Yuk, Kenali 3 Manfaat Zat Besi Bagi Tubuh

15 Februari 2021
manfaat zat besi bagi tubuh

Zat besi berfungsi untuk membantu memproduksi sel darah merah secara alami. Bila seseorang kekurangan zat besi, maka seseorang lebih rentan terkena anemia.

Anemia merupakan suatu kondisi di mana sel darah merah yang diproduksi dalam tubuh sangat sedikit sehingga dapat menyebabkan organ-organ dalam tubuh kekurangan oksigen. Nah, ada beberapa gejala anemia yang perlu diketahui di antaranya:

  • Nafas terasa sesak.
  • Merasa pusing.
  • Kulit tampak pucat.
  • Jantung berdetak lebih cepat.

Pria dewasa dengan usia 19-50 tahun direkomendasikan agar memenuhi kebutuhan zat besi sebesar 8 mg per hari.

Untuk perempuan dengan usia 19-50 tahun membutuhkan 18 mg zat besi perhari. Bagi wanita hamil kebutuhan zat besi akan meningkat menjadi 27 mg per hari.

Sedangkan, untuk anak-anak kebutuhan zat besi per harinya dapat disesuaikan dengan usianya.

Anak dengan umur 1 sampai 3 tahun memerlukan setidaknya 7 mg zat besi per hari. Untuk umur 4 sampai 8 tahun memerlukan 10 mg zat besi per hari. Lalu, umur 9 sampai 13 tahun hanya membutuhkan 8 mg zat besi per hari.

Selain mencegah anemia, zat besi juga memiliki manfaat lain seperti:

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh 

Zat besi dalam membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan memenuhi kebutuhan nutrisi zat besi, daya tahan tubuh akan menjadi lebih kuat untuk melawan penyakit dan virus yang dapat menyebabkan pilek ataupun batuk.

Sebagai tambahan, Realfoodfam juga bisa mengikuti Program Realfood Stay Fit yang diformulasikan secara khusus dengan kandungan ekstrak sarang burung walet dan asam amino yang dapat menjaga kesehatan tubuh anak.

Baca juga: 8 Vitamin Terbaik untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

2. Meningkatkan Konsentrasi

Ketika kekurangan zat besi dalam tubuh, seseorang akan lebih mudah lemas dan sulit berkonsentrasi sehingga mengganggu aktivitas harian. Dengan mencukupi kebutuhan zat besi harian, maka tubuh dan pikiran bisa bekerja dengan optimal.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Dilansir dari situs Verywell Health, ada penelitian di tahun 2015 yang menyebutkan bahwa orang-orang yang memiliki zat besi rendah, cenderung mengalami masalah tidur seperti insomnia. Hal ini bisa diatasi dengan banyak mengonsumsi makanan tinggi zat besi

Penyebab Kekurangan Zat Besi

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kandungan zat besi dalam tubuh tidak tercukupi, seperti:

1. Kurangnya Asupan Makanan Mengandung Zat Besi 

Untuk mendapatkan makanan yang kaya akan zat besi, Realfoodfam bisa mengonsumsi telur, daging, atau sayuran berwarna hijau segar seperti bayam dan brokoli.

2. Pendarahan 

Perdarahan termasuk salah satu penyebab seseorang bisa kekurangan zat besi. Kondisi ini umum terjadi ketika tubuh mengalami luka serius, sehingga kehilangan banyak darah.

3. Masa Kehamilan 

Wanita yang tengah mengandung kerap mengalami kekurangan zat besi. Sebab, mereka harus memenuhi volume darah dalam tubuh, sekaligus memenuhi kebutuhan hemoglobin bagi perkembangan sang janin. Oleh sebab itu, para ibu hamil disarankan mengonsumsi makanan tinggi zat besi dan juga makanan yang banyak mengandung asam folat.

Untuk nutrisi asam folat, Realfoodfam bisa mendapatkannya melalui Program Realfood Wonder Mom yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil. Dengan kandungan ekstrak sarang walet dan diperkaya asam folat, mampu menjaga kesehatan bayi dan ibu hamil.

Baca juga: Harus Dipenuhi! Ini 12 Macam Kebutuhan Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil

Rekomendasi Makanan yang Mengandung Zat Besi 

Untuk membantu memenuhi kebutuhan zat besi harian, Realfoodfam bisa mendapatkan sumber zat besi dari beberapa makanan berikut.

1. Kacang Kacangan 

Kacang kacangan termasuk jenis makanan kaya manfaat zat besi. Dengan kata lain, mengonsumsi kacang kacang secara rutin membantu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, seperti kacang polong, kacang kedelai, dan kacang merah.

2. Ikan

Ada berbagai jenis ikan yang diketahui memiliki kandungan zat besi yang tinggi yaitu, ikan salmon, ikan tuna, dan juga ikan sarden yang bisa diolah menjadi menu spesial di rumah.

3. Kerang 

Bila Realfoodfam dan anak tidak memiliki alergi makanan laut, maka kerang bisa dikonsumsi sebagai penghasil zat besi yang tinggi. Dalam 100 gram kerang, mengandung 6,7 mg zat besi. Tidak ada salahnya sesekali menyajikan kerang sebagai menu favoritnya. Realfoodfam bisa memilih menu makanan tinggi zat besi lainnya sebagai variasi menu makanan harian.

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars