jenis rambut

Sebelum Realfoodfam tahu produk perawatan rambut yang cocok, sebaiknya ketahui dulu tipe rambut yang dimiliki. Pasalnya, tiap tipe rambut memiliki cara perawatan yang berbeda-beda. Jika ingin tahu mengenai berbagai jenis rambut dan bagaimana cara merawatnya, berikut ini adalah ulasannya:

1. Lurus

Pada rambut lurus, tidak memiliki lekukan maupun gelombang sama sekali, mulai dari akar hingga ujung rambut. Ada 3 tipe rambut lurus, yakni sebagai berikut:

·  Tipe 1A: Rambut sangat lurus, sehingga ketika ditekuk pun akan kembali seperti semula dan teksturnya halus.

·  Tipe 1B: Dibandingkan dengan tipe 1A, tipe rambut ini cukup lurus dan lebih bervolume.

·  Tipe 1C: Tipe rambut ini tidak dapat ditekuk dan teksturnya cenderung frizzy.

Kelemahan dari rambut lurus adalah cenderung berminyak karena minyak akan lebih mudah mengalir pada batang rambut yang lurus. Oleh karena itu cara merawatnya yaitu dengan menghindari keramas terlalu sering.

Pasalnya, keramas terlalu sering akan memicu minyak berlebih pada kulit kepala. Kemudian, gunakan sampo dan conditioner khusus rambut lurus dan hindari penggunaan produk rambut yang mengandung minyak berlebih.

2. Bergelombang

Seperti namanya, jenis rambut ini adalah campuran antara rambut lurus dan keriting. Teksturnya cukup kasar, diameternya tebal, dan lebih mengembang. Adapun beragam tipe dari rambut bergelombang adalah sebagai berikut:

·  Tipe 2A: Rambut akan lurus mulai dari akar rambut hingga sekitar mata. Mulai dari bawah mata hingga ujung rambut ada gelombang yang tidak beraturan dan longgar.

·  Tipe 2B: Tipe rambut ini memiliki gelombang yang konsisten dan lebih rapat.

·  Tipe 2C: Gelombang pada rambut terlihat paling rapat dan jelas dari mulai akar hingga ujung rambut.

Cara merawat rambut bergelombang yaitu dengan menghindari produk rambut yang berbahan dasar minyak dan krim. Sebagai gantinya, gunakan produk berbahan dasar gel atau mousse ringan untuk mengatur bentuk gelombang tersebut.

3. Ikal

Bagi Realfoodfam yang memiliki rambut ikal, berarti pola rambut yang dimiliki mengikuti pola S. Jenis rambut ini juga memiliki kepadatan yang lebih tinggi sehingga mudah kusut. Di bawah ini adalah beragam tipe dari rambut ikal:

·  Tipe 3A: Bentuk rambut menyerupai spiral longgar dan diameter lingkarnya seperti batang lilin yang besar.

·  Tipe 3B: Rambut memiliki lekukan yang cukup tegas dan tebal serta terlihat ‘kriwil’.

·  Tipe 3C: Bentuk ikalnya kencang dan tegas serta diameternya kira-kira sebesar sedotan.

Cara perawatan untuk rambut ikal yaitu dengan menghindari terlalu sering menyisir rambut karena bisa menyebabkan rambut menjadi kusut dan patah. Hindari penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung silicon dan asam sulfat serta gunakan conditioner tanpa bilas.

4. Keriting

Jenis rambut ini memiliki pola keriting yang konsisten, teksturnya kering dan kasar sehingga mudah rusak apabila kurang kelembapan. Cara merawatnya yaitu menggunakan masker, butter, dan krim deep conditioning untuk menjaga kelembabannya. Adapun berbagai tipe rambut keriting adalah sebagai berikut:

·  Tipe 4A: Bentuk gulungan rambut sangat rapat dan kecil, kira-kira ukurannya sebesar lingkaran sumpit.

·  Tipe 4B: Pola keritingnya berbentuk zig zag atau huruf Z.

·  Tipe 4C: Ini adalah tipe keriting yang memiliki pola melingkar paling rapat.

Itulah ulasan yang menarik tentang berbagai jenis rambut dan bagaimana cara merawatnya. Bagi Realfoodfam yang ingin merawat rambut dari dalam, bisa mengkonsumsi Realfood Hair Power. Ini adalah program kesehatan 12 hari Realfood yang mengandung sarang burung walet dan diperkaya dengan aloe vera dan kolagen sapi.

Realfood Hair Power bermanfaat untuk mengurangi rambut rontok, menstimulasi pertumbuhan rambut, menutrisi rambut agar tidak kering, serta membuat rambut lembut dan berkilau. Selain itu, realfood Hair Power juga dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Artikel Terkait Lainnya: