masker rambut alami

Ternyata rutin menggunakan shampoo dan conditioner belum tentu cukup menjaga kesehatan rambutmu, Realfoodfam. Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan masker rambut alami yang terbuat dari bahan yang dapat kamu temukan sehari-hari di rumah. 

Walau mirip dengan hair spa atau creambath yang biasa dilakukan di salon, namun masker rambut fokus pada perawatan batang dan helai rambut. Tak hanya itu, masker rambut alami juga membantu menutrisi rambut. 

Jika kamu memiliki permasalahan rambut seperti rontok, berminyak, dan rambut kusam, kamu bisa mencoba beberapa cara masker rambut alami ini di rumah!

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa sebagai masker rambut alami dapat berfungsi memperbaiki kerusakan rambut dengan menjaga kelembapan rambut dan membuatnya berkilau. Selain itu minyak kelapa juga dapat mengobati kulit kepala kering, dan gatal karena memiliki kandungan antibakteri. Kamu cukup mengoleskan virgin coconut oil (VCO) sebelum keramas selama 30 menit. Kemudian keramas dan pastikan rambutmu sudah bersih. 

2. Minyak zaitun

Bahan lain yang dapat kamu manfaatkan sebagai masker di rumah adalah olive oil atau minyak zaitun. Kamu dapat menggunakan minyak zaitun di malam hari atau 30 menit sebelum keramas untuk memperbaiki rambut yang kering, kusam, bercabang, dan tidak rontok. 

3. Lidah buaya

Masker rambut alami dari lidah buaya juga bisa kamu manfaatkan untuk mengurangi peradangan dan iritasi kulit kepala, termasuk ketombe. Lidah buaya juga dapat membantu melembapkan dan memperkuat rambut kering. Masker lidah buaya dapat digunakan secara rutin untuk kamu pemilik rambut berminyak maupun kering. 

Selain menggunakan masker lidah buaya, kamu juga bisa mengonsumsi sarang burung walet Realfood Hair Power yang mengandung sarang burung walet berkualitas, lidah buaya, dan zinc. Kandungan sarang burung walet dapat membantu pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. Sedangkan Vitamin E pada ekstrak lidah buaya membantu melembutkan dan membuat rambut tampak berkilau. Kamu bisa mengonsumsinya sebelum makan atau sebelum tidur untuk membuat hasil yang lebih optimal. 

4. Masker Madu.

Madu bermanfaat untuk melembapakan dan melindungi kutikula rambut. Sifat antibakteri yang ada dalam madu berguna membersihkan kulit kepala dari ketombe dan menyeimbangkan pH. Kamu cukup mencampurkan 2 sdm madu dan 1 sdm minyak zaitun atau minyak kelapa. Oleskan pada akar rambut dan batang, diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas bersih dengan air dan shampoo.

5. Masker Alpukat

Kamu bisa menggunakan alpukat sebagai masker rambut alami untuk menjaga kelembapan dan menutrisi rambut kering. Kamu cukup menghancurkan 1 buah alpukat dengan sendok kemudian mencampurnya dengan satu sendok minyak. Aplikasikan ke rambut selama 15 menit kemudian keramas hingga bersih. 

6. Santan Kelapa.

Selain minyak kelapa, kamu juga bisa menggunakan santan kelapa untuk perawatan rambut. Santan kelapa kaya akan protein untuk mengembalikan keratin pada rambut dan menguatkan rambut. Kamu bisa menggunakan santan kelapa 50ml untuk seluruh rambut dan mendiamkannya selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih. 

Frekuensi penggunaan masker untuk rambut juga harus disesuaikan dengan jenis dan kondisi rambut. Jika rambutmu cenderung normal dan tidak memiliki permasalahan, kamu bisa mengaplikasikan masker rambut alami sekali dalam seminggu. Sementara itu, untuk rambut yang rusak, kering, dan membutuhkan perhatian khusus setidaknya lakukan 2 kali dalam seminggu. Selain itu jangan lupa untuk tetap mengonsumsi Realfood Hair Power yang memiliki kandungan sarang burung walet, aloe vera, dan zinc untuk membantu menjaga kesehatan rambutmu dari dalam dengan produk sarang burung walet berkualitas.

Artikel Terkait Lainnya: