Memahami Konsep Piramida Makanan Sehat Gizi Seimbang yang Baik Bagi Tubuh

15 Februari 2021
piramida makanan sehat

Di Indonesia, tumpeng gizi seimbang bisa disebut juga sebagai piramida makanan sehat. Lalu, apa itu yang dimaksud dengan piramida makanan sehat? Pengertian piramida makanan adalah pedoman pola makan sehat yang digambarkan melalui 4 lapisan piramida dengan tujuan untuk menyeimbangkan gizi dan porsi makanan harian.

Dengan mengetahui struktur piramida makanan, diharapkan Realfoodfam bisa menerapkan pola makan yang sehat dan bergizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Saat ini, KEMENKES RI telah menggunakan piramida makanan gizi seimbang sebagai pengganti makanan 4 sehat 5 sempurna. Bentuk piramida makanan sehat ini telah mengacu pada hasil konferensi pangan sedunia yang dilakukan pada tahun 1992.

Dilansir dari situs KEMENTRIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA, setidaknya ada 10 pedoman gizi seimbang yang harus diperhatikan

  • Mensyukuri berbagai keanekaragaman makanan.
  • Banyak makan sayur dan buah buahan.
  • Mengonsumsi lauk pauk dengan protein tinggi.
  • Mengonsumsi makanan pokok.
  • Batasi konsumsi makanan berlemak, asin, dan manis.
  • Mengutamakan sarapan pagi.
  • Minum air putih 8 gelas sehari.
  • Baca label kemasan makanan atau minuman yang akan dikonsumsi.
  • Wajib mencuci tangan dengan dengan sabun dan air bersih.
  • Berolahraga secara rutin untuk menjaga berat badan.

Baca juga: Inilah 7 Ciri-Ciri Makanan Sehat yang Harus Diketahui

Lapisan Piramida Makanan Gizi Seimbang

Tumpeng Gizi Seimbang

Berdasarkan piramida makanan sehat, terdapat 4 lapisan tumpeng yang digambarkan. Di mana pada bagian dasarnya akan semakin melebar yang dapat diartikan bahwa sumber makanan yang ada pada area tersebut dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang lebih banyak.

1. Makanan Pokok

Di mana lapisan pertama yang terletak paling bawah piramida berisi area nasi, jagung, singkong, ubi serta umbi umbian. Dalam hal ini, Realfoodfam sebaiknya mengonsumsi 3 hingga 4 porsi makanan pokok dalam 1 hari.

Untuk takarannya tergantung dari sumber makanan pokok yang dipilih, misalnya satu porsi nasi idealnya 100 gram yang setara dengan 1 singkong berat 120 gram dan ubi 135 gram.

2. Buah dan Sayuran

Di Realfoodfam akan melihat berbagai gambar buah serta sayuran yang menandakan bahwa banyaknya macam yang dapat dikonsumsi. Porsi terbaik mengonsumsi buah dan sayuran ini, yaitu 2 hingga 3 porsi buah dalam satu hari dan sayur adalah 3 hingga 4 porsi dalam satu kali makan.

3. Berisi Sumber Protein

Realfoodfam bisa melihat mulai dari protein hewani hingga protein nabati yang diperlukan oleh tubuh. Di mana lauk pauk yang disarankan harus mengandung protein tinggi, namun tetap rendah lemak dengan porsi 2 hingga 4 sumber protein setiap harinya.

Pada bagian tersebut juga ditambahkan saran untuk minum air putih, minimal sebanyak 8 gelas per harinya.

4. Sedikit Gula, Garam, dan Minyak

Karena terletak paling atas di piramida, ini berarti porsi yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Cukup 1 sendok teh garam, 5 sendok makan minyak, dan 4 sendok makan per hari.

Baca juga: Tips Menerapkan Pola Hidup Sehat Dimulai dari Cara Berikut Ini

Prinsip Piramida Makanan Gizi Seimbang

Selain menggambarkan anjuran makan, di samping piramida makanan sehat juga digambarkan pesan terkait dengan kesehatan. Realfoodfam dapat melihat berbagai hal penting yang harus dilakukan, untuk menunjang kesehatan. Berikut prinsip dari piramida makanan sehat atau tumpeng gizi seimbang

  • Menerapkan Pola Hidup Sehat dengan Aktif Berolahraga

Untuk membuat badan tetap sehat dan bugar, lakukan olahraga secara rutin agar sistem metabolisme tubuh dapat berfungsi secara maksimal. Realfoodfam bisa melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan seperti lari pagi, bersepeda, ataupun berenang.

  • Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Salah satu tujuan berolahraga adalah untuk membakar kalori dan menyeimbangkan kondisi berat badan agar tetap normal. Realfoodfam bisa menggunakan indikator "BMI" untuk mengetahui apakah berat badan sudah ideal atau belum.

  • Mengonsumsi Makanan Sehat yang Beraneka Ragam

Disarankan agar memenuhi sumber kebutuhan piramida makanan sehat atau tumpeng gizi seimbang setiap hari sesuai anjuran. Dengan begitu, setiap orang bisa mencukupi kebutuhan karbohidrat, sayur, buah, protein, gula, garam, lemak, dan air putih dengan seimbang.

  • Menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Tidak hanya berlaku di masa Pandemi COVID-19 ini, PHBS atau pola hidup bersih dan sehat harus selalu dilakukan dimanapun Realfoodfam berada. Entah di rumah ataupun tempat umum lainnya.

Cara ini bertujuan untuk meminimalisir resiko terkena virus dan bakteri yang dapat menempel di tangan. Untuk itu, sebaiknya Realfoodfam mengetahui apa saja yang termasuk dalam indikator PHBS.

Untuk memaksimalkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, Realfoodfam bisa mengikuti Program 12 Hari Pure Wellness yang bisa dikonsumsi oleh segala usia untuk membantu menjalani pola hidup sehat yang lebih baik.

Realfoodfam bisa mendapatkan berbagai macam manfaatnya, seperti:

  • Mencegah resistensi insulin.
  • Meningkatkan fungsi ginjal.
  • Dapat menurunkan resiko penyakit stroke dan kardiovaskular.

Yuk, mulai jalani pola hidup sehat bersama Realfood.

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars