kebutuhan kalori per hari

Bagi Realfoodfam yang tengah menjalani diet, kalori seringkali menjadi momok yang menakutkan. Padahal, jika mengetahui kebutuhan kalori harian yang sesuai dan diimbangi dengan melakukan kegiatan fisik, penurunan berat badan bisa lebih efektif. Yuk, simak bagaimana kebutuhan kalori per hari bagi Realfoodfam yang tengah menjalani diet, berikut ini:

Sekilas Tentang Kalori

Sebelum mengetahui tentang kebutuhan kalori harian, sebaiknya kenali dulu apa itu kalori. Kalori adalah suatu unit yang digunakan untuk pengukuran dalam menyatakan jumlah energi dalam makanan. Jumlah kalori pada suatu makanan ditulis dalam satuan kilo kalori (kkal).

Ketika Realfoodfam mengkonsumsi makan dan minum, maka asupan tersebut memberikan energi atau kalori pada tubuh. Energi tersebut kemudian dipakai oleh tubuh sebagai bahan bakar untuk menjalankan berbagai aktivitas. Semakin banyak aktivitas yang dilakukan, tentu saja semakin banyak energi yang terpakai.

Hal ini berlaku sebaliknya, yaitu ketika asupan terlalu besar, dan aktivitas yang dilakukan tidak banyak, maka bisa menambah berat badan. Pasalnya, terdapat kalori ekstra yang tidak terbakar sehingga tubuh menyimpannya dalam bentuk lemak. Dengan begitu, penting bagi Realfoodfam untuk mengetahui kebutuhan kalori per hari.

Menghitung Jumlah Kebutuhan Kalori Harian

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kebutuhan kalori per hari setiap orang. Misalnya, mulai dari jenis kelamin, berat dan tinggi badan, komposisi tubuh, usia, jenis aktivitas fisik harian yang dilakukan, dan lain sebagainya. Jadi, setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda, tergantung kondisi fisik dan juga aktivitas keseharian.

Untuk mengetahui jumlah kebutuhan kalori harian, bisa dihitung menggunakan perhitungan BMR dan tingkat aktivitas seseorang. Rumus yang paling banyak digunakan oleh ahli gizi untuk menghitung BMR adalah Rumus Harris-Benedict, yang menghitung kebutuhan kalori harian berdasarkan usia, berat badan, jenis kelamin, dan tinggi badan.

  •  Untuk laki-laki, rumusnya adalah (88,4 + 13,4 x berat dalam kilogram) + (4,8 x tinggi dalam centimeter) – (5,68 x usia dalam tahun).
  • Sedangkan untuk perempuan, rumusnya yakni (447,6 + 9,25 x berat dalam kilogram) + (3,10 x tinggi dalam centimeter) – (4,33 x usia dalam tahun).

Hasil perhitungan tersebut kemudian dikalikan dengan angka aktivitas harian rata-rata Realfoodfam, yakni berkisar antara 1,2 hingga 1,9 tergantung tingginya aktivitas harian yang dilakukan. Jika jarang melakukan aktivitas fisik, maka angka aktivitas hariannya menjadi rendah.

Ketahui Kebutuhan Kalori Per Hari Bagi Realfoodfam Yang Ingin Diet

Misalnya, seorang perempuan pekerja kantoran berusia 28 tahun dengan berat badan 65 kg dan tinggi 165 cm dengan aktivitas harian tergolong rendah karena rata-rata pekerja hariannya dilakukan sambil duduk. Maka, perhitungan BMR perempuan ini adalah:

(447,6 + 9,25 x 65) + (3,10 x 165) – (4,33 x 28) = 1.439,11 kkal.

Karena perempuan ini termasuk jarang olahraga dan tidak aktif, maka aktivitas hariannya berada di angka 1,2. Jadi, untuk menjaga tubuh tetap bekerja dengan baik, jumlah kebutuhan kalori per hari perempuan ini adalah 1.439,11 x 1,2 = 1.726,932 ~ 1700 kkal.

Hubungan Antara Kebutuhan Kalori Per Hari dan Berat Badan

Dari perhitungan tersebut bisa diketahui jika Realfoodfam ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, penting untuk membakar banyak kalori daripada yang dikonsumsi. Jangan lupa juga untuk meningkatkan intensitas olahraga dan makan makanan berkalori rendah. Bagi Realfoodfam yang  suka ngemil, gantilah cemilan yang menyehatkan dan kaya akan nutrisi.

Cemilan sehat namun minim kalori yang bisa dicoba adalah Realfood Jelly Flawles karena mengandung komposisi 1 gram gula dan kalori kkal per kemasannya. Dengan begitu, meskipun Realfoodfam mengkonsumsinya secara rutin, tidak ada resiko kesehatan, terutama kesehatan gula darah.

Kandungan sarang burung waletnya membuat Realfood Jelly Flawles baik untuk tubuh. Selain itu, ada juga kandungan retinol dan kolagen yang mampu menutrisi kulit dari dalam. Rasanya menyegarkan karena terdapat kandungan elderberry dan pomegranate.

Kini Realfoodfam sudah mengetahui cara menghitung kebutuhan kalori per hari. Cobalah untuk menghitung kebutuhan kalori harian Realfoodfam dan jadikan sebagai acuan untuk membangun pola makan yang sehat dan pola hidup yang aktif. Jangan lupa untuk mengganti cemilan sehat, praktis, dan rendah kalori dengan Realfood Jelly Flawless.

Artikel Terkait Lainnya: