10 Faktor yang Mempengaruhi Pola Hidup Sehat

21 April 2021
faktor-faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat

Dalam era pandemi seperti sekarang ini, banyak orang yang semakin sadar akan pentingnya menerapkan pola hidup sehat. Dengan menerapkan pola hidup yang sehat, maka kualitas hidup juga akan semakin membaik dan menjaga kita terhindar dari penyakit.

Mengubah kebiasaan itu memang tidak mudah, semua perlu diupayakan. Karena itu, penting untuk kita tahu apa saja faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat.

Berikut faktor-faktor tertentu yang dapat mempengaruhi pola hidup sehat.

1. Mengatur Pola Makan Sehat

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi gaya hidup sehat seseorang adalah bagaimana pola makan yang mereka terapkan sehari-hari. Pola makan yang sehat dan seimbang mampu memberikan energi dan menurunkan risiko dari berbagai penyakit kronis, misalnya diabetes, hipertensi, jantung, hingga penyakit kanker. 

Realfoodfam bisa memilih makanan dengan gizi yang seimbang, seperti mengonsumsi buah apel, jeruk, alpukat, wortel, sayuran hijau brokoli, bayam, ikan tuna, dsb. 

Hindari mengonsumsi makanan olahan yang mengandung banyak gula serta pengawet karena berpotensi menyebabkan obesitas, gangguan pencernaan, hingga masalah ginjal. 

Jam makan Realfoodfam pun juga mempengaruhi penerapan pola hidup sehat. Makan pada waktu-waktu tertentu dan dilakukan secara berkala dapat mengoptimalkan nutrisi yang didapatkan dari bahan-bahan makanan tersebut.

Melalui penerapan jam makan yang tepat, hal tersebut juga dapat membantu Realfoodfam untuk tidak mengonsumsi camilan secara berlebih.

2. Rutin Minum Air Mineral

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan. Minum dua liter air atau setara dengan delapan gelas setiap hari mampu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dan dapat memenuhi salah satu penerapan pola hidup sehat yakni bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, serta membuat kulit tetap terhidrasi. 

Hindari untuk terlalu sering mengonsumsi minuman yang mengandung perisa, seperti, minuman bersoda dan jus dalam kemasan karena dapat memicu obesitas, menimbulkan ketergantungan, dan juga penyakit diabetes tipe 2. 

3. Menjaga Kebersihan Tubuh

Tubuh juga harus dijaga kebersihannya, karena bakteri dan virus penyebab panu serta jamur mungkin dapat menempel di pakaian dan kulit tubuh tanpa disadari. Oleh karena itu, mandi 2 kali sehari dapat membantu Realfoodfam untuk menjalankan pola hidup sehat dengan baik. 

Jika imun tubuh kurang kuat, maka Realfoodfam bisa dengan mudah terserang penyakit. Untuk itu, pentingnya mengetahui bagaimana cara menjaga kebersihan diri agar bisa meminimalisir resiko yang dapat terjadi. 

4. Perhatikan Kesehatan Mental

Kesehatan tubuh memang penting untuk dijaga, tetapi keseimbangan emosi juga perlu diperhatikan. Stres bisa sangat berpengaruh terhadap penurunan daya tahan tubuh. Penting untuk dapat mengelola kesehatan mental agar pikiran bisa tetap jernih sehingga tubuh pun juga lebih sehat.

5. Berolahraga Secara Teratur 

Olahraga mampu membakar kalori dalam tubuh. Keringat yang keluar merupakan hasil kerja pori-pori kulit untuk mengontrol suhu tubuh agar tetap dingin. Berkeringat pun juga baik untuk mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh. Realfoodfam bisa mencoba berbagai olahraga ringan seperti bersepeda, berenang, jogging, dan berbagai olahraga lainnya yang bisa membuat berkeringat. 

6. Menjaga Berat Badan 

Menjaga berat badan yang ideal penting untuk kesehatan tubuh Realfoodfam. Ada berbagai jenis olahraga untuk menurunkan berat badan yang bisa Realfoodfam lakukan.

Berat badan yang ideal akan menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dan juga stroke. 

7. Berhenti Merokok 

Jika ingin melakukan pola hidup sehat, maka berhentilah merokok. Rokok mengandung zat nikotin, tar, amonia, arsenik, dan karbon monoksida yang berbahaya bagi kesehatan karena dapat memicu terjadinya kanker paru, kanker mulut, bronkitis hingga penyakit jantung. 

8. Batasi Minum Alkohol 

Mengonsumsi minuman beralkohol dengan kadar 5-20% sudah bisa membuat seseorang hilang kendali atau mabuk. Hal ini tentu tidak baik karena seseorang tidak bisa mengendalikan diri mereka secara sadar. Selain itu, minuman beralkohol juga dapat merusak fungsi hati, menurunkan sistem imun, dan merusak sistem jaringan otak.

Selain itu, minuman alkohol juga dapat merusak fungsi hati karena kandungan yang ada di dalamnya sangat keras dan memaksa organ hati untuk bekerja lebih berat. Bila dipaksakan, berbagai penyakit serius kemungkinan besar akan terjadi, seperti penurunan daya ingat pada otak, penumpukan lemak di hati, hingga dapat memicu kanker hati.

9. Lingkungan dengan Sirkulasi Udara yang Baik

Semakin banyaknya jumlah kendaraan, maka membuat kualitas udara semakin buruk karena polusi yang dihasilkan dari karbon monoksida dapat membuat seseorang keracunan, mengalami sesak nafas, sulit berkonsentrasi, hingga hilangnya kesadaran. 

Tubuh memerlukan udara bersih yang berkualitas agar organ tubuh dapat bekerja dengan optimal. Untuk itu, menjaga kelestarian lingkungan dengan memperbanyak tanaman hijau akan mampu menghasilkan kualitas oksigen yang lebih baik. 

Baca juga: Inilah 7 Manfaat Menerapkan Pola Hidup Sehat

10. Punya Waktu Tidur yang Cukup 

Jam tidur yang teratur dapat menjadi pelengkap faktor pola hidup yang sehat untuk dilakukan. Realfoodfam perlu mengatur pola tidur agar sesuai dengan kebutuhan. Jam tidur bagi orang dewasa disarankan antara 6 sampai 8 jam sehari, mulai dari jam 10 malam hingga jam 6 pagi. 

Setelah lewat dari jam 10 malam, sistem metabolisme akan mulai bekerja secara alami. BIla terlalu banyak begadang akan dapat mengganggu proses alamiah tubuh untuk meregenerasi.

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal American Heart Association menemukan durasi tidur ideal yaitu 7 jam setiap malamnya. Hal ini akan membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik. 

Itulah berbagai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pola hidup sehat. Agar lebih maksimal, Realfoodfam bisa menambahkan Program 12 Hari Stay Fit. Kandungan semi concentrated sarang burung walet dengan gula batu dapat menutrisi tubuh dari dalam.

Program 12 hari Fit with Realfood Stay Fit mengandung asam amino tirosin yang dapat membantu mempercepat penyembuhan penyakit, menghambat virus influenza, serta mampu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Yuk, jalani hidup sehat bersama Realfood!

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars