manfaat puasa

Puasa bukan hanya sebuah kewajiban bagi kaum Muslim, tetapi ternyata manfaat puasa juga sangat baik untuk kesehatan fisik, mental, dan spiritual lho. Dasarnya saat kita berhenti mengonsumsi makanan secara berlebih, tubuh akan mendapatkan lebih banyak waktu beristirahat dan memperbaiki sistem sehingga tubuh terasa lebih sehat. Tapi ini dia 7 manfaat berpuasa yang mungkin gak kamu sadari dan bisa kamu dapatkan dengan cara menjalani puasa yang sehat dan benar. Simak di sini! 

1. Menurunkan Berat Badan

Saat berpuasa, tubuh akan mendapatkan waktu ‘jeda’ dari jendela makan satu dan lainnya, yaitu dari sahur hingga berbuka. Dari makan terakhir di malam hari, hingga waktu sahur lagi. Momen ini bisa dimanfaatkan oleh tubuh untuk menghasilkan lebih sedikit insulin dalam tubuh. Hormon insulin sendiri berperan dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, tetapi dengan memproduksi lebih sedikit insulin, itu artinya tubuh akan lebih mudah membakar lemak. Ditambah lagi, puasa akan membuat tubuh mengubah lemak menjadi cadangan energi. Hal ini disebabkan karena insulin adalah hormon yang mampu menyimpan lemak. Jadi berpuasalah dan dapatkan manfaat puasa yang satu ini! 

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Secara alami, dengan berkurangnya produksi insulin dan tubuh menggunakan lemak sebagai cadangan energi, maka tubuh akan mengalami penurunan tekanan darah dan kadar kolesterol sehingga membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Pada dasarnya, puasa itu sangat baik dan bermanfaat untuk kesehatan jika dilakukan dengan benar. Maka dari itu tidak jarang orang melakukan intermitten fasting. Lalu kita yang menjalani puasa selama 30 hari karena perintah agama ini, bukankah inilah waktunya kita untuk menyucikan hati dan juga tubuh? Masya Allah!

3. Meningkatkan Kepekaan Insulin

Sudah tahu manfaat insulin untuk tubuh kan? Manfaat puasa untuk tubuh yang terutama adalah meningkatkan sensitivitas insulin sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mencegah diabetes. Mungkin kamu terlihat sehat dan kadar gula darah normal, tetapi bisa jadi kamu mengidap resistensi insulin lho! Jadikanlah berpuasa ini seagai titik balik untuk me-reset insulin tubuhmu. Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang sehat dan menghindari terlalu banyak gula sederhana yang bikin kadar gula darah meningkat. Pilih karbohidrat kompleks dan hanya mengonsumsi gula sederhana secukupnya ya.

4. Menjaga Kesehatan Otak 

Manfaat puasa selanjutnya adalah membantu meningkatkan fungsi kognitif otak terutama karena pertambahan usia dan mencegah risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer. Puasa juga membantu mengurangi kerusakan otak dan mempercepat perbaikan otak setelah epilepsi dan stroke. Hal ini dikarekanan puasa melindungi sel-sel otak dengan menyediakan keton dari pembakaran lemak sebagai energi otak dibandingakan dengan glukosa. Jadi gak usah takut gak bisa mikir kalau lagi puasa, karena justru berpuasa punya segudang manfaat untuk kesehatan otak nih! 

5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Selanjutnya manfaat puasa yang gak boleh ketinggalan adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dilansir dari artikel ilmiah ugm.ac.id, berpuasa selama 30 hari dapat menstimulasi sel darah putih baru yang meregeneasi sistem imun tubuh. Keadaan ini akan membantu memperkuat tubuh dari serangan bakteri, virus, dan penyakir menular lainnya.

6. Meningkatkan Kesadaran Spiritual 

Manfaat puasa yang satu ini mungkin tidak terlihat jelas dengan mata, tetapi puasa membantu meningkatkan kesadaran spiritual berupa: memberikan rasa tenang di pikiran untuk tidak mudah mencari gratifikasi instan (kita bisa hidup tanpa makanan untuk sementara), meningkatkan ketahanan akan hawa nafsu (emosi meledak seperti rasa lapar, marah, keangkuhan, nafsu birahi), meningkatkan rasa syukur atas segala kebaikan yang kita miliki, dan tentunya meningkatkan kemampuan untuk melakukan hal-hal yang sulit seperti berpuasa lebih dari 12 jam.

7. Memperkuat Disiplin Diri

Dengan berpuasa di bulan Ramadan ini, kita akan membantu diri kita sendiri untuk mempertajam disiplin diri terutama mengendalikan keinginan dan kebiasaan buruk. Jika kamu sering makan junkfood dan belanja impulsif, berpuasalah juga dari makanan junkfood dan berbelanja impulsif agar kamu bisa lebih disiplin di hari kedepannya. 

Jangan lupa untuk konsumsi makanan lebih bergizi seperti sayur, buah, protein hewani, protein nabati, dan karbohidrat kompleks. Selain itu, tambahkan juga Realfood Forever Young+ yang kaya akan asam amino dan kolagen supaya kamu tetap tampil prima dan glowing di Hari Raya nanti. Tenang aja lho, produk Realfood menggunakan gula alami yang rendah kalori seperti gula batu, stevia, atau kurma untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu. Jika dikonsumsi secara rutin, kamu akan mendapatkan hasilnya untuk kesehatanmu sekarang dan nanti! Kombinasi puasa dan Realfood? Yes, please!

Baca Juga: