11 Cara Mudah Menjaga Kebersihan Diri untuk Tetap Aktif di Masa Pandemi

22 Maret 2021
cara menjaga kebersihan diri sendiri

Kebersihan diri atau personal hygiene memiliki peran yang besar, Terlebih di dalam masa pandemi COVID-19 yang dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan. Dengan menjaga kebersihan diri sendiri, Realfoodfam dapat meminimalisir resiko penularan virus ini.

Lalu, bagaimana cara menjaga kebersihan diri sendiri? Berikut cara merawat kebersihan tubuh yang bisa Realfoodfam lakukan.

1. Mandi Secara Teratur 

Mandi dua kali termasuk salah satu cara hidup sehat untuk menjaga kebersihan diri. Terlebih bila Realfoodfam sehabis pergi dari luar rumah ataupun melakukan aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat.

Perlu dipahami bahwa pakaian yang penuh keringat, dapat menyumbat pori-pori kulit. Apabila tidak segera dibersihkan, keringat dapat menyebabkan infeksi jamur dan bakteri yang dapat membuat iritasi kulit, panu, masalah pada organ intim akibat infeksi jamur Tinea Kruris, hingga mengeluarkan bau yang tidak sedap. Selain itu, segera mandi setelah melakukan berbagai aktivitas di masa pandemi sangat dianjurkan untuk mencegah risiko menempelnya virus.

Disarankan untuk mandi tidak lebih dari 5 menit agar kulit tidak mudah kering. Lakukan dengan menyiram tubuh bagian atas baru ke bawah secara urut, mulai dari rambut, badan, hingga bagian kaki.

Setelah itu, Realfoodfam bisa membersihkan tubuh dengan sabun. Lalu, bilas hingga bersih. Untuk menjaga kelembaban kulit, gunakan sabun mandi dengan PH 5,5. Jangan lupa untuk menggunakan handuk dengan bahan katun atau microfiber agar tubuh lebih cepat kering.

2. Aktif Menjaga Kebersihan Mulut

Pada dasarnya, sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur sudah menjadi hal yang benar untuk mencegah gigi berlubang dan masalah karang gigi. Menyikat gigi secara menyeluruh selama 2 menit dapat mengurangi risiko serangan bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang, bau mulut, sariawan, dan masalah lainnya.

Cara menggosok gigi yang dianjurkan adalah dengan memulainya dari bagian terluar gigi yang dilakukan dengan gerakan naik-turun selama 20 detik untuk membersihkan bagian gusi dan bagian depan gigi secara merata.

Setelah selesai, Realfoodfam bisa menyikat gigi bagian dalam yang dimulai dari bagian gigi bagian bawah lalu bagian atas dengan gerakan maju-mundur selama 20 detik. Setelah itu, sika area permukaan lidah dan sisi pipi kiri kanan dengan sikat gigi. Hal ini untuk membersihkan sisa makanan yang menempel dan tidak disadari sebelumnya.

Dilansir dari situs Healthline.com, disarankan juga untuk menggunakan floss atau benang gigi setiap hari untuk dapat membantu membersihkan sisa plak makanan yang masih menempel di sela gigi.

Cara penggunaannya cukup mudah. Pegang kedua ujung benang dengan kedua tangan, lalu selipkan benang gigi ke setiap sela gigi dan mulai tarik maju-mundur beberapa kali. Lakukan secara perlahan-lahan agar gusi tidak terluka.

Selain menggosok gigi dan menggunakan floss, Realfoodfam bisa mempertimbangkan penggunaan obat kumur antiseptik untuk menjaga kebersihan mulut. Pilih obat kumur yang mengandung Povidone-Iodine (PVP-I) untuk melawan bakteri penyebab bau mulut, mengatasi sariawan, hingga ISPA.

Perlu diingat penggunaan obat kumur ini tidak serta merta menggantikan manfaat menggosok gigi dan penggunaan benang gigi. Menggabungkan ketiga cara ini, dapat memberikan hasil yang lebih maksimal.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak agar Tidak Mudah Sakit

3. Menggunting Kuku

Masih berkaitan dengan kebersihan tangan, ternyata kuku juga memiliki peran penting dalam kesehatan tubuh. Secara tidak langsung kuku dapat berkontribusi dalam penyebaran beberapa masalah infeksi seperti cacing kremi.

Biasakan untuk memotong kuku dari bagian ujungnya dan mengikuti alur lengkungan kuku agar menyesuaikan dengan pola yang sudah ada. Pastikan untuk memotong kukunya tidak melebihi batas daging jari.

Setelah itu, haluskan setiap bagian kuku. Jika sudah selesai, cuci gunting kuku dengan air bersih dan alkohol untuk mensterilkannya agar tidak menjadi sarang kuman dan bakteri.

Hindari kebiasaan menggigit kuku, memotong kutikula, dan menarik bintil kuku. Meski terkesan sepele, namun cara diri dapat mencegah resiko infeksi ataupun luka yang bisa terjadi.

4. Cuci Tangan Menggunakan Sabun 

Sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan tangan sehabis menggunakan toilet ataupun dari rumah sakit. Hal ini untuk mencegah adanya kuman dan bakteri yang menempel di tangan.

Untuk tenaga medis, disarankan menggunakan sabun antibakteri untuk mencuci tangan sesuai dengan protokol kesehatan. Namun, bagi tenaga non medis, menggunakan sabun mandi biasa sudah lebih dari cukup untuk membersihkan tangan.

Realfoodfam bisa mulai membasahi tangan dengan air yang mengalir, lalu gosokan sabun ke telapak tangan, sela jari-jari, dan bagian kuku selama 20 detik. Setelah itu, bilas dengan air bersih yang mengalir dan keringkan dengan tisu.

Sebuah penelitian tahun 2018 mengatakan bahwa mencuci tangan secara rutin dapat mengurangi penyakit HFMD. Hand, foot, and mouth disease (HFMD) merupakan penyakit tangan, kaki, dan mulut yang berasal dari Genus Enterovirus.

Gejala penyakit ini bisa dilihat dari adanya nyeri pada tenggorokan saat menelan, nafsu makan berkurang, hingga muncul bintik merah pada rongga mulut. Setelah itu, 1 hingga 2 hari kemudian akan mulai muncul bintik kemerahan di telapak tangan dan kaki.

Baca juga: Kenali Indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Penting diperhatikan di Masa Pandemi!

5. Mengganti Pakaian Secara Rutin

Menjaga kebersihan tubuh dapat dilakukan dengan rutin mengganti pakaian setiap hari. Pakaian yang tidak dicuci secara rutin berisiko memberi cross-contamination, seperti flu, gatal, dan diare.

Untuk itu, setiap hari Realfoodfam harus mengganti pakaian minimal 2 kali sehari setiap habis mandi. Terlebih bila Realfoodfam sehabis bepergian ke luar rumah, maka disarankan untuk membersihkan tubuh agar terhindar dari kotoran dan kuman yang menempel di kulit.

6. Menjaga Kebersihan Tempat Tidur

Sebenarnya tidak hanya pakaian saja yang harus bersih, namun juga dengan sprei kasur. Hal ini dikarenakan kedua benda tersebut seringkali bersentuhan langsung dengan kulit tubuh, sehingga bila kondisinya kotor dapat mempengaruhi kesehatan kulit tubuh.

Cucilah sprei seminggu sekali untuk mencegah munculnya tungau, dengan begitu Realfoodfam dan keluarga bisa tidur lebih nyaman dan terjaga kesehatannya. Realfoodfam bisa menggunakan mesin cuci dan deterjen cair. Setelah itu, jemur di tempat yang tidak terlalu panas agar warna sprei tidak cepat pudar.

Baca juga: 6 Langkah Awal Meningkatkan Kekebalan Tubuh di Zaman Modern

7. Menggunakan Masker

Bila Realfoodfam harus berada di tempat umum, selalu gunakan masker untuk menghindari penularan virus COVID-19. Jangan lupa untuk selalu menjaga jarak dan sebisa mungkin hindari tempat yang terlalu ramai.

Sebelum menggunakan masker, cuci tangan hingga bersih atau gunakan hand sanitizer. Pastikan masker menutupi seluruh area mulut dan hidung.

Perhatikan bagian masker yang berwarna agar selalu berada di bagian depan. Tekan bagian atas masker dekat hidung agar tidak ada celah udara yang masuk. Hindari menyentuh masker dari bagian depan, untuk mengurangi resiko kuman dan bakteri yang menempel.

Selalu lepaskan masker dari bagian belakang dengan hanya memegang talinya saja. Bila Realfoodfam menggunakan masker yang hanya sekali pakai, maka segera buang di tempat sampah.

Namun, bila masker yang digunakan berbahan kain, Realfoodfam bisa mencucinya dengan deterjen hingga bersih. Setelah itu, jangan lupa untuk mencuci tangan dan menggunakan masker baru kembali.

8. Selalu Bawa Hand Sanitizer

Karena berada di luar ruangan, ada baiknya agar Realfoodfam membawa hand sanitizer agar bisa membersihkan tangan secara berkala. Bila bersin, selalu tutup mulut dengan kedua tangan dan jangan lupa untuk membersihkannya dengan hand sanitizer.

9. Menjaga Kebersihan Hidung

Selain itu, untuk menjaga kebersihan hidung, disarankan untuk tidak mengorek hidung dengan tangan. Dalam dunia medis dikenal dengan istilah cuci hidung yang dapat membersihkan kotoran, membersihkan lendir, hingga membuat hidung menjadi lebih segar.

Dilansir dari situs rspermata.co.id, cuci hidung bisa dilakukan oleh anak-anak dengan usia 3 tahun hingga orang dewasa sekalipun.

Bahan yang diperlukan:

  • Sediakan 1 buah mangkok dan baskom.
  • Tissue kering secukupnya.
  • 200 ml air mineral.
  • 1/2 sendok teh garam.
  • 10 cc spuit tanpa jarum.

Cara melakukan cuci hidung sendiri:

  • Tuangkan air mineral dan 1/2 sendok teh garam ke dalam mangkok lalu diaduk.
  • Lalu, siapkan spuit untuk  mengambil cairannya.
  • Miringkan kepala ke sisi kiri, lalu semprotkan cairan dalam baskom ke hidung sebelah kanan.
  • Lalu, lakukan sebaliknya dengan miringkan kepala ke sisi kanan, dan semprot hidung sebelah kiri.
  • Buang cairan dari hidung tersebut ke dalam baskom.
  • Lakukan selama beberapa kali hingga hidung benar-benar bersih
  • Setelah selesai, bersihkan hidung dengan tissue.

Perlu diperhatikan bahwa bahan dan alat yang digunakan benar-benar steril. Begitu juga kebersihan tangan harus terjaga, agar tidak menimbulkan infeksi atau masalah lainnya.

Bila ragu, sebaiknya Realfoodfam berkonsultasi dengan dokter THT agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

10. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Area Wajah dengan Tangan

Sebaiknya, jangan terlalu sering menyentuh bagian wajah, terutama menggaruk hidung, pipi, ataupun mengusap mata untuk menghindari infeksi virus Corona.

Hal ini disebabkan kuman dan bakteri dapat dengan mudah menempel di tangan dan tidak diketahui oleh kita. Oleh karena itu, selalu cuci tangan dengan sabun ataupun hand sanitizer sebelum menyentuh area wajah.

Cara ini merupakan langkah tepat untuk menjaga kebersihan sekaligus bentuk proteksi terhadap kesehatan diri sendiri.

11. Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Dengan memenuhi unsur nutrisi harian dalam tubuh, maka proses metabolisme tubuh dapat bekerja dengan maksimal. Realfoodfam bisa mengonsumsi berbagai sayur dan buah seperti, bayam, alpukat, ikan sarden, jagung, kacang almond, brokoli, jeruk, dan pisang.

Hal ini bertujuan agar memenuhi semua unsur kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan juga serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk lebih jelaskannya, Realfoodfam bisa membaca ulasan mengenai konsep piramida makanan sehat.

Untuk mendukung aktivitas harian yang dilakukan, Realfoodfam juga bisa ikut Program 12 Hari Ever Glow+. Program ini diformulasikan dengan berbagai bahan lokal alami dan berkualitas, yaitu sarang burung walet dan ekstrak kurma yang dapat memberikan energi lebih untuk menjalani setiap aktivitas sepanjang hari.

Yuk, mulai mulai terapkan cara hidup sehat untuk diri sendiri dan juga keluarga dari sekarang!

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars