biotin supaya rambut dan kuku kamu tumbuh lebih kuat dari akarnya! Biotin juga bagus lho untuk kesehatan kulit. Jadi, Fit with Realfood mana nih yang mau kamu rutinin minum?

Artikel Terkait Lainnya: