Mau Terlihat Awet Muda? Ini 5 Rahasianya

04 Agustus 2020
cara agar awet muda

Pernahkah Realfoodfarm menemukan wajah orang-orang yang selalu terlihat lebih muda dibandingkan usia aslinya. Bagaimana rahasianya agar tetap awet muda?

Pada dasarnya, proses penuaan adalah hal yang pasti terjadi. Namun, bagaimana bisa seseorang tidak terlihat menua sesuai umurnya?

Rahasianya adalah dengan menjalankan gaya hidup sehat dengan baik agar fungsi organ-organ dalam tubuh tetap bisa beregenerasi dengan baik. Karena ini adalah kebiasaan, jadi tidak bisa didapatkan dalam waktu singkat, melainkan butuh proses jangka panjang untuk melihat hasilnya. Berikut adalah cara paling alami dan sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga penampilan tetap awet muda.

1. Kurangi Junk Food

Tahukah Realfoodfam apa itu junk food? Junk food adalah makanan yang rendah gizi karena hanya mengandung lemak jahat, minyak, garam, dan gula dalam takaran yang tinggi tanpa adanya serat bernutrisi. Bahkan, junk food juga mengandung pemanis, perasa, serta pemanis buatan. Makanan jenis ini juga dapat dengan mudah disajikan dengan instan. Walaupun cepat dalam penyajiannya, namun memiliki efek samping yang berbahaya jika terlalu sering dikonsumsi.

Dilansir dari kemkes.go.id, bahaya junk food secara jelas dipaparkan karena dapat meningkatkan kolesterol, penyebab diabetes, memicu resiko penyakit jantung, merusak ginjal, serta penyakit gangguan hati (liver).

Jadi, jangan sampai tergiur hanya karena kenikmatannya tapi mengabaikan pola hidup sehat yang akhirnya justru dapat membahayakan kesehatan

2. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur untuk Mencegah Penuaan Dini

Kandungan yang terdapat dalam buah dan sayuran bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Realfoodfam bisa mencoba menerapkan pola makan yang sehat dengan memasak sayur-sayuran dan mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin E, seperti buah semangka, alpukat, semangka, tomat, jeruk, wortel, mangga, pepaya, dll.

Meskipun dapat dijadikan jus, konsumsi buah secara langsung lebih baik. Namun, Realfoodfam dapat mengkonsumsi buah langsung ataupun jus buah secara bergantian agar tidak bosan. Selain buah, Realfoodfam juga dapat mengonsumsi sayur-sayuran hijau yang mengandung sumber nutrisi dan berbagai mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Sebagai tambahan, mengkonsumsi kacang-kacangan dan susu juga dapat membantu memenuhi semua kebutuhan nutrisi tubuh. Jadi, awet muda bukan hanya didapatkan dari penggunaan produk kecantikan ataupun suplemen saja, melainkan juga tergantung dengan bagaimana Realfoodfam mampu menjaga pola hidup yang sehat.

Baca juga: Cara Alami Mencerahkan Kulit Tubuh yang Kusam Hanya Dalam 30 Hari

3. Memakai Tabir Surya

Sinar UV memiliki dampak buruk jika terus-menerus mengenai kulit, apalagi saat Realfoodfam selalu beraktivitas di luar ruangan yang menyebabkan kulit terpapar sinar UV  secara langsung. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memakai tabir surya saat harus berada di luar. Cara ini efektif untuk mengurangi dampak buruk sinar ultraviolet untuk kulit. Bila tidak dilakukan, jangan kaget bila nanti warna kulit akan berubah menjadi lebih gelap.

4. Jauhi Stres Juga Dapat Membuat Wajah Tampak Awet Muda

Stres merupakan salah satu penyebab terjadinya penuaan dini. Hal ini dikarenakan hormon dalam tubuh dapat memicu munculnya radikal bebas. Proses ini bisa terjadi karena terlalu banyak hal-hal negatif yang dipikirkan, akibatnya dapat membuat seseorang sulit beristirahat atau tidur pada malam harinya.

Menurut penelitian ilmiah yang bersumber dari Pubmed.ncbi.nlm.nih.gov dengan judul Tissue regeneration: Impact of sleep on stem cell regenerative capacity, mengatakan bahwa “Sewaktu tidur, jaringan sel-sel tubuh dapat meregenerasi dan memulihkan tulang, kulit, dan usus”.

Itulah sebabnya mengapa dianjurkan untuk tidur minimal 8 jam agar tidak mengganggu proses metabolisme tubuh. Disarankan juga untuk mempelajari bagaimana cara mengelola stres dengan benar agar kondisi pikiran tetap stabil.

5. Coba Terapi Pijat Wajah

Bila masih mengalami stres, tidak ada salahnya untuk mencoba memijat lembut di area sekitar mata, yakni pada bagian atas sekitar alis dan bagian pelipis mata. Cara ini akan membantu mengendurkan otot-otot wajah yang tegang.

Cara lainnya bisa juga dengan memijat di area sekitar kuping, dahi, dan juga bagian kepala. Coba pejamkan mata dan rasakan di mana titik yang sakit, lalu pijat selama 15 menit. Selain untuk mengendurkan otot, fungsi lainnya adalah untuk memperlancar aliran darah di wajah.

Jika ragu untuk melakukannya sendiri, Realfoodfam bisa pergi ke tempat refleksi yang yang sudah memiliki izin resmi. Jangan lupa untuk istirahat yang cukup, untuk memulihkan kondisi pikiran.

Baca juga: Alami dan Berkhasiat, Beginilah Cara Mudah Basmi Jerawat

6. Kendalikan Emosi 

Di balik padatnya kesibukan sehari-hari, terkadang membuat diri kita stres dan lupa untuk membahagiakan diri sendiri. Berbagai emosi negatif seringkali hadir tanpa disadari. Dan bila terus disimpan, dapat membawa dampak negatif. Tidak hanya mempengaruhi pikiran, tapi juga dapat mempengaruhi kondisi fisik seseorang.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasinya? Cara paling sederhana ialah dengan bersyukur dan mau memaafkan. Kebahagiaan bisa didapatkan dengan bersyukur dengan apa yang dimiliki sekarang.

Tersenyum bahagia akan memancarkan aura positif yang bisa dirasakan oleh orang sekitar. Hal inilah yang akan membuat seseorang jauh terlihat lebih muda dibandingkan umur aslinya.

Nah, jadi sudah tahukan apa yang harus dilakukan dari sekarang? Yuk, mulai biasakan merawat diri agar tetap terlihat awet muda.

 

Sumber referensi:

http://promkes.kemkes.go.id/ketahui-bahaya-terlalu-sering-mengonsumsi-junk-food

 

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars