7 Manfaat Masker Kopi dan Gula untuk Kecantikan Wajah, Mau Coba?

16 Desember 2020
manfaat masker kopi dan gula untuk wajah

Tahukah Realfoodfam kalau kopi juga bisa digunakan untuk perawatan wajah? Dalam secangkir kopi, terdapat sumber antioksidan yang tinggi sekitar 200-550 mg. Antioksidan yang tinggi tersebut menjadikan kopi sebagai bahan masker ataupun scrub yang bisa langsung diaplikasikan ke wajah.

Cara Membuat Masker Kopi dan Gula

Untuk membuat masker kopi dan gula tidaklah sulit karena kedua bahan tersebut hampir selalu ada di dapur kita. Kopi yang digunakan adalah bubuk kopi murni tanpa ada campuran lain. Sedangkan, untuk gula yang digunakan adalah gula pasir berwarna putih. Berikut cara membuat masker kopi dan gula.

  • Campurkan bubuk kopi dan susu.
  • Aduk hingga merata.
  • Oleskan ke wajah secara merata.
  • Biarkan masker kopi dan susu mengering selama 15-30 menit.
  • Bilas air hangat.
  • Lakukan secara rutin kali seminggu.

Manfaat Masker Kopi dan Gula

Penggunaan masker kopi dan gula memang telah teruji dan memiliki manfaat yang baik untuk kulit, khususnya wajah. Penggunaan secara teratur mampu membuat kulit wajah lebih sehat dan terawat.

Apa saja manfaat masker kopi dan gula untuk wajah? Manfaat masker kopi dan gula untuk wajah adalah untuk mencegah pori-pori yang membesar karena dapat mengakibatkan debu, polusi, dan kotoran menempel, sehingga dapat menghambat sirkulasi udara yang seharusnya masuk ke dalam kulit.

Berikut ini berbagai manfaat lain dari masker kopi dan gula untuk kecantikan dan kesehatan wajah.

1. Menyembuhkan Jerawat

Masker kopi dan gula memiliki anti inflamasi dan anti bakteri berfungsi untuk melawan jerawat. Jadi, bagi Realfoodfam yang penyuka kopi, bisa memanfaatkannya juga sebagai salah satu bahan alami perawatan wajah.

2. Mengurangi Dampak Penuaan Dini

Untuk meremajakan kulit, Realfoodfam dapat memanfaatkan masker kopi dan gula ke wajah setiap malam sebelum tidur. Manfaat yang bisa didapatkan adalah untuk mendukung upaya mengurangi munculnya bintik hitam, kerutan halus, dan membuat kulit lebih sehat.

Baca juga: 12 Cara Menghilangkan Flek Hitam Membandel di Wajah Secara Alami

3. Mengurangi Peradangan

Masker kopi yang digabungkan dengan campuran gula memiliki efek anti inflamasi yang dapat mengurangi hiperpigmentasi kulit. Hiperpigmentasi ditandai dengan adanya beberapa bagian kulit yang berubah menjadi gelap.

Hal ini disebabkan karena produksi melanin yang berlebih, peradangan kulit, atau penggunaan obat-obat tertentu yang menghasilkan efek samping pada kulit.

4. Menjaga Kekenyalan Kulit

Manfaat masker kopi lainnya yaitu dapat mempertahankan kulit wajah agar tetap kencang dan kenyal. Meskipun masker kopi dan gula tidak memiliki efek samping seperti masker yang memiliki bahan kimia, patut diwaspadai kemungkinan alergi yang dapat terjadi pada sebagian orang.

Penggunaan masker dari bahan-bahan alami relatif aman dan tidak membuat efek ketergantungan. Realfoodfam bisa memanfaatkan beberapa bahan seperti madu, lidah buaya, tomat, hingga minyak zaitun.

5. Mengurangi Selulit

Masker kopi dan gula dapat berfungsi untuk membantu mengurangi selulit pada kulit. Dengan memanfaatkan kehalusan biji kopi yang dijadikan scrub, dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan melancarkan aliran darah di dalam tubuh.

6. Mengandung Vitamin B3 untuk Meminimalisir Kanker Kulit

Dilansir dari Skin Cancer Foundation, kopi mengandung vitamin B3 atau niacin yang dapat mencegah kanker kulit. Jadi, selain bermanfaat untuk perawatan, masker kopi dan gula juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan.

Baca juga: 11 Cara Menghilangkan Kantung Mata atau Mata Panda Secara Alami

7. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Sebuah penelitian tahun 2015 dari National Center for Biotechnology Information mengatakan bahwa kopi mengandung polifenol yang dapat melindungi kulit dari efek negatif sinar matahar.

Gunakan masker secara teratur setelah beraktivitas di luar ruangan agar kandungan antioksidan dan polifenol dapat terserap ke dalam pori-pori kulit. Selain memanfaatkan bahan-bahan alami seperti campuran biji kopi dan gula akan bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah.

Selain dirawat dari luar, kecantikan juga wajib dijaga dari dalam. Realfoodfam bisa membeli Realfood Beauty+ Package yang terdiri dari Program 12 Hari Realfood Forever Young dengan formula semi concentrate Realfood dan Program 12 Hari Forever Young+ dengan formula fully concentrate Realfood yang dapat membantu menjaga kecantikan kulit, serta memiliki sertifikasi Halal, izin dari BPOM, dan, ISO 22000. Program ini diformulasi secara khusus dengan berbagai kandungan kaya manfaat, salah satunya ialah sarang burung walet dan kolagen yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit.

 

Sumber data:

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4665516/
  • https://www.healthline.com/health/coffee-benefits-for-skin#coffee-face-mask
  • https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/beauty/benefits-of-coffee-for-your-skin/articleshow/35517121.cms
  • https://www.scoopwhoop.com/coffee-scrub-benefits-for-skin/
  • https://www.healthymummy.com/benefits-coffee-scrub/

 

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars