air mawar

Pernah berpikir gak sih kalau air mawar itu kegunaannya banyak banget dan gak cuma dipakai sebagai campuran masker bubuk aja? Well, air mawar punya banyak sekali manfaat seperti melembapkan kulit, antiinflamasi dan juga antibakteri alami lho! Sebenarnya air mawar bisa sekali dimanfaatkan untuk beragam produk kecantikan.

Sebelum membeli air mawar, pastikan kamu tidak asal membeli ya! Di pasaran banyak sekali air mawar yang bukan air mawar murni melainkan air diberi parfum mawar. Produk seperti ini tentunya tidak akan memberikan manfaat untuk kulitmu. Pastikan kamu membeli air mawar organik yang murni tanpa tambahan apapun. Kalau sudah punya air mawar itu, yuk, simak cara menggunakan air mawar yang bisa kamu coba sekarang juga! 

Air Mawar untuk Kompres 

Ya! Air mawar sangat cocok lho digunakan untuk mengompres wajah yang bengkak lho! Kamu bisa merendam kapas dengan air mawar lalu menyimpannya di kulkas dan gunakan untuk mengompres kulit yang bengkak, terbakar, dan sehabis beraktivitas di bawah matahari seharian. Cocok juga nih buat kamu yang punya masalah mata bengkak setelah menangis atau binge watching drakor semalaman! 

Air Mawar sebagai Toner 

Mau hemat? Gunakan saja air mawarmu sebagai hydrating toner! Banyak sekali hydrating toner di luar sana yang menggunakan air mawar dan dibanderol dengan harga yang tinggi, padahal sebenarnya kamu bisa mendapatkan hasil yang sama dengan menggunakan air mawar sebagai hydrating toner lalu lapisi dengan hyaluronic acid serum dan pelembap. Hasilnya kulit lembap dan terasa dingin menyegarkan, terutama karena air mawar mampu menyeimbangkan pH kulit dan membuat pori-pori lebih kencang. 

Air Mawar Sebagai Face Mist? Bisa! 

Yes, kamu juga bisa lho menggunakan air mawar sebagai face mist lho daripada membeli face mist yang berbeda. Biasanya face mist dengan kandungan air mawar akan mengandung glycerin, oleh karena itu kamu bisa menambahkan glycerin atau pakai air mawar as it is! Dijamin segar dan hemat! 

Mixing Medium Menggunakan Air Mawar 

Punya clay mask yang mulai mengering atau masker bubuk? Jangan biasakan campur dengan air putih atau bahkan air keran ya! Kamu bisa mendapatkan manfaat lebih dengan mencampurkan air mawar lho! Selain itu aromanya juga lebih menyenangkan sehingga cocok banget buat kamu pakai saat bersantai. 

Kurangi Jerawat dengan Penggunaan Air Mawar Secara Rutin

Masalah jerawat juga bisa lho kamu selesaikan dengan menggunakan kompres air mawar. Setelah mencuci wajah, tuangkan air mawar di kapas dan gunakan untuk mengompres wajah yang terdapat jerawat. Sebisa mungkin jangan kompres jerawat dalam keadaan super dingin agar tidak terjadi iritasi ya! 

Hair Mist dengan Kandungan Air Mawar 

Pssst! Tahu gak kalau resep DIY yang satu ini dijamin bisa bikin rambutmu lebih shiny dan glowing? Caranya mudah banget, setelah keramas, keringkan rambut dengan cara menepuk handuk pelan-pelan. Setelah setengah kering, semprotkan air mawar ke rambut dan segera gunakan hair oil untuk mengunci kelembapan! Hasilnya rambut lembap tanpa rasa lengket karena air mawar membantu men-dilute dan mendistribusikan hair oil di seluruh rambut. 

Boost Sheet Mask dengan Air Mawar 

Apakah kamu fans berat sheet mask dan harus pakai sheet mask tiap hari supaya glowing bak anak sultan? Well, tambahkan air mawar untuk boost sheet mask kamu! Basahi wajahmu dengan air mawar sebelum menggunakan sheet mask. Air mawar akan meningkatkan kemampuan melembapkan sheet maskmu dan membawa kandungan nutrisi dari sheet mask ke kulitmu, serta memberikan rasa soothing di kulit.

Kurangi Iritasi Sehabis Bercukur dengan Air Mawar 

Setelah bercukur atau melakukan waxing, terkadang kita merasa perih dan kulit menjadi kemerahan. Air mawar mengandung astringent dan antibakterial sehingga sangat cocok digunakan untuk mengurangi kemerahan, gatal, dan iritasi. Kamu bisa gunakan dengan cara menyemprot ke area yang habis dicukur atau dikompres menggunakan kapas. 

Bikin Face Mask Lebih Melembapkan

Iya! Kamu juga bisa lho mencampurkan air mawar ke masker wajah yang sudah berbentuk cair. Jika kamu punya masker yang bersifat hydrating tapi terasa kurang lembap, tambahkan saja air mawar. Atau clay mask terasa terlalu kering untuk kulit keringmu? Air mawar to the rescue

DIY Makeup Finishing Spray dengan Air Mawar

Berbeda dengan Setting Spray yang mengunci makeup, Makeup Finishing Spray adalah face mist yang kamu gunakan setelah menggunakan bedak agar bedak terlihat menyatu dengan kulit. Caranya mudah sekali, campurkan air mawar dan witch hazel di dalam botol spray lalu gunakan setelah menggunakan bedak. Diamkan sesaat hingga kering dan kamu bisa menggunakan makeup selanjutnya atau lanjutkan dengan setting spray! Hasilnya pasti makeup kamu lebih mulus dan halus bak habis dari MUA ternama! 

Bikin Face Oil Lebih Ringan 

Malas menggunakan Face Oil karena terasa berat? Kamu bisa lho campurkan beberapa tetes air mawar dan face oil di telapak tangan, campur hingga merata, dan gunakan di wajahmu agar tidak terasa terlalu berat. Cara ini dikenal dengan cara scrambbled egg yang dipopulerkan oleh beauty guru di Indonesia dan terbukti membuat face oil terasa lebih ringan dan gak lengket! 

Air Mawar Sebagai Parfum 

Hah air mawar sebagai parfum? Ya, buat kamu yang merasa enggan menggunakan parfum dengan kandungan alkohol, air mawar juga bisa kamu gunakan sebagai parfum. Secara alami, air mawar sendiri mengandung aroma mawar, terutama jika kamu menggunakan air mawar organik. JIka aromanya kurang kencang dan tidak tahan lama, campurkan air mawar dengan rose essential oil agar aromanya lebih kuat dan tahan lama. Selain rose essential oil, kamu juga bisa lho mencampurkan aroma geranium, lavender, dan ylang-ylang yang cocok banget dipadukan dengan aroma air mawar! 

Air Mawar Sebelum Menggunakan Lip Balm 

Bibirmu juga butuh perhatian dan perawatan ekstra, salah satunya adalah dengan menggunakan air mawar. Air mawar dipercaya dapat melembapkan dan memberikan tampilan bibir lebih merona lho! Caranya mudah sekali, cukup oleskan air mawar di bibir sambil dipijat lalu aplikasikan lip balm atau petroleum jelly. Voila, you have your soft pink lips

Ternyata banyak sekali ya cara dan penggunaan air mawar ini? Cukup satu botol untuk segala kebutuhan kecantikan sehari-hari! Kamu bisa menggunakan air mawar sehari-hari karena air mawar aman digunakan di semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Air mawar juga tidak perlu diencerkan dan bisa digunakan beberapa kali dalam sehari karena air mawar tidak menyebabkan iritasi bagi mereka yang tidak alergi bunga mawar. Namun, pastikan kamu melakukan patch test sebelum menggunakan air mawar ya karena sebagian orang memiliki alergi terhadap serbuk bunga. Dan tentunya, kamu gak perlu bilas setelah menggunakan air mawar karena air mawar adalah produk alami, selama kamu membeli produk air mawar dengan kualitas terbaik.

Artikel Terkait Lainnya: