korean skin care steps

Cari tahu yuk, Korean skin care steps yang merupakan rahasia Perempuan Korea tampil glowing dan cantik! 

1. First Cleansing 

Perempuan Korea sangat concern terhadap kebersihan kulit wajah, terutama setelah beraktivitas seharian di luar ruangan dan menggunakan makeup. Tahap pertama dalam Korean skin care steps adalah menggunakan First Cleanser dengan menggunakan oil-based cleanser seperti cleansing butter, cleansing balm, atau bi-phase makeup remover. Bisa juga menggantikan tahap pertama Korean skin care steps dengan micellar water untuk Realfoodfam yang tidak menyukai pembersih wajah berbahan minyak. 

2. Second Cleansing 

Setelah membersihkan wajah dengan first cleanser, tahapan Korean skin care steps selanjutnya adalah menggunakan water-based cleanser seperti face wash atau face foam, pokoknya pembersih wajah yang cair. Pembersih ini berguna untuk mengangkat sisa minyak dan kotoran yang tersisa di wajah sehingga wajah benar-benar bersih. Pilih pembersih second cleanser yang sesuai dengan kulit wajah, seperti creamy face wash untuk kulit kering atau gentle face wash untuk kulit sensitif. 

3. Exfoliating Toner 

Setelah membersihkan wajah, Korean skin care steps selanjutnya adalah menggunakan exfoliating toner yang mengangkat sel-sel kulit mati dan mengembalikan pH alami kulit. Jika western skin care steps menggunakan scrub, Perempuan Korea lebih suka menggunakan exfoliating toner dengan kandungan AHA dan BHA rendah. 

4. Hydrating Toner 

Nah, selanjutnya di Korean skin care steps adalah menggunakan hydrating toner setelah menggunakan exfoliating toner agar kulit lebih lembap dan mampu menyerap skincare selanjutnya dengan lebih baik. Biasanya hydratin toner ini bertekstur encer dan mudah menyerap, serta mengandung glycerine, hyaluronic acid, atau centella asiatica untuk kulit yang mudah berjerawat dan sensitif. 

5. Essence 

Saat kulit masih lembap, Perempuan Korea langsung menggunakan essence di dalam Korean skin care steps selanjutnya. Essence sendiri cenderung lebih encer dan mudah menyerap. Kandungan nutrisi essence juga tidak sebanyak serum, sehingga essence biasanya digunakan sebagai booster serum. Korean skin care steps yang satu ini sah-sah saja untuk dilewati, terlebih jika kamu pemilik kulit mudah berjerawat dan tidak sudah kulit terlalu lembap. 

6. Serum

Tahapan terpenting dalam Korean skin care steps adalah penggunaan serum. Serum bisa dipilih sesuai dengan kondisi kulit atau permasalahan kulit. Biasanya, serum digunakan dari tekstur paling ringan (cair) hingga tekstur paling berat (emulsi atau minyak) atau bisa juga dimulai dengan serum bening hingga serum yang berwarna. Namun ada baiknya, fokus menggunakan satu serum yang paling kulitmu butuhkan.

7. Sheet Mask

Hah apa tidak aneh setelah pakai serum malah pakai sheet mask? Itulah uniknya Korean skin care steps. Agar kulit lembap dan glowing cheok-cheok, penggunaan sheet mask setelah serum sangat dianjurkan agar serum terserap sempurna. Tentunya step ini boleh kamu lewatkan lho, dan dilakukan hanya di occasion penting!

8. Moisturizer 

Setelah melalui 7 tahap Korean skin care steps, gunakanlah moisturizer untuk mengunci semua kelembapan. Ada mitos yang salah mengenai moisturizer yaitu kulit berminyak tidak membutuhkan moisturizer atau minyak, padahal faktanya kulit berminyak juga membutuhkan pelembap lho! Pilih pelembap bertekstur gel atau gel-cream untuk kulit berminyak dan krim untuk kulit kering. Selain kulit berminyak dan kering, kamu boleh memilih tekstur apa pun menyesuaikan dengan kebutuhan kulitmu.

9. Eye Cream 

Bagi sebagian orang, eye cream bukanlah sebuah tahapan yang penting, tetapi di Korean skin care steps, eye cream justru sangat penting. Kulit di sekitar mata cenderung lebih tipis dan paling cepat menunjukkan tanda-tanda penuaan. Penggunaan eye cream sangat disarankan atau bisa diganti dengan eye serum dan diulaskan sedikit moisturizer. Biasakan menggunakan eye cream dan lihat hasilnya 10 tahun kedepan!

10. Face Oil atau Sleeping Mask 

Suhu dan udara Korea yang dingin membuat beberapa orang memilih menggunakan Face Oil atau Sleeping Mask di malam hari sebagai ekstra pelembap. Ya, kamu bisa saja kok skip Korean skin care steps yang satu ini, tetapi pakai face oil yang mudah meresap juga gak ada salahnya terutama jika kamu tidur menggunakan AC. Face Oil yang bersifat dry oil akan membantu mencegah kulit dehidrasi dan kering, sedangkan sleeping mask bisa jadi solusi saat kulitmu dehidrasi parah. 

11. Sunscreen

Khusus di pagi hari, tentunya tidak semua orang mau menggunakan face oil yang berat. Dan Korean skin care steps kamu tidak akan berguna jika kamu tidak menggunakan sunscreen untuk perlindungan kulitmu. Pastikan kamu memilih sunscreen yang sesuai dengan jenis kulitmu, atau pilih sunscreen dengan efek glowing untuk tampil glowing bak Perempuan Korea. Kamu juga bisa lho membawa sunscreen dalam bentuk cushion, stick, bedak, atau spray untuk re-apply setiap 2 jam sekali. Pastinya kulitmu akan terlindungi sepanjang hari! 

Nah, itu dia Korean skin care steps yang perlu kamu tahu dan tentunya bisa kamu ikuti. Tapi tenang aja, gak semua Korean skin care steps itu harus kamu ikuti semuanya kok! Kamu bisa memilih tahapan yang menurutmu perlu dan nyaman kamu ikuti. Selain mengikuti tahapan di atas, ada baiknya juga kamu menerapkan pola hidup yang sehat agar kulitmu juga lebih sehat dari dalam. Seperti tidur yang cukup dan berkualitas, mengelola stress, rutin melakukan pijat wajah, mengonsumsi lebih banyak serat dan kolagen seperti Realfood Program Sehat 12 Hari Forever Young & Forever Young+.

Keduanya adalah minuman sarang burung walet yang mengandung kolagen 500mg dan 100mg. Sarang burung walet sendiri mengandung Epidermal Growth Factor dan Asam Sialat yang baik untuk kulit, serta kolagen yang akan membantu menjaga kekenyakan kulit dari dalam. Kalau kamu suka minuman yang lebih ringan, pilih Forever Young dengan kandungan semi-concentrated atau buat kamu yang pingin banget jaga kulit dari sekaran, Forever Young+ bisa jadi investasi nih sambil dibantu skincare yang tepat! 

Yuk, jaga kulit mulai sekarang dengan Korean skin care steps dan Realfood!

Artikel Terkait Lainnya: