AHA BHA

AHA BHA merupakan dua jenis active ingredients yang biasanya tersedia dalam bentuk toner yang memiliki manfaat dalam mengangkat sel-sel kulit mati. Kedua kandungan ini hanya bekerja pada lapisan terluar atau pada permukaan kulit dan biasanya berfungsi sebagai chemical exfoliant. Perlu diketahui bahwa setiap harinya kulit wajah kita memproduksi sel kulit baru untuk mengganti sel kulit lama. Nah, sel kulit mati kadang ada yang tidak terlepas sempurna di kulit wajah. Oleh karena itu, perlu dilakukan eksfoliasi dengan bantuan kandungan seperti AHA BHA. Walaupun AHA dan BHA ini serupa, keduanya merupakan zat berbeda dengan manfaat yang berbeda pula. Yuk kenali perbedaannya!

AHA (Alpha Hydroxy Acids

Meski serupa, namun AHA dan BHA memiliki struktur komponen yang berbeda. AHA 

Berasal dari komponen asam glikolat (tebu), asam laktat (susu), dan buah-buahan atau asam sitrat (jeruk). Selain itu, AHA juga memiliki sifat melembapkan dan dapat larut dalam air. 

BHA (Beta Hydroxy Acids)

Sementara itu BHA berasal dari satu sumber utama, yaitu salicylic acid. BHA atau biasa disamakan dengan asam salisilat, tidak memiliki komponen pelembap, dan lebih bersifat mengeringkan. 

  • Manfaat AHA dan BHA

AHA untuk membantu mengatasi masalah penuaan

AHA merupakan asam larut yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati di lapisan kulit paling luar. Fungsi AHA untuk merangsang pertumbuhan kulit baru yang lebih sehat. 

Kalau Realfoodfam memiliki kulit kering, kusam, karena paparan sinar matahari. Skincare dengan kandungan AHA sangat cocok untuk kamu gunakan karena AHA memiliki kemampuan lebih untuk mengikat hidrasi di kulit dan menstimulasi produksi kolagen. Tak heran kita pasti banyak menemukan kandungan AHA pada produk untuk kulit kering dan anti-aging.

AHA terbukti bagus dalam meningkatkan ketebalan lapisan kulit, meningkatkan kolagen, dan menjaga kelembapan kulit. Kamu akan lebih banyak menemukan kandungan AHA dalam produk skincare untuk jenis kulit kering dan anti-aging. AHA juga bekerja meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit lebih kenyal dan elastis. 

BHA untuk kulit berminyak dan acne-prone

Jika AHA hanya bekerja di bagian permukaan kulit, BHA mampu bekerja dari dalam dengan membersihkan pori-pori. Sehingga cocok untuk Anda yang mengalami masalah kulit berjerawat, komedo, dan memiliki kulit berminyak. BHA juga berfungsi sebagai eksfoliator, spot treatment, dan juga bekerja untuk mempromosikan pergantian sel yang membuat warna kulit lebih merata.

Tak hanya itu, BHA  juga dapat digunakan untuk menenangkan kulit sensitif dan mengurangi kemerahan. Pastikan angka konsentrasi asam salisilat dalam produk BHA yang kamu pilih berkisar antara 0,5-5% ya. 

  • Cara Menggunakan AHA dan BHA 

Meskipun berbeda, namun AHA BHA dapat digunakan secara bersamaan. Hal ini dikarenakan kedua kandungan ini mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga membuat lapisan dermis dan epidermis menjadi lebih lembab dan kenyal. Keduanya tergolong aman untuk kulit dan bisa kamu gunakan sebagai exfoliator secara bersamaan. Kamu bisa mulai menggunakan AHA BHA 1-2x dalam seminggu dan lihat reaksi kulitmu. 

Kamu juga bisa mencampur AHA dan BHA dengan produk lain, tetapi perlu diingat untuk tidak mencampur atau layering dengan produk Retinol atau Vitamin C. Karena dapat menyebabkan kulit semakin sensitif dan iritasi.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen di pagi dan siang hari agar kulit wajah terlindungi dengan baik dan produk AHA maupun BHA bisa bekerja secara maksimal. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, AHA dan BHA termasuk dalam kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil. Namun untuk bumil, pastikan kandungan aktif dalam produk AHA dan BHA mu memiliki kandungan kecil (2% atau lebih rendah). Selain rutin menggunakan AHA BHA dalam skincare routine, kamu juga bisa mengonsumsi Realfood Jelly Pure yang mengandung sarang burung walet, labu kuning, wortel dan kolagen yang dapat membantu melindungi kulit dari jerawat, serta berfungsi sebagai anti inflamasi. Kamu bisa mengonsumsi Realfood Jelly Pure untuk melengkapi tahapan skincaremu dan melindungi kulit dari dalam. Yuk mulai konsumsi Realfood Jelly Pure!

Artikel Terkait Lainnya: