Lebih Sehat! Ini 4 Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan Selama Bulan Puasa

21 April 2021
olahraga ringan saat puasa

Melakukan olahraga ringan saat puasa memang cukup melelahkan, apalagi dilakukan saat kondisi perut masih kosong. Namun, hal tersebut bukan tanpa alasan.

Berolahraga tetap harus dilakukan untuk dapat membakar kalori dan membuat metabolisme tubuh bekerja dengan baik.

Oleh karena itu, Realfoodfam yang ingin tetap berolahraga selama bulan puasa bisa mencoba tips berikut ini. 

1. Kenali Kondisi Tubuh Terlebih Dahulu

Menurut Dr Joseph Mercola seorang aktivis kesehatan, ada baiknya seseorang mengetahui kondisi kesehatan mereka, apakah memang dalam keadaan fit atau tidak. BIla sedang tidak enak badan dan memilih untuk tetap berpuasa, sebaiknya jangan berolahraga sama sekali hingga kesehatan membaik.

Bagi Realfoodfam yang terbiasa melakukan olahraga berat, maka selama berpuasa harus menggantinya dengan jenis olahraga yang ringan saja, seperti bersepeda ataupun lari pagi selama 15 - 20 menit. Hal ini untuk menghemat energi sekaligus membuat Realfoodfam agar tidak haus.

2. Memilih Waktu yang Tepat

Sebelum melakukan aktivitas fisik ketika berpuasa, Realfoodfam harus tahu dulu waktu yang terbaik untuk berolahraga. Waktu terbaik yang bisa dipilih yaitu sebelum sahur, setelah buka puasa, dan setelah Isya karena pada saat itulah Realfoodfam mulai mengisi energi dalam tubuh dengan makanan dan minum. 

Baca juga: Tips Menerapkan Pola Hidup Sehat Dimulai dari Cara Berikut Ini

3. Menyesuaikan Intensitas Latihan

Perhatikan juga rutinitas olahraga yang biasa Realfoodfam lakukan. Ketika berpuasa sangat disarankan untuk menyesuaikan intensitas latihan. 

Pada umumnya, orang yang berpuasa di bulan Ramadhan minimal 14 jam sehari. Dalam keadaan tersebut, melakukan kegiatan seperti biasa tentu akan melelahkan. Maka dari itu, Realfoodfam perlu menyesuaikan latihan fisik dengan aktivitas sehari-hari. 

Ada baiknya jika Realfoodfam tetap melakukan kegiatan seperti biasanya, tetapi intensitasnya dikurangi, contohnya bila Realfoodfam bersepeda di pagi hari selama 40 menit, maka di bulan puasa bisa dikurangi menjadi 20 menit.

4. Jangan Melewatkan Sahur

Makan pagi atau sahur merupakan waktu yang tepat bagi Realfoodfam untuk mengisi tenaga sebelum mulai berpuasa. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih sayur dan buah-buahan yang penuh nutrisi, seperti kurma, apel, bayam, brokoli, dan jangan lupa minum air putih 2 liter per hari. 

Baca juga: 9 Manfaat Banyak Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Rekomendasi Olahraga Ringan saat Berpuasa

Berikut ini berbagai contoh olahraga ringan yang bisa dilakukan saat bulan puasa.

  • Yoga 

Jenis olahraga yang disarankan saat berpuasa yaitu yoga karena memiliki latihan yang cukup ringan. Realfoodfam bisa mencobanya melihatnya langsung melalui YouTube agar bisa dilakukan dengan mudah.

  • Bersepeda

Latihan fisik ringan saat puasa yang dianjurkan selanjutnya yaitu bersepeda. Melakukan olahraga seperti bersepeda selama 20 menit dapat memberikan efek baik bagi kesehatan tubuh, seperti melatih sistem pernapasan, melatih otot kaki, meningkatkan stamina, menjaga kesehatan jantung, hingga mampu mengurangi stres. 

Baca juga: 10 Jenis Olahraga Ini Sangat Cocok untuk Menurunkan Berat Badan

  • Jogging

Salah satu contoh olahraga yang bisa dilakukan selanjutnya adalah jogging. Realfoodfam tidak perlu jauh ke luar rumah untuk melakukannya.

Cukup di halaman depan rumah atau berkeliling di sekitar rumah selama 20 menit sudah cukup untuk melatih sistem pernapasan dan membakar kalori dalam tubuh. 

  • Tai Chi

Tai Chi juga dapat menjadi alternatif olahraga yang bisa dicoba selama berpuasa. Gerakan olahraga ini tidak memerlukan banyak energi, tetapi memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan, seperti meningkatkan otot, fleksibilitas tubuh, kestabilan, hingga meningkatkan fungsi kognitif.

Disarankan untuk mengikuti pelatihan khusus agar Realfoodfam bisa langsung dibantu oleh instruktur profesional untuk menguasai gerakannya.

Itulah beberapa tips untuk berolahraga ringan ketika berpuasa yang dapat Realfoodfam terapkan. Melakukan aktivitas ringan ketika berpuasa memang direkomendasikan untuk menjaga kebugaran tubuh

Namun perlu diingat, pilihlah olahraga dengan intensitas ringan saja agar ibadah puasa yang dijalankan tidak terganggu. 

Untuk mendukung stamina tubuh, Realfoodfam bisa mengonnsumsi Program 12 Hari Ever Glow+ yang dirancang khusus dengan formulasi fully concentrated dan ekstrak buah kurma untuk membantu memulihkan energi agar bisa melakukan berbagai aktivitas padat dan menemani Realfoodfam berpuasa seharian.

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars