manfaat shea butter

Ditengah banyaknya produk skincare bermunculan baik lokal maupun mancanegara, ada banyak bahan utama yang tengah mendapat popularitas seperti centella asiatica, dan juga shea butter. Bahkan shea butter muncul dalam berbagai format produk kecantikan mulai dari krim wajah, masker wajah, sabun mandi, hingga body lotion. Shea butter sendiri merupakan lemak yang diekstrak dari pohon kacang shea yang banyak ditemukan di Afrika Barat. Karena diimpor dari lokasi yang cukup jauh, tak heran harga shea butter di Indonesia tergolong cukup mahal. Manfaat shea butter sangat banyak untuk kecantikan, hal itu dikarenakan nutrisi yang terkandung didalamnya antara lain: 

  • Vitamin A dan E yang membantu pertumbuhan sel kulit dan membuat kulit lebih sehat
  • Asam lemak esensial untuk membantu mneyeimbangkan kadar minyak pada kulit sehingga mencegah minyak berlebih
  • Cetyl ester yang membantu mempertahankan kelembapan kulit

Setelah mengetahui nutrisi didalamnya, lantas sebenarnya apa saja sih manfaat shea butter sehingga bahan ini kerap digunakan dalam produk kecantikan? Berikut 8 kelebihan shea butter untuk kecantikan: 

1. Melembapkan Kulit

Manfaat shea butter yang paling dikenal banyak orang adalah kemampuannya dalam menjaga kelembapan kulit. Karena kandungan pada lemak kacang shea yang terdisi atas asam linoleat, stearat dan oleat. Tak heran jika Realfoodfam mengoleskannya di kulit, minyak alami dari shea butter akan cepat sekali diserap kulit dan membuat kulit lebih lembap seketika. 

2. Meredakan Kulit Gatal

Salah satu penyebab munculnya gatal pada kulit adalah kulit kering yang berlebih. Shea butter memiliki kandungan antiinflamasi yang dapat membantu meredakan gatal pada kulit. Ketika dioles ke kulit, asam lemak shea butter akan menyerap dan meredakan kulit yang gatal. 

3. Mengobati Luka Bakar 

Manfaat shea butter lainnya adalah mampu mengurangi kemerahan dan sebagai pertolongan pad aluka bakar tingkat pertama, misalnya dikarenakan sengatan cahaya matahari. Kandungan antiinflamasi didalmnya dapat mengurangi kemerahan, sementara asam lemak yang ada didalamnya dapat menenangkan kulit yang meradang atau terbakar. 

4. Membantu Meningkatkan Produksi Kolagen

Salah satu kandungan pada shea butter yang sangat baik untuk kulit adalah senyawa triterpen. Bahan ini dapat membantu menghilangkan garis-garis halus dan keriput tidak akan muncul pada usia dini. 

Selain menggunakan produk dengan kandungan shea butter, kamu juga bisa mengonsumsi Realfood Jelly Glutabright yang memiliki kandungan utama sarang burung walet, L-Glutathione, dan Lychee yang mampu meratakan warna kulit dan juga berfungsi sebagai anti aging. Jadi selain menjaga kulit dari luar, kamu juga menjaganya dari dalam. Realfood Jelly Glutabright bisa kamu konsumsi kapanpun dimanapun sebagai salah satu opsi cemilan sehat yang juga dapat membantu menyehatkan kulit dan melawan penuaan dini. 

5. Mengobati Ketombe

Ternyata manfaat shea butter untuk kecantikan juga dapat membant mengobati ketombe pada rambut. Caranya adalah dengan mengembalikan kelembapan pada kulit kepala yang kering. Namun pastikan kamu memilih produk shea butter yang belum melewati berulang-ulang penyulingan ya agar manfaatnya lebih maksimal. 

6. Mengurangi Kemunculan Stretch Mark

Bagi ibu hamil, shea butter juga dapat membantu memudarkan stretch mark dengan cara menghentikan produksi fibroblas keloid, dan mendorong pertumbuhan sel kulit yang sehat. Tak heran banyak sekali produk stretch mark yang memiliki kandungan shea butter didalamnya. Kamu bisa mengaplikasikannya di area perut, paha, dan payudara selama hamil untuk menjaga kelembapan dan meminimalisir munculnya stretch mark.

7. Memperbaiki Kondisi Kulit Tertentu

Shea butter memiliki kandungan cinnamic acid yang berperan sebagai antiinflamasi. Sehingga bisa digunakan untuk membantu memperbaiki kondisi kulit yang sensitif atau bermasalah seperti dermatitis dan rosacea. Kamu bisa memilih produk dengan kandungan shea butter untuk membantu permasalahan kulitmu. 

8. Membantu Mengobati Jerawat

Shea butter kaya berbagai jenis asam lemak. Jenis asam lemak satu ini biasanya bersifat mentah dan tidak dimurnikan sehingga efektif dalam menyembuhkan ruam kulit, kulit kering mengelupas, stretch mark, luka bakar, serta jerawat. Kandungan nutrisi dalam shea butter dapat membantu membersihkan kulit dari minyak berlebih atau sebum yang dapat menimbulkan jerawat. Selain itu, shea butter mengembalikan kelembapan alami kulit dan menguncinya. Dengan begitu, minyak alami pada kulit akan lebih seimbang dan dapat mengurangi munculnya jerawatItulah 8 manfaat shea butter untuk kecantikan mulai dari kulit hingga rambut yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu untuk mulai menggunakan produk berbahan shea butter. Namun perlu diingat bahwa tipe dan jenis kulit setiap orang berbeda, jadi pastikan untuk menggunakannya secara perlahan dan lihat hasilnya dikulitmu dulu ya!

Artikel Terkait Lainnya: