cara diet alami

Begitu banyak cara diet alami yang bisa kamu lakukan, tapi gak banyak yang memberikan hasil nyata, aman, dan tentunya gak naik turun alias yoyo. Termudah adalah dengan mengurangi jumlah makanan atau melewatkan makan malam. Nyatanya, cara diet alami seperti ini justru tidak bertahan lama dan berbahaya untuk kesehatan jangka panjang lho! Buat kamu yang nyari tips diet dengan aman dan pastinya gak naik turun, ini dia 7 tips untukmu! 

1. Hitung Kebutuhan Kalori Harian 

Cara diet alami pertama yang harus kamu lakukan adalah menghitung kebutuhan kalori harian menggunakan Basal Metabolic Rate (BMR) Calculator. Kebutuhan kalori orang-orang berbeda, tergantung usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, dan tingkat aktivitas. Kalori yang dibutuhkan pria dan wanita berbeda, begitu juga dengan usia, berat badan, dan tinggi badan. Semakin tidak aktif, maka kebutuhan kalori semakin rendah. Setelah mengetahui kebutuhan kalori harian, kamu bisa mengurangi 10-20% kalori untuk cara diet alami yang lebih aman & stabil. 

2. Mengganti Makanan dengan Wholefood

Jika kamu bertanya mengapa hanya mengurangi 10-20% dari total kalori harian, jawabannya ada di sini. Mengganti makanan yang tinggi kalori seperti digoreng, santan, dan fast food dengan wholefood seperti sayur, buah, karbohidrat kompleks, protein rendah lemak yang minim proses pemasakan adalah cara diet sehat alami yang paling aman. Cobalah untuk belajar mengolah makanan dengan cara rebus, kukus, panggang, atau tumis dengan sedikit minyak. 

3. Batasi Konsumsi Gula, Lemak, Minyak, dan Garam

Cara diet alami dengan mengurangi gula, lemak, minyak, dan garam akan memperbaiki kondisi gula darah, tekanan darah, dan tentunya lebih rendah kalori. Hindari konsumsi makanan tinggi gula seperti nasi putih, roti putih, permen, dan minuman tinggi gula. Pilih daging putih seperti ayam, kalkun, dan ikan serta kurangi frekuensi daging merah seperti sapi, babi, dan kambing. Mengurangi garam juga membantu menyeimbangkan tekanan darah lho. Saat melakukan cara diet alami ini, bukan berarti gak boleh konsumsi sama sekali ya, tapi dikurangi. 

4. Lebih Banyak Bergerak 

Selain makanan, cara diet sehat alami adalah dengan meningkatkan aktivitas sehari-hari. Tidak hanya rutin berolah raga setidaknya 150 menit seminggu sesuai dengan arahan World Health Organization (WHO), tetapi juga memperbanyak aktivitas harian seperti memilih menggunakan tangga daripada lift dan berjalan kaki 10.000 langkah. Jangan lupa untuk mulai melakukan angkat beban agar tubuh memiliki otot. 

5. Tidur Teratur dan Berkualitas 

Lho, bukannya di atas menyuruh kita untuk banyak bergerak? Tentu saja cara diet sehat alami yang paling penting adalah istirahat. Sebanyak apapun kamu berolah raga dan mengurangi kalori, kalau tidak istirahat maka tubuhmu akan menghasilkan lebih banyak hormon stress atau lebih dikenal sebagai kortisol. Semakin tinggi kortisol, maka hasrat untuk makan akan lebih tinggi dan membuatmu tidak bisa mengontrol pola makan. Dengan tidur di jam yang sama, bangun di jam yang sama, dan deep sleep cukup, tubuh akan menghasilkan melatonin dan HGH yang membantu penurunan berat badan, serta menghindari produksi kortisol berlebih. 

6. Intermittent Fasting atau Diet Puasa

Cara diet alami yang satu ini cukup mudah kok. Sebenarnya Intermittent Fasting sendiri berarti mengatur jam makan. Berikan jeda 3-4 jam di setiap makan, misalnya makan pagi pukul 7 pagi, makan siang pukul 12 siang, dan makan malam pukul 6 sore. Pastikan kamu tidak mengonsumsi apapun setelah jam 7 malam dan biarkan tubuhmu berpuasa 12 jam. 

7. Seimbangkan Defisit Kalori dengan Refeed Day

Cara diet sehat alami yang paling efektif adalah dengan melakukan diet seimbang yang bisa kamu lakukan jangka panjang. Refeed day adalah hari di mana kamu bisa sengaja makan dengan kalori yang lebih tinggi setelah melakukan defisit kalori, baik dari konsumsi lebih sedikit makanan atau lebih aktif bergerak. Jika kamu memiliki kadar lemak tubuh lebih tinggi dari 20%, maka kamu bisa melakukan refeed day setiap 2 minggu sekali. Jika kamu memiliki kadar lemak tubuh sekitar 10%, kamu bisa refeed day setiap minggu. Ide refeed day yang bisa kamu lakukan: makan all you can eat, makan kue & coklat, minum boba, atau semudah rebahan seharian! 

Nah, mudah kan cara diet alami ini? Pastinya dengan konsistensi, berat badan akan turun sendirinya secara perlahan. Namun, terkadang kamu perlu meningkatkan aktivitas dan setting ulang kalori harian setelah turun berat badan 5-10 kg ya! Pastikan tidak konsumsi kalori kurang dari 1200kcal perhari. Buat kamu yang susah mengurangi kebiasaan nyemil, coba deh ganti cemilan kamu dengan Realfood Jelly Flawless. Beauty jelly pertama dari Indonesia ini hanya mengandung 1g gula dan 5kcal sehingga bisa kamu konsumsi saat harus melakukan diet. Gak cuma bagus untuk tubuh, tapi juga bisa jadi nutrisi kulitmu lho karena mengandung sarang burung walet yang kaya akan kolagen lho! 

Artikel Terkait Lainnya: