7 Alasan Kenapa Harus Beli Produk Lokal, Banyak Untungnya!

19 Juni 2020
kenapa harus beli produk lokal

7 Alasan Kenapa Harus Beli Produk Lokal, Banyak Untungnya!

Ada banyak alasan kenapa harus beli produk lokal lho, Realfoodfam! Kenapa harus beli produk lokal, memangnya produk lokal lebih baik? Apa alasan dan keuntungan beli produk lokal? Dalam beberapa tahun terakhir, kebangkitan produk dan industri kreatif lokal semakin terasa berkat kolaborasi antara entrepreneur dalam negeri dengan pemerintah. Dimulai dari UMKM hingga startup yang bergerak dalam berbagai bidang seperti teknologi, kuliner makanan dan minuman, fashion, dan kategori lainnya yang semakin banyak bermunculan.

Simak 7 alasan kenapa harus beli produk lokal, yang nggak cuma baik untuk diri sendiri di bawah ini, yuk!

1. Keuntungan Beli Produk Lokal Lebih Baik untuk Kesehatan

Keuntungan beli produk lokal adalah lebih baik untuk kesehatan, khusus untuk jenis bahan baku konsumsi. Bahan baku lokal nggak melalui perjalanan yang panjang, Realfoodfam! Misalnya nih, Realfoodfam pergi ke pasar lokal di sekitar area rumah, maka bahan kebutuhan pokok yang dijual umumnya adalah hasil bumi dari petani dan peternak dari daerah Realfoodfam sendiri atau kota tetangga. Nah, jarak dari tempat penghasil bahan baku yang lebih dekat, menjanjikan bahan baku lokal jadi lebih segar untuk diolah dan disajikan hingga ke meja makan, Realfoodfam. 

Dari segi industri produk makanan dan minuman lokal, jarak antara transportasi bahan baku lokal, pengolahan, pemasaran, hingga pendistribusian barang ke konsumen yang lebih singkat, meminimalisir produsen dalam penggunaan bahan pengawet, bahkan tanpa menggunakan bahan pengawet sama sekali, lho! Seperti Realfood Bird’s Nest Concentrate yang dijamin 100% Lokal karena bahan baku sarang burung walet dan bahan-bahan lain yang terkandung di dalamnya berasal dari kekayaan alam Indonesia.

Berasal dari bahan baku lokal berkualitas, Fit with Realfood diproduksi dengan teknologi modern ISO 22000, tanpa tambahan bahan berbahaya seperti pewarna, pemanis buatan, dan pengawet. Realfood dikemas dalam teknologi vacuum cap sehingga awet secara alami hingga 12 bulan dalam keadaan tersegel, tanpa menggunakan bahan pengawet. 

Alasan kenapa harus beli produk lokal selanjutnya, untuk mother earth,

2. Beli Produk Lokal Lebih Ramah Lingkungan

Nggak cuma menguntungkan bagi kesehatan, produk lokal juga dinilai mendukung keberlangsungan lingkungan, Realfoodfam! Stabilitas keanekaragaman hayati Indonesia jadi lebih terjaga karena terhindar dari eksploitasi sumber daya alam besar-besaran dari pihak luar. Transportasi bahan baku, pengolahan, hingga distribusi konsumen yang lebih singkat memangkas perjalanan ribuan kilometer sehingga menghemat bahan bakar dan mengurangi pencemaran udara. 

Mengenai produk lokal ramah lingkungan, Realfoodfam harus check and recheck lagi, nih tentang asal usul bahan baku, kemasan, dan sebagainya. Kalau Realfood 100 % Lokal, Realfoodfam! Kemasan Realfood menggunakan botol kaca ramah lingkungan yang diproduksi sendiri. Botol kaca nggak mengandung bahan kimia berbahaya dan bau menyengat yang dapat terserap ke konsentrat sarang burung walet.

Kesadaran membeli produk ramah lingkungan memang menjadi sebuah langkah etikal sebagai konsumen yang turut bertanggung jawab dalam pelestarian lingkungan. Pada 2015 silam, Nielsen dalam laporannya menyebutkan bahwa 73% konsumen Milenial memilih untuk membayar lebih produk yang berkelanjutan bagi lingkungan, begitu pula 62% Gen Z yang memilih membeli sustainable brand. Ini artinya, konsumen muda nggak cuma menggunakan produk yang hanya baik untuk diri sendiri, melainkan juga sadar untuk berlaku adil terhadap lingkungan. Salut!

Keuntungan beli produk lokal selanjutnya bagus buat kantong Realfoodfam!

Baca juga: 4 Ide Unik Sebagai Bingkisan untuk Teman atau Calon Mertua!

3. Harga Produk Lokal Lebih Murah, Tapi Berkualitas

Masalah kualitas, produk lokal juga nggak kalah bagus dengan produk luar kok, Realfoodfam! Nyatanya banyak produk luar yang bahan bakunya berasal dari Indonesia, seperti produk sepatu dan tas kulit berkualitas, yang ternyata banyak berasal dari pengrajin asal Cibaduyut, Bandung. Indonesia juga menjadi negara pengekspor sarang burung walet terbesar di dunia, seperti dilansir dari ugm.ac.id. Meskipun berasal dari Indonesia, masih banyak orang Indonesia yang belum mengetahui manfaat sarang burung walet yang baik untuk kesehatan. 

Khasiat sarang burung walet juga lebih terkenal di Tiongkok, mengingat asal-usul sejarah sarang burung walet sebagai makanan mewah kaisar Tiongkok sejak ribuan tahun silam. Selain sulit diolah sendiri, harga sarang burung walet dikenal mahal. Tapi kini, Realfood hadir sebagai solusi konsumsi sarang burung walet praktis setiap hari dengan harga terjangkau. Jadi, buat apa beli barang buatan luar negeri yang lebih mahal, namun kualitasnya sama karena bahan baku dan produksinya dari Indonesia juga?

Yang selanjutnya alasan beli produk lokal yang berdampak baik untuk berbagai pihak, untuk komunitas kecil sampai untuk negara, lho!

4. Memberdayakan Komunitas Lokal, Perputaran Bisnis yang Etis

Industri dalam negeri yang menggunakan bahan baku dan sumber daya manusia lokal berarti turut memberdayakan komunitas lokal. Berbagai komunitas lokal mulai dari petani, peternak, produsen, hingga mereka yang turut memasarkan produk diberdayakan untuk mewujudkan sebuah brand lokal. Membeli produk lokal berarti membantu menjalankan etikal bisnis yang adil bagi semua pihak yang terlibat, termasuk membuka lapangan pekerjaan di dalam negeri. Bayangkan kalau ada lebih banyak produk lokal, maka akan berdampak besar bagi kesejahteraan dan perekonomian komunitas lokal. 

Michigan State University pernah menyimpulkan dalam sebuah penelitian, Why Buy Local?, pada tahun 2010 silam, bahwa sekitar 100 Dolar Amerika yang dibelanjakan ke bisnis lokal di area Grand Rapid, Michigan, bertahan sekitar 73 Dolar Amerika dalam perekonomian di area tersebut. Jadi jelas, dukungan konsumen lokal berpengaruh besar untuk menggerakkan komunitas dan perekonomian lokal juga, Realfoodfam!

Menilik tren konsumen, survei juga menunjukkan antusiasme dari golongan milenial dan Gen Z yang cenderung telah menyadari keuntungan membeli produk lokal karena lebih baik nggak cuma untuk diri sendiri, tetapi juga berpengaruh kepada hal-hal yang lebih besar, seperti berdampak positif bagi lingkungan dan sosial. Impactful!

5. Beli Produk Lokal Menunjukan Local Pride yang Lebih Besar

Dilihat dari Deloitte Consumer Insight 2018, minat beli konsumen terhadap brand lokal di Indonesia menunjukkan tren yang positif, termasuk kategori makanan dan minuman dalam kemasan lho, Realfoodfam! Kecintaan memakai produk lokal ini mendominasi hampir di 5 kota besar yang disurvei. Bahkan konsumsi kategori produk makanan lokal mencapai 100%, kecuali kota Jakarta yakni sebesar 97%.

Tren beli produk lokal saat ini juga dipengaruhi oleh sertifikasi Halal yang menjadi pertimbangan penting bagi orang Indonesia untuk membeli produk makanan dan minuman, hingga kosmetik. Seperti Realfood yang telah disertifikasi Halal, begitupula dengan kosmetik lokal untuk menjamin kandungan halal di dalamnya.

Selain itu, maraknya fashion brand lokal menunjukkan bahwa minat pelaku bisnis fashion bertumbuh karena anak muda kini bangga memakai fashion brand lokal. Fashion lokal saat ini naik daun berkat kemudahan pemasaran melalui platform digital, termasuk di antaranya sosial media dan marketplace. Realfoodfam, bangga memakai dan mengonsumsi produk lokal juga, kan?

6. Mendukung Produk Lokal Bersaing di Dalam Negeri

Tren minat beli konsumen Indonesia yang positif terhadap produk buatan dalam negeri memengaruhi kemunculan produk lokal lebih banyak lagi. Dengan kata lain, Realfoodfam berperan besar dalam mendukung produk lokal untuk berkarya dan bersaing, hingga bisa menjadi raja di negeri sendiri. Kalau pasar di dalam negeri sendiri sudah kuat, tentu turut mendorong peluang lebih besar produk lokal untuk berkancah di pasar internasional di masa depan, Realfoodfam!

Baca juga: Pertunjukan Seni Virtual Realfood Gandeng Adinia Wirasti, Bangkitkan Semangat Bhinneka Tunggal Ika

7. Keuntungan Beli Produk Lokal untuk PDB Negara

Alasan kenapa harus beli produk lokal yang terakhir yaitu karena berdampak cukup besar untuk perekonomian negara lho, Realfoodfam! Pada tahun 2015 lalu, subsektor Ekonomi Kreatif menyumbang 852 Triliun Rupiah (7,38%) Pendapatan Domestik Bruto Negara. Seperti dilansir dari website bekraf.go.id, subsektor ekonomi kreatif berupa kuliner (produk makanan dan minuman) menyumbang lebih dari 41,69% PDB ekonomi kreatif, disusul produk fashion, dan kriya. Jadi, beli produk lokal nyatanya juga berpengaruh besar untuk perekonomian negara, Realfoodfam!                                                            

Nah, setelah tahu alasan kenapa harus beli produk lokal, dukung produk lokal mulai sekarang yuk, Realfoodfam!

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars