cara mengatasi mata kering

Mata kering atau disebut juga sindrom mata kering adalah kondisi mata yang tidak dapat menghasilkan air mata sehingga terasa kering dan tidak nyaman. Beragam cara mengatasi mata kering sering kali dilakukan orang, tapi ternyata, cara mengatasi mata perih dan kering harus disesuaikan dengan penyebabnya lho. Simak di sini untuk mengetahui tanda-tanda mata kering dan , penyebab mata kering, dan cara menjaga kesehatan mata

Tanda-tanda Mata Kering

Berikut ini adalah tanda-tanda mata kering yang paling umum terjadi: 

  • Mata terasa perih 
  • Mata memerah
  • Mata terasa lebih sensitif terhadap cahaya
  • Sensasi kesat atau berpasir 
  • Sensasi panas, gatal, atau perih menyengat
  • Terasa ada yang mengganjal 
  • Pengelihatan kabur 
  • Mata terasa lelah dan berair tidak bisa dikontrol

Jika kamu mendapati kondisi mata seperti ini, ada baiknya kamu segera mencari tahu penyebab dan cara mengatasi mata dengan kondisi tersebut. Jika tidak segera diatasi, kondisi ini dapat menyebabkan peradangan, nyeri, bisul, bahkan luka di kornea mata. Bahkan pada kasus tertentu, mata kering terlalu parah dapat menyebabkan hilangnya kemampuan melihat sebagian. Yuk, cari tahu penyebab mata kering!

Penyebab Mata Kering

1. Perubahan Hormon 

Hormon androgen merangsang produksi air mata, sehingga penurunan hormon androgen dapat menyebabkan mata kering terutama pada ibu hamil. Mata kering ini akan terus berlangsung bahkan setelah melahirkan dan menyusui. Penting untuk ibu hamil menggunakan cairan pelumas mata khusus sebagai cara mengatasi mata kering.

2. Proses Penuaan

Mata kering akan sering dialami oleh orang lanjut usia karena berkurangnya produksi air mata dan kehilangan elastisitas kelopak mata yang dapat meratakan air mata di seluruh bola mata. Kunjungi dokter mata untuk memberikan perawatan ekstra sebagai cara mengatasi mata kering pada lanjut usia. 

3. Kondisi Medis 

Kondisi medis tertentu dapat memberikan dampak pada kemampuan produksi air mata seperti diabetes, rheumatoid arthritis, lupus, skleroderma, sindrom sjogren, gangguan tiroid, kekurangan vitamin A, bell’s palsy, alergi, dermatitis kontak, dan HIV. Tentu saja cara mengatasi mata ini yang akan kamu lakukan harus dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu ya!

4. Pengaruh Obat-obatan

Banyak obat yang dapat mengurangi produksi air mata, seperti obat yang berhubungan dengan alergi dan flu seperti antihistamin dan dekongestan. Selain itu isotretinoin, obat hipertensi, pil KB dan terapi hormon, antidepresan, antipsikotik, dan obat penyakit parkinson dapat membuat mata kering. Konsultasikan ke dokter jika kamu mengonsumsi obat ini dan mintalah cara mengatasi mata tersebut atau setidaknya meminimalisir mata kering. 

5. Lingkungan dan Aktivitas

Terkadang, faktor lingkungan bisa saja menjadi penyebab mata kering seperti debu, asap, angin kencang, matahari, cuaca cering, penggunaan soft lens hingga terlalu lama menatap gadget. Hal ini menyebabkan matamu jarang berkedip dan lapisan mata lebih cepat kering daripada proses pelumasan. Nah, kalau karena ini cara mengatasi mata lelah cukup mudah lho! 

Cara Mengatasi Mata Kering 

Simak cara mengatasi mata kering yang bisa kamu lakukan di rumah agar mata terasa lebih lembap dan nyaman. 

1. Obat Tetes Air Mata Buatan

Cara mengatasi mata kering paling cepat adalah dengan menggunakan obat tetes mata bertuliskan “air mata buatan”. Tidak perlu menggunakan obat tetes mata yang dapat menghilangkan kemerahan, coba gunakan obat tetes air mata buatan terlebih dulu. Ada bentuk tetes, salep, hingag gel. Semakin kental teksturnya, biasanya akan membuat mata terasa lebih lembap. Cairan ini akan melumasi mata sehingga tidak mudah terasa kering. Kamu bisa menggunakan hingga 4 kali sehari atau sesuai anjuran dokter. Sedangkan tekstur gel dan salep sebaiknya digunakan di malam hari karena bisa mengaburkan pengelihatan bahkan menyebabkan sulit membuka mata. 

2. Kompres Hangat 

Cara mengatasi mata lelah dan kering selanjutnya adalah dengan mengompres mata dengan kompres air hangat atau eye mask yang bisa dihangatkan. Biarkan mata terkompres selama 5 menit untuk mengurangi gejala mata kering dan mengurangi mata lelah. Hindari mengompres mata dengan katung teh karena bisa menyebabkan iritasi. 

3. Konsumsi Suplemen Omega-3 

Omega-3 tidak hanya bagus untuk kesehatan jantung tapi juga membantu meringankan gejala peradangan di tubuh. Dengan begitu, konsumsi suplemen omega-3 dapat bekerja sebagai salah satu cara mengatasi mata kering yang membandel lho! 

4. Istirahatkan Mata Sejenak 

Terus menerus beraktivitas menggunakan mata kering justru akan membuat mata terasa lebih sakit. Hentikan aktivitas dan istirahatkan mata sejenak. Kamu juga bisa mandi atau mencuci wajah agar mata terasa lebih segar dan bisa jadi menjadi cara mengatasi mata perih dan lelah sementara. 

5. Konsumsi Vitamin A 

Pada dasarnya, mata memerlukan gizi yang cukup terutama Vitamin A. Vitamin A akan membantu menutrisi area mata dan mencegah kerusakan pada mata sehingga ini bisa dibilang sebagai salah satu cara mengatasi mata lelah.

6. Operasi Sumbatan Air Mata 

Salah satu cara mengatasi mata lelah dan kering paling ampuh adalah dengan mengunjungi dokter spesialis mata. Jika sindrom mata kering yang diderita sudah cukup berat, dokter mata akan memasang sumbatan pada saluran air mata (puncta) agar dapat mencegah air mata mengering terlalu cepat. Sumbatan ini ditutup sementara dengan silikon atau menggunakan laser untuk hasil yang permanen.

Buat kamu yang punya mata kering dan sedang mencari cara mengatasi mata kering ataupun yang matanya normal-normal aja, yuk rutin konsumsi vitamin A agar mata tetap sehat. Gak perlu dengan nyemilin wortel karena Realfood punya solusi yang lebih enak dan segar, yaitu Fit With Realfood Bright Sight! Kombinasi sarang burung walet yang sehat, kandungan gula alami yang menyegarkan, dan Vitamin A akan bantu jaga kesehatan matamu lho. Yuk, cek sekarang juga!

Artikel Terkait Lainnya: