manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Tak hanya segar dan mampu mencegah dehidrasi, manfaat air kelapa untuk ibu hamil juga sangat bermacam-macam. Air kelapa yang banyak diketahui dapat membantu meringankan sakit perut karena mengandung elektrolit, ternyata juga bermanfaat untuk ibu hamil dan juga janinnya. Pasalnya, air kelapa memiliki banyak kandungan nutrisi seperti protein, serat dan juga kandungan mineral seperti magnesium, kalium, dan juga kalsium. Berikut ini adalah 7 manfaat air kelapa untuk ibu hamil dan juga janin: 

1. Mencegah dehidrasi

Saat hamil sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh agar para bumil tidak dehidrasi. Selain minum air putih, air kelapa juga banyak dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif untuk memenuhi cairan tubuh. Pasalnya mengonsumsi air kelapa dapat mengurangi lemas karena dehidrasi. 

2. Mengurangi mual dan muntah

Mengalami mual dan muntah (morning sickness) selama kehamilan merupakan hal yang wajar dan banyak dialami oleh ibu hamil. Salah satu manfaat air kelapa untuk ibu hamil adalah untuk mengurangi mual dan muntah pada ibu hamil. Hasil penelitian dari Indian Journal of Public Health Research and Development  menyebutkan bahwa air kelapa muda memiliki kemampuan untuk menjaga kadar pH dalam tubuh sehingga air kelapa dapat menetralisir keasaman dalam lambung sehingga mengurangi rasa mual. 

3. Meningkatkan perkembangan janin

Dalam jurnal yang ditulis oleh Advanced Biomedical Research disebutkan bahwa dalam air kelapa terdapat mineral yang memiliki manfaat untuk membantu menurunkan risiko berat badan bayi lahir rendah (BBLR) dan preeklampsia. Namun tentu saja tetap harus diimbangi dengan makanan bergizi dan juga mengonsumsi suplemen kehamilan seperti yang dianjurkan dokter untuk tetap menjaga kesehatan ibu dan janin. 

Selain minum air kelapa, kamu juga bisa menambahkan nutrisi selama hamil dengan mengonsumsi Realfood Wonder Mom yang mengandung sarang burung walet dan asam folat. Realfood Wonder Mom dapat membantu mengurangi munculnya resiko cacat lahir pada bayi, dan juga menjaga tumbuh kembang janin saat dalam kandungan. Tak hanya itu, kandungan sarang burung walet di dalamnya juga membantu menjaga daya tahan tubuh ibu selama kehamilan.

4. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa air kelapa memiliki banyak nutrisi dan juga mineral di dalamnya, tak heran jika air kelapa dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, khususnya di masa pandemi seperti ini. Pasalnya antioksidan di dalam air kelapa memiliki manfaat untuk melindungi ibu hamil dan janin dari berbagai macam penyakit. Air kelapa muda juga tinggi akan asam laurat yang menghasilkan monolaurin yang berperan sebagai antivirus dan antibakteri pada tubuh. 

5. Mencegah infeksi saluran kemih

Selain mengurangi dehidrasi, manfaat air kelapa juga dikenal untuk mencegah infeksi pada saluran kemih (ISK). Hal ini dikarenakan air kelapa dapat membersihkan saluran dan kandung kemih. Tak hanya itu, air kelapa muda juga dipercaya mampu meningkatkan fungsi ginjal lho, Realfoodfam!

6. Menurunkan tekanan darah

Air kelapa memiliki kandungan kalium yang dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Tak heran banyak orang yang memiliki penyakit gula darah mengonsumsi air kelapa. Namun bukan berarti air kelapa menjadi satu-satunya obat yang dikonsumsi untuk mengurangi gula darah atau hipertensi ya, Realfoodfam! 

7. Meredakan sembelit 

Perubahan hormon selama masa kehamilan dapat menimbulkan efek seperti sembelit, dan gangguan pencernaan. Mengonsumsi air kelapa dapat membantu mengurangi sembelit dan masalah pada pencernaan. Hal ini dikarenakan air kelapa memiliki banyak kandungan serat yang dapat membantu memperkuat sistem pencernaan. 

Itulah beberapa manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang dapat dirasakan dengan mengonsumsi air kelapa selama masa kehamilan. Tentunya tetap pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan dan tetap dibarengi dengan konsultasi dokter yang menangani Anda.

Artikel Terkait Lainnya: