7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Perawatan Kecantikan Kulit Tubuh dan Wajah

28 Oktober 2020
Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Minyak zaitun memiliki segudang manfaat untuk kecantikan wajah. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan dari Harvard University bahwa ekstrak minyak zaitun dapat mengurangi resiko penyakit jantung, mampu menurunkan kolesterol, bersifat antioksidan, dan juga anti-inflamasi.

Selain olive oil, beberapa bahan alami yang banyak digunakan untuk perawatan kecantikan wajah secara alami adalah bunga saffron, susu, lemon, alpukat, lidah buaya, yogurt, madu, dan minyak kelapa. Dikutip dari Healthline, minyak zaitun mengandung vitamin A, D, dan K, serta vitamin E.

Nah, bagi Realfoodfam yang penasaran, kira-kira apa aja sih manfaat minyak zaitun atau olive oil, yuk simak pembahasan berikut yang telah dirangkum dari beberapa sumber!

1. Mengurangi Peradangan dan Kulit Kering

Kandungan vitamin E dan anti-inflamasi mampu mengatasi peradangan yang terjadi pada kulit kita, terutama pada bagian wajah. Selain mengurangi peradangan, minyak zaitun juga mampu mengatasi kulit kering.

Caranya pun sangat mudah, dikutip dari medicalnewstoday.com, Realfoodfam hanya perlu menambahkan 2 atau 3 sendok teh olive oil ke dalam bak mandi dan basahi tubuh secara menyeluruh.

2. Sebagai Penghapus Riasan Make Up

Untuk Realfoodfam yang sering menggunakan make up, penggunaan minyak zaitun dapat berfungsi sebagai penghapus make up dan membersihkan pori-pori wajah dari debu dan kotoran.

Untuk menggunakannya, Realfoodfam bisa mencoba:

  • Menuang beberapa tetes minyak zaitun ke kapas dan usap lembut area wajah secara menyeluruh.
  • Lakukan hingga make up benar-benar bersih lalu bilas dengan air hangat.
  • Setelah itu, keringkan wajah dengan handuk.

Baca juga: Perawatan Sederhana dan Alami Untuk Mencerahkan Wajah Kusam

3. Menghilangkan Bekas Jerawat

Masalah wajah yang sangat mengganggu adalah munculnya jerawat, bila tidak diatasi dengan cara yang tepat justru akan menimbulkan jerawat semakin parah.

Tentunya, Realfoodfam tidak ingin bukan jerawat muncul dan mengganggu penampilan? Jika iya, Realfoodfam bisa mencoba menggunakan minyak oilive oil. Kandungan vitamin E baik untuk memudarkan bekas jerawat sehingga akan berangsur membantu memudarkan.

Cara menggunakannya sangat mudah, pastikan kulit wajah dibersihkan terlebih dahulu sebelum menggunakan minyak zaitun, agar kotoran tidak menumpuk di wajah.

Setelah bersih, oleskan minyak zaitun pada bagian yang terdapat bekas jerawat. Tunggu sekitar 15 menit atau sampai olesan minyak tersebut mengering. Selanjutnya basuh dengan air bersih. Untuk cara lainnya, Realfoodfam bisa menerapkan tips menghilangkan jerawat secara alami.

4. Sebagai Bahan Scrub Wajah

Scrub merupakan salah satu metode untuk mengangkat sel kulit mati agar jaringan sel bisa meregenerasi baru dan membuat kulit wajah lebih sehat.

Caranya dengan:

  • Mencampurkan garam atau gula dengan minyak zaitun. Garam atau gula tersebut berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati.
  • Selanjutnya oleskan pada seluruh bagian wajah secara merata, pijat secara perlahan dan pastikan semua area wajah merasakan pijatan tangan anda.
  • Untuk hasil yang maksimal, anda bisa melakukan hal ini sebanyak 2x dalam seminggu.

5. Meremajakan Kulit

Realfoodfam bisa menggunakan sabun khusus yang terbuat dari ekstrak minyak zaitun untuk meremajakan sel-sel kulit. Perawatan ini bertujuan agar keelastisitasan kulit tubuh dan wajah tetap terjaga dengan baik, sehingga dapat membantu melawan penuaan dini.

Umumnya, semakin bertambah usia, maka tingkat produksi kolagen dalam tubuh akan menurun dan dapat berpengaruh terhadap keelastisan kulit. Oleh sebab itu, anda perlu mengoptimalkannya dengan menggunakan perawatan dengan minyak zaitun.

Cara merawat peremajaan kulit dengan minyak zaitun:

  • Oleskan minyak zaitun pada bagian wajah secara menyeluruh dan tunggu selama 15 menit hingga mengering.
  • Bersihkan wajah dengan air hangat.
  • Lalu, keringkan  dengan handuk bersih.
  • Lakukan setiap malam sebelum tidur hingga terasa manfaatnya.

Perlu diingat bahwa perawatan ini dilakukan jangka panjang dan tidak bisa didapatkan secara instan atau dalam jangka waktu pendek. Bila dalam waktu perawatan terjadi masalah pada kulit tubuh dan wajah, segera konsultasi ke dokter spesialis kulit kecantikan untuk mendapatkan penanganan segera.

6. Menyamarkan Kerutan di Wajah

Vitamin dan antioksidan lain dalam olive oil dapat mengurangi penuaan kulit dan kerutan halus yang muncul. Cara menggunakan olive oil untuk membantu menyamarkan kerutan di wajah adalah:

  • Oleskan minyak zaitun ke area wajah dan dicampur dengan perasan lemon untuk mengatasi area hiperpigmentasi. Perlu diperhatikan bahwa penggunaan lemon secara berlebihan dapat menyebabkan iritasi kulit.
  • Sebaiknya teteskan 1 atau 2 kali saja dan lihat bagaimana reaksinya. Bila merasakan panas dan gatal, segera bilas wajah dengan air hangat.
  • Bila tidak terjadi apa-apa, Realfoodfam bisa memijat area wajah secara lembut dari atas ke bawah selama beberapa kali.

7. Dapat Digunakan Sebagai Masker

Olive oil dapat dicampur dengan berbagai bahan seperti putih telur, madu, atau ground oat yang berfungsi untuk melembutkan dan melembabkan wajah. Untuk penggunaan masker dengan bahan lain, Realfoodfam bisa membaca ulasan 12 Cara Menghilangkan Flek Hitam Membandel di Wajah Secara Alami.

Setelah mengetahui manfaat minyak zaitun bagi kecantikan kulit wajah, lakukan secara teratur. Mengingat minyak zaitun merupakan bahan alami, Realfoodfam.

Artikel lainnya terkait “perawatan kulit wajah”

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars