9 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

21 April 2021
manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh

Kurma termasuk salah satu buah yang memiliki beragam khasiat untuk kesehatan karena mengandung kadar gula alami yang tinggi. Terlebih bagi Realfoodfam yang sedang berpuasa, saat berbuka dan mengonsumsi kurma dapat membantu mengembalikan energi yang hilang.

Hal ini dikarenakan selama berpuasa, kadar glukosa dalam tubuh sebagai sumber energi terus berkurang. Dengan bantuan hormon insulin dan glukagon, tubuh bisa menyeimbangkan kadar glukosa melalui makanan yang dikonsumsi.

Di dalam buah kurma, mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, dan asam nikotinat yang memiliki kandungan gula sebesar 44% - 88%, lemak 0,2% - 0,5%, protein 2,3% - 5,6%, dan serat 6,4% - 11,5%.

Lalu, apa saja manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Meningkatkan Energi

Manfaat kurma yang paling utama adalah untuk meningkatkan energi karena buah kurma mengandung kandungan gula, glukosa, dan kalori yang tinggi. Dalam 100 g buah kurma mengandung 281,5 kcal yang dapat memenuhi kebutuhan energi harian. 

2. Menurunkan Kolesterol 

Menurut penelitian oleh TA Al Alwan pada tahun 2020, buah kurma yang memiliki kandungan serat makanan menunjukkan penurunan kadar kolesterol yang cukup signifikan. Realfoodfam bisa mengkonsumsi 1 sampai 2 buah kurma setiap hari untuk mendapatkan khasiatnya.

3. Melancarkan Proses Persalinan  

Zat tanin dan oksitosin yang terkandung dalam buah kurma tersebut mampu membantu mempercepat proses kontraksi, mempercepat proses pembukaan, hingga mencegah agar ketuban tidak mudah pecah.

Bagi ibu hamil, disarankan mengonsumsi 6 buah kurma secara rutin setiap hari selama 1 bulan sebelum dari perkiraan tanggal melahirkan.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak agar Tidak Mudah Sakit

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang 

Buah kurma sendiri kaya akan magnesium, kalsium, vitamin B, zinc, asam folat yang baik untuk kesehatan tulang. Dalam 100 gram buah kurma mengandung 2,5 g protein. 

Fungsi protein yang terkandung di dalamnya dapat memperkuat antibodi dan merawat sel pada sistem jaringan organ tubuh. 

5. Menjaga Gula Darah

Buah kurma memiliki rasa manis alami, sehingga tidak perlu tambahan pemanis lain saat mengonsumsinya. Buah ini mampu menjaga kadar gula darah agar normal. Untuk tensi darah normal berkisar antara 70 - 140 mg/dL. 

6. Meningkatkan Kesehatan Otak  

Studi tahun 2016 pada jurnal Neural Regeneration Research, menemukan manfaat kurma untuk menjaga kesehatan otak. Kandungan antioksidan flavonoid mampu mengurangi resiko kerusakan otak, seperti alzheimer yang dapat menurunkan daya ingat. 

Baca juga: 8 Vitamin Terbaik untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

7. Menyeimbangkan Berat Badan

Salah satu dari manfaat kurma untuk kesehatan adalah sebagai makanan alami penunjang kebutuhan diet. Kandungan zat besi, serta, dan kalorinya cukup tinggi untuk membuat Realfoodfam dapat tetap kenyang walaupun hanya mengonsumsi 100 gramnya saja atau setara dengan 7 buah kurma. 

8. Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat buah kurma berikutnya adalah untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh. Dengan tingginya kandungan serat dan fenolik yang ada di dalam buah kurma dapat mencegah masalah diare dan juga sembelit.

9. Membantu Merawat Kulit  

Kandungan vitamin tinggi dari buah kurma berkhasiat untuk menutrisi kulit. Realfoodfam yang memiliki masalah kulit seperti jerawat atau ingin agar kulit terlihat segar bisa mengonsumsi buah manis ini. 

Kandungan vitamin A dan vitamin C bermanfaat mengurangi pertumbuhan melatonin, sehingga meningkatkan elastisitas kulit. 

Itulah berbagai khasiat buah kurma untuk kesehatan tubuh. Agar membantu Realfoodfam lebih aktif dan tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa, Realfoodfam bisa menambahkan Program 12 Hari Realfood Ever Glow+ yang diformulasikan dengan ekstrak kurma lebih banyak untuk membantu Realfoodfam mendapatkan energi tambahan agar bisa melakukan berbagai aktivitas padat setiap hari.

Program ini dibuat dari berbagai bahan alami yang menyehatkan, salah satunya adalah formulasi sarang burung walet yang sudah terkenal khasiatnya bagi kesehatan. Untuk membelinya, Realfoodfam bisa langsung memesannya di sini.

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars