manfaat teh hijau

Manfaat teh hijau tidak hanya untuk kesehatan tubuh tetapi juga untuk kecantikan kulit wajah. Sederet khasiat teh hijau tidak terlepas dari banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti vitamin E, vitamin C,  kalsium, magnesium, hingga antioksidan polifenol dan epigallocatechin gallate (EGCG).

Untuk mendapat manfaatnya, Realfoodfam bisa mengkonsumsinya langsung sebagai minuman, menjadikan teh hijau sebagai masker wajah, atau menggunakan produk perawatan kulit wajah yang mengandung ekstrak teh hijau. Yuk, simak apa saja manfaat teh hijau untuk kecantikan, berikut ini:

1. Meredakan Kemerahan dan Iritasi

Teh hijau memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat membantu menenangkan kulit yang kemerahan dan iritasi. Polifenolnya yang tinggi dapat membantu mengurangi iritasi, kemerahan, dan pembengkakan pada kulit. Realfoodfam juga bisa mencoba mengaplikasikan teh hijau pada kulit wajah yang memiliki luka kecil dan luka bakar akibat sinar matahari berlebih.

2. Mencerahkan Kulit

Vitamin C yang terkandung dalam teh hijau dapat menghambat produksi melanin pada kulit. Dengan begitu, teh hijau mampu memudarkan noda hitam, meratakan warna kulit, serta mencerahkan kulit. Selain itu, teh hijau juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu Realfoodfam yang ingin mendapatkan kulit yang segar dan bercahaya secara alami.

3. Melembapkan Kulit

Manfaat teh hijau selanjutnya yaitu dapat melembapkan kulit. Hal ini karena vitamin E yang terkandung pada teh hijau berfungsi untuk menutrisi, menjaga hidrasi, dan melembapkan kulit wajah. Dalam satu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Dermatology and Therapy, menyatakan bahwa selain meningkatkan kelembapan kulit wajah, teh hijau juga mampu mengurangi kekasaran kulit.

4. Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat pada kulit wajah seringkali menyebabkan luka sehingga menimbulkan bekas jerawat. Hal ini tentu saja bisa mengganggu penampilan kulit wajah. Untuk mengatasi secara alami, para peneliti mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi atau mengoleskan teh hijau atau ekstrak teh hijau pada kulit wajah dapat membantu memperbaiki kemerahan dan kulit yang teriritasi karena jerawat.

5. Mencegah Penuaan Dini

Teh hijau kaya akan bahan kimia epigallocatechin gallate (EGCG), yaitu salah satu senyawa katekin yang paling kuat. Bahan kimia ini bersifat antioksidan yang mampu meremajakan sel-sel kulit yang mulai menua. Antioksidan pada teh hijau juga dapat melawan dan mencegah penuaan dini sehingga kulit wajah terlihat lebih cerah dan sehat.

Tidak hanya itu saja, manfaat teh hijau dapat membuat kulit wajah terlihat awet muda. Pasalnya teh hijau mengandung vitamin B2 yang mampu mempertahankan kadar kolagen sehingga kulit wajah menjadi kencang.

6. Mengurangi Sebum Berlebih

Ada banyak faktor mengapa kulit wajah memiliki sebum berlebih, mulai dari faktor genetik, memiliki pori-pori yang besar, perubahan cuaca, hingga hormon yang tidak seimbang. Untuk mengurangi produksi sebum yang berlebih dan mengobati jerawat secara alami, Realfoodfam bisa mencuci muka dengan air teh hijau.

7. Mencegah Kanker Kulit

Sifat antioksidan pada epigallocatechin gallate yang terdapat pada teh hijau ternyata mampu melawan radikal bebas yang membahayakan tubuh sehingga menyebabkan kerusakan sel, termasuk kanker kulit. Kekuatan pada antioksidan senyawa tersebut dapat membantu memperbaiki kerusakan DNA yang disebabkan oleh sinar UV dari matahari sehingga melindungi Realfoodfam dari kanker kulit.

8. Mengatasi Jerawat

Teh hijau bersifat anti-inflamasi, antimikroba, dan antioksidan yang membuatnya ampuh untuk mengatasi jerawat dan kulit berminyak. Kandungan polifenol pada teh hijau juga dapat mengurangi kelebihan minyak penyebab jerawat. Selain itu, kandungan tersebut juga efektif merusak membran bakteri sehingga berguna untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

9. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Manfaat teh hijau untuk kecantikan lainnya yaitu dapat melindungi kulit wajah dari sinar UV. Pasalnya, terlalu sering terkena paparan sinar UV menimbulkan berbagai permasalahan kulit, seperti keriput, pigmentasi, hingga garis-garis halus. Adanya kandungan asam tanat dan theobromine pada teh hijau mampu menghilangkan rasa sakit dan membantu menyembuhkan kulit yang rusak akibat terbakar sinar matahari.

10. Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati dan Kotoran

Jika ingin eksfoliasi kulit wajah secara alami, Realfoodfam bisa menggunakan teh hijau. Pasalnya, teh hijau mampu mengangkat sel kulit mati dan kotoran diwajah karena adanya kandungan vitamin C di dalamnya. Realfoodfam bisa menjadikan teh hijau sebagai masker wajah agar wajah lebih sehat dan bersih.

Itulah beragam manfaat teh hijau untuk kecantikan kulit wajah yang perlu Realfoodfam ketahui. Berbagai penelitian membuktikan bahwa teh hijau memiliki khasiat untuk kulit wajah dan kesehatan tubuh. Jadi, Realfoodfam tidak perlu khawatir karena teh hijau aman dikonsumsi maupun digunakan selama dalam batas normal.

Artikel Lainnya: