8 Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit Wajah

28 Oktober 2020
manfaat madu untuk wajah

Madu memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan lho, Realfoodfam! Madu memiliki komposisi air (17%), fruktosa (38%), dan glukosa (31%). Biasanya, madu banyak digunakan sebagai obat alami untuk menjaga daya tahan tubuh. Dilansir dari CNN.com, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa madu sangat efektif untuk membunuh bakteri seperti E. Colli dan Salmonella. Madu juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membuatnya bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Apa manfaat madu asli untuk wajah? Madu asli dapat bermanfaat untuk merawat wajah karena merupakan eksfoliator alami yang dapat menghilangkan kulit kering, kusam, membantu meregenerasi sel-sel kulit, menyembuhkan peradangan kulit, hingga mengatasi permasalahan jerawat.

Masih banyak manfaat madu lainnya, simak khasiat madu bagi kecantikan dan kesehatan kulit wajah berikut ini.

1. Mengurangi Minyak Berlebih & Mencegah Jerawat 

Untuk masalah jerawat dan minyak berlebih di wajah, Realfoodfam bisa menggunakan masker madu untuk mengatasinya. Kandungan nutrisi yang ada akan diserap oleh wajah sekaligus membersihkan wajah dari bakteri.

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Madu berkhasiat untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit wajah dapat meregenerasi sel kulit baru yang lebih sehat dan cerah. Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Hal inilah yang membuat madu sebagai salah satu bahan alami sebagai pencerah kulit.

Baca juga: 7 Langkah Mudah Buat Kulit Nampak Cerah dan Sehat, Tertarik?

3. Memudarkan Bekas Luka

Selain untuk kecantikan, madu juga dapat berkhasiat untuk membantu penyembuhan luka. Bekas luka yang masih terlihat tentu dapat mengganggu penampilan. Realfoodfam bisa mencoba mengoleskan madu asli ke bagian bekas luka setiap hari sebelum tidur dan tunggu hingga mengering selama 10 menit lalu bersihkan dengan air bersih. Cara alternatif lainnya, Realfoodfam bisa mencoba tips menghilangkan bekas luka di wajah berikut ini.

Namun, untuk kasus luka bakar tidak semua bisa diobati hanya menggunakan madu. Hanya untuk luka bakar ringan saja (derajat 1), seperti warna kulit memerah karena gatal dan sengatan sinar matahari. Untuk luka bakar sedang (derajat 2) dan luka bakar berat (derajat 3) harus segera diobati ke dokter.

4. Mampu Melembabkan Kulit

Mengapa banyak produk kecantikan yang menggunakan ekstrak madu sebagai komposisi utamanya? Hal ini dikarenakan enzim yang ada dalam madu dapat dengan cepat meresap ke dalam kulit, sehingga mampu menutrisi kulit dan membuat kelembaban kulit terjaga.

Baca juga: 13 Langkah Mudah Melakukan Makeup Flawles yang Natural

5. Membersihkan Pori-Pori Kulit

Madu mengandung antibakteri, antiseptik, dan juga antioksidan yang membersihkan pori-pori kulit yang kotor dan dapat mengencangkannya kembali. Realfoodfam bisa mencoba menggunakan teknik pemijatan menggunakan campuran madu.

  • Coba campurkan satu sendok madu mentah dengan dua sendok minyak jojoba atau minyak kelapa.
  • Oleskan pada kulit yang bersih dan kering.
  • Lalu, pijat lembut dengan gerakan memutar mulai dari area mata hingga seluruh wajah selama 10 menit.
  • Bilas dengan air dingin.

6. Mengecilkan Pori-Pori Wajah dan Menghilangkan Komedo

Khasiat madu yang tidak kalah pentingnya pada wajah, yaitu dapat mengecilkan pori-pori wajah. Seringkali pori-pori yang besar mengganggu karena kulit menjadi kusam dan tampak kasar. Dengan menggunakan masker madu, Realfoodfam dapat mencegah munculnya komedo.

7. Cara Alami Menghambat Penuaan Dini

Memiliki kulit wajah yang sehat tentu harus diupayakan. Antioksidan alami yang ada dalam madu membantu mengontrol kerutan dan garis halus di wajah. Dengan begitu, Realfoodfam bisa menghambat penuaan dini dan membuat wajah menjadi lebih awet muda.

8. Dapat Mengatasi Bibir Kering dan Pecah–Pecah

Bibir kering dan pecah-pecah terkadang bisa munculnya karena kurangnya kelembaban. Realfoodfam bisa mencoba mengoleskan madu langsung pada permukaan bibir yang pecah-pecah. Selanjutnya diamkan selama kurang lebih sekitar 15 menit. Lalu, bilas dengan menggunakan air bersih.

Nah, itulah beberapa manfaat madu untuk wajah. Realfoodfam bisa mencoba Program Beauty+ Package dari Realfood yang menggabungkan Forever Young dan Forever Young+ untuk menjaga kulit tetap sehat dan bernutrisi. Dengan begitu, impian untuk memiliki kulit yang kencang dan bebas dari kerutan bisa didapatkan.

Program dari Realfood diformulasi dengan berbagai kandungan bermanfaat, termasuk ekstrak sarang burung walet yang diperkaya ekstra kolagen yang bermanfaat bagi kecantikan. Formula ini sudah melalui serangkaian uji coba oleh para ahli untuk mendapatkan manfaat terbaiknya dan juga sudah memiliki izin dari BPOM, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Artikel lainnya terkait “perawatan kulit wajah”

 

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars