glycolic acid

Seiring dengan bertambahnya usia, kondisi kulit pun mengalami perubahan. Misalnya ditandai dengan munculnya tanda penuaan, kulit terasa tidak lembap. Tak heran belakangan bermunculan produk skincare baik lokal maupun dari luar negeri yang menawarkan rangkaian untuk melawan berbagai masalah kulit. Mulai dari hydrating toner, exfoliating toner, serum, hingga pelembap. 

Baca Juga: Manfaat Salicylic Acid dan Panduan Cara Menggunakanannya

Bahkan belakangan beberapa bahan aktif seperti glycolic acid, mulai bermunculan dalam banyak produk skincare. Lantas apa sih manfaat glycolic acid untuk kulit wajah? Glycolic acid merupakan salah satu senyawa dalam keluarga alpha hydroxy acid (AHA) yang biasanya ditemukan dalam tebu. Bahkan glycolic acid memiliki ukuran yang lebih kecil dari AHA jenis lain, sehingga memudahkannya untuk masuk ke dalam lapisan kulit dan membuatnya lebih kuat dan efektif dibanding asam lainnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat glycolic acid untuk kulit wajah: 

1. Mencerahkan Kulit

Seringnya terpapar sinar matahari dapat menjadi salah satu sebab kulit wajah kusam dan muncul banyak flek hitam. Manfaat glycolic acid diantaranya adalah dapat membantu mencerahkan kulit terutama yang sering terpapar sinar matahari. Senyawa yang ada dalam glycolic acid membantu pengelupasan sel-sel kulit mati yang ada pada permukaan wajah. Sehingga kulitmu akan kembali cerah dan bercahaya. 

2. Mengatasi Masalah Jerawat

Manfaat glycolic acid salah satunya untuk mengatasi permasalahan jerawat. Hal ini biasanya disebabkan karena penumpukkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak yang menyumbat pori-pori. Menggunakan glycolic acid dapat membersihkan wajah dari kotoran dan minyak berlebih. Pastikan untuk menggunakannya secara perlahan jika kamu memiliki kulit wajah yang sensitif

Baca Juga: Bikin Cerah dan Glowing, Ini 7 Manfaat Essence untuk Kulit Wajah

3. Mengecilkan Pori-Pori

Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah pori-pori yang besar. Penggunaan produk mengandung gylcolic acid dapat membantu mengecilkan pori-pori di wajah. Tak hanya itu, produk dengan kandungan glycolic acid dapat membersihkan dan mengurangi munculnya pori-pori sehingga meminimalisir munculnya jerawat

4. Melawan Tanda Penuaan Dini

Manfaat glycolic acid juga dapat membantu melawan tanda penuaan seperti garis halus, kerutan, dan kulit kering. Tanda penuaan biasanya muncul karena kadar kolagen dalam kulit berkurang dan kemampuan kulit memproduksi kolagen dari dalam pun menurun seiring bertambahnya usia. Penggunaan glycolic acid secara rutin dapat membantu meningkatkan kolagen, sehingga dapat mengurangi tanda penuaan dan membuat kulit lebih kencang. 

Baca Juga: Kenali Ciri Penuaan Dini dan Cara Mencegahnya

5. Memperbaiki Tekstur Kulit

Tahukah Realfodfam kalau penumpukkan sel kulit mati merupakan salah satu penyebab tekstur wajah tidak rata? Hal ini menjadi salah satu penyebab kulit wajah kusam, kasar, dan berpori-pori. Dalam hal ini manfaat glycolic acid bekerja dengan membantu pergantian sel kulit dan membantu mempercepat peremajaan kulit. Dengan begitu kulitmu akan lebih sehat, terhidrasi dengan baik, dan lebih lembut. 

6. Menghidrasi Kulit

Walaupun glycolic acid memiliki fungsi utama sebagai eksfoliator, kandungan asam glikolat di dalamnya juga membantu untuk menghidrasi kulit loh, Realfoodfam! Asam glikolat juga bersifat humektan, yakni mampu menarik molekul air untuk menghidrasi kulit. Sehingga bisa juga untuk membantu kulit tetap terhidrasi. 

Selain menggunakan skincare dengan kandungan glycolic acid, kamu juga bisa lho mengonsumsi Realfood Forever Glow yang memiliki kandungan kolagen, kurma dan juga sarang burung walet. Kandungan asam amino, asam sialat dan Epidermal Growth Factor di dalamnya membantu membuat kulit lembap dan awet muda. Kamu bisa mengonsumsinya di pagi hari atau malam hari sebelum makan agar penyerapannya lebih maksimal. 

Cara Menggunakan Glycolic Acid

Glycolic acid termasuk kedalam jenis obat topikal, yang artinya obat ini hanya bisa digunakan untuk pemakaian luar. Hal ini dikarenakan glycolic acid termasuk kedalam bahan aktif seperti retinol, AHA, BHA. Untuk itu pastikan tidak mencampurkan dua bahan aktif dalam waktu yang sama ya. 

Baca Juga: 6 Manfaat Serum Wajah yang Perlu Kamu Tahu! Yuk Mulai Pakai dari Sekarang

Jika kamu baru pertama kali mencoba glycolic acid, kamu bisa memulainya perlahan dengan menggunakannya sebanyak 2-3 kali seminggu. Jika kulitmu tidak menunjukkan reaksi iritasi, kamu bisa meningkatkan frekuensinya menjadi setiap hari. Selain itu juga mulai dengan menggunakan glycolic acid dengan konsentrasi yang rendah terlebih dahulu. Pastikan untuk menggunakan pelembap dan juga sunscreen setiap penggunaan glycolic acid. Karena bahan yang satu ini membuat kulitmu lebih sensitif terhadap sinar matahari. 

Selain menggunakan skincare dari luar, kamu juga perlu melindungi kulit dari dalam dengan mengonsumsi Realfood Forever Glow yang dapat membantu menjaga kelembapan dan meningkatkan produksi kolagen dari dalam dengan kandungan berbagai bahan alaminya. Realfood Forever Glow aman dikonsumsi ibu hamil dan ibu menyusui karena sudah terdaftar BPOM dan juga mengantongi sertifikat HALAL MUI lho. Pastikan untuk mengonsumsi Realfood Forever Glow pagi atau malam hari saat perut kosong ya, Realfoodfam!