detox tubuh

Makanan yang dikonsumsi sehari-hari dapat membuat terjadinya penumpukan racun yang dapat memperlambat kinerja organ penting dalam tubuh. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan cara detox tubuh yang dapat dilakukan dengan cara dan bahan alami. Mengutip dari Healthline, detox adalah intervensi diet jangka pendek untuk menghilangkan racun dari tubuh. Pembuangan toksin atau detox bisa terjadi jika tubuh mendapatkan asupan yang baik dan penuh nutrisi dan melakukan gaya hidup sehat.

Pembuangan toksin tubuh dapat membantu mengeluarkan racun yang kerap menyebabkan tubuh terasa lemas, meringankan kerja organ tubuh penting, dan juga memperbaiki sirkulasi darah. Berikut ini 7 cara detox tubuh yang bisa kamu mulai lakukan untuk menjaga tubuh tetap bugar!

Konsumsi Infused Water

Salah satu cara detox yang paling populer adalah dengan konsumsi infused water. Banyak dikonsumsi pada pagi atau siang hari, cara membuat infused water sangatlah mudah. Hanya perlu merendam buah yang sudah dipotong-potong kemudian mencampurnya ke dalam air putih. Buah yang bisa kamu gunakan sebagai bahan membuat infused water bermacam-macam, mulai dari timun, daun mint, atau lemon. Dengan rutin minum setiap hari, racun dalam usus akan keluar dengan sendirinya melalui urin atau feses. Ternyata tidak perlu bahan yang sulit dicari kan untuk dapat mulai melakukan detox? 

Makan sayuran yang banyak mengandung serat

Mengonsumsi makanan kaya serat dapat memperlancar dan memperbaiki pencernaan. Tak heran kita dianjurkan untuk mengonsumsi buah dan sayur setiap hari. Baik itu dimakan sebagai cemilan, atau dijadikan jus. Dikala sibuk, kamu bisa mengonsumsi jus buah dan sayur sebagai menu sarapan. 

Konsumsi air putih yang banyak

Cara detox tubuh yang mungkin kerap kamu lakukan tanpa disadari adalah dengan minum air putih. Dengan memenuhi kebutuhan air putih sebanyak 2,5 liter per hari nya untuk memenuhi kebutuhan dan menjaga hidrasi tubuh. Pasalnya air putih membantu fungsi ginjal bekerja untuk menghasilkan urin yang membawa racun-racun dalam tubuh keluar. Kamu bisa meningkatkan jumlah konsumsi air putihmu jika ingin memaksimalkan pembuangan toksin pada tubuh

Jauhkan Tubuh dari Kebiasaan yang Tidak Baik

Menjaga tubuh tetap bugar tentunya harus dibarengi dengan kebiasaan baik, misalnya menjauhi konsumsi minuman beralkohol, dan juga merokok. Tak hanya membawa dampak negatif untut ubuh, justru dapat membuat terjadinya penumpukkan racun dalam tubuh dan menyebabkan munculnya berbagai penyakit kronis. Untuk itu pentingnya Realfoodfam melakukan detox tubuh secara alami

Mengonsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Salah satu cara detox tubuh lainnya adalah dengan perbanyak konsumsi makanan tinggi antioksidan. Pada tubuh kita, antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan racun yang masuk ke dalam tubuh. Makanan yang kaya antioksidan seperti buah berry, sayuran, kacang, dan juga teh hijau atau yang biasa disebut flavonoid. Selain itu, makanan yang tinggi antioksidan juga dapat membantu menurunkan berat badanmu lho, Realfoodfam. 

Baca Juga: Makanan Tinggi Antioksidan yang Baik untuk Tubuh

Mengurangi Makanan Olahan

Mengonsumsi makanan olahan terlalu sering dapat menimbulkan dampak negatif untuk tubuh dalam jangka waktu panjang. Mulai dari oenyakit jantung, kanker, hingga diabetes. Pasalnya kandungan yang ada dalam bahan olahan biasanya kaya akan gula, garam, dan pengawet. Dengan mengurangi konsumsi makanan olahan dapat membuat detox tubuh secara alami. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi sayuran atau buah. 

Makan Makanan Tinggi Prebiotik

Menjaga kesehatan usus merupakan salah satu cara detox tubuh yang cukup penting. Karena sel usus memiliki kemampuan untuk melindungi usus dari racun yang berbahaya. Salah satu cara menjaga kesehatan usus adalah dengan mengonsumsi prebiotik. Mengonsumsi makanan kaya prebiotik dapat menjaga sistem kekebalan agar tetap sehat. Prebiotik dapat ditemukan dalam makanan seperti pisang, asparagus, tomat, bawang putih, dan bawang bombay. Cara sederhana lain yang dapat kamu lakukan untuk pembuangan toksin tubuh secara alami adalah dengan mengonsumsi Realfood Cleanse Appletox yang memiliki kandungan sarang burung walet, ekstrak apel, lactic acid dan asam gelugur. Realfood Cleanse Appletox juga mengandung probiotik yang dapat menjaga imun tubuh dan memerangi bakteri pada pencernaan. Kamu bisa mengonsumsinya setiap hari baik pagi, siang, malam ataupun sesudah makan.

Artikel Terkait lainnya: