manfaat buah pir untuk ibu hamil

Buah pir mengandung banyak nutrisi penting selama masa kehamilan, seperti kalium, zat besi, kalsium, vitamin C, vitamin K, serat, dan asam folat. Oleh karena itu, tidak heran jika buah pir memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Jika Realfoodfam penasaran apa saja manfaat buah pir untuk ibu hamil, berikut ini adalah ulasannya:

1. Sumber Asam Folat

Bagi ibu hamil, asam folat adalah nutrisi yang penting, terutama saat trimester pertama. Asam folat bermanfaat untuk mencegah bayi cacat saat lahir, seperti kelainan struktur otak dan tulang belakang.  Untuk mencegah hal tersebut, ibu hamil disarankan mengkonsumsi suplemen asam folat maupun makan makanan yang tinggi asam folat, seperti buah pir.

2. Mencegah Kram Saat Hamil

Ibu hamil kerap mengalami kram kaki yang mungkin disebabkan oleh kekurangan kalium dan magnesium. Oleh karena itu, ibu hamil perlu banyak mengkonsumsi sayuran hijau dan buah segar, seperti pir yang mengandung nutrisi tersebut. Pasalnya, kalsium dapat mendukung relaksasi otot sehingga mencegah terjadinya kram pada ibu hamil.

3. Meringankan Gejala Morning Sickness

Buah pir kaya akan vitamin B3, yang berguna untuk melancarkan pencernaan serta meredakan migrain. Selain itu, buah pir juga mengandung B6 yang berfungsi untuk membantu perkembangan fungsi otak dan sistem saraf pada bayi. Baik vitamin B3 dan B6 pada buah pir juga dapat meringankan mual dan muntah akibat morning sickness.

4. Mencegah dan Meringankan Sembelit

Manfaat buah pir untuk ibu hamil selanjutnya yaitu mencegah serta meringankan sembelit. Pasalnya, ibu hamil mengalami perubahan hormon, rahim yang membesar, dan kerap kali kekurangan asupan serat maupun air putih sehingga menyebabkan sembelit. Oleh karena itu, salah satu upaya pencegahannya yaitu dengan mengkonsumsi asupan yang kaya serat seperti buah pir.

5. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Buah pir mengandung vitamin C yang berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat dan melindungi sel-sel tubuh ibu hamil serta janin yang dikandung dari bahaya radikal bebas. Kemudian, kandungan vitamin C pada buah pir juga dapat mencegah ibu hamil dari anemia.

6. Mencegah Dehidrasi saat Hamil

Sebagian besar ibu hamil mengalami mual dan muntah, terutama pada trimester awal. Padahal, sering muntah dan susah makan dan minum dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi. Untuk mencegahnya, ibu hamil dapat memperbanyak minum air putih maupun mengkonsumsi buah yang banyak mengandung air, seperti buah pir.

7. Menjaga Kadar Gula dalam Darah

Manfaat buah pir untuk ibu hamil juga bisa untuk menjaga kadar gula dalam darah. Pasalnya, buah pir memiliki indeks glikemik yang rendah. Oleh karena itu, buah pir relatif aman dikonsumsi bagi ibu hamil yang mengidap penyakit diabetes.

8. Mencegah terjadinya Osteoporosis

Pengeroposan tulang atau osteoporosis kerap terjadi pada ibu hamil karena kalsium di dalam tubuh ibu hamil digunakan untuk proses perkembangan bayi. Untuk mencegahnya, ibu hamil dapat mengkonsumsi buah pir karena mengandung zat boron yang cukup tinggi. Zat boron ini diperlukan untuk mengurangi pengeluaran kalsium dan magnesium melalui urin.

Itulah berbagai manfaat buah pir untuk ibu hamil yang menarik untuk diketahui. Selain mengkonsumsi buah pir, Realfoodfam yang tengah hamil dapat mengkonsumsi Realfood Wonder Mom, yaitu fully concentrated sarang burung walet dan mengandung asam folat yang baik untuk ibu hamil dan menyusui.

Namun, jika ingin mengkonsumsinya, disarankan setelah kehamilan trimester pertama. Adapun kandungan bermanfaat lainnya pada Realfood Wonder Mom adalah asam sialat yang baik untuk perkembangan otak janin.Ada juga asam amino triptofan yang membantu mengurangi kecemasan dan kelelahan pada ibu hamil, serta membantu mengurangi stretch mark. Bagi Realfoodam yang sedang menyusui juga dapat mengkonsumsi Realfood Wonder Mom karena mengandung asam folat yang dapat membantu produksi asi.

Artikel Terkait Lainnya: