Mengenal 10 Unsur Kebugaran Tubuh yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

15 Februari 2021
unsur-unsur kebugaran jasmani

Memiliki tubuh yang sehat tentu tidak bisa didapatkan begitu saja, semua perlu diupayakan melalui pola hidup sehat. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga.

Dengan berolahraga, Realfoodfam bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar dan mengasah kemampuan fisik tubuh secara maksimal. Setidaknya, ada 10 unsur kebugaran tubuh jasmani perlu Realfoodfam ketahui.

Berikut ini berbagai unsur-unsur kebugaran jasmani yang bisa Realfoodfam kembangkan.

1. Daya Otot atau Muscle Power

Daya otot merupakan kekuatan individu agar dapat melakukan kegiatan dalam waktu yang singkat. Latihan seperti side jump, front jump, one leg front jump, jump box, dan vertical jump akan sangat membantu membentuk daya otot yang kuat.

Cara melakukan front jump:

  • Berdiri tegak dengan kedua kaki tertutup rapat.
  • Lalu lompat ke depan dengan memposisikan kedua lutut menekuk.
  • Gerakan dilakukan berulang-ulang sebanyak 16 kali.

Dalam hal ini side jump akan berguna melatih kemampuan daya ledak pada bagian paha dan tungkai, lalu front jump akan berguna dalam meningkatkan kemampuan pada bagian tungkai dan betis, sementara vertical jump berguna melatih kemampuan daya ledak pada bagian tungkai.

2. Kekuatan atau Strength

Unsur kekuatan atau strenght bertumpu pada saat seseorang menggunakan kekuatan ototnya untuk melakukan berbagai kegiatan fisik.

Untuk meningkatkan unsur kekuatan dalam tubuh, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti push up, sit up, back up, squat jump, dan angkat beban secara rutin.

3. Daya Tahan atau Endurance

Daya tahan merupakan salah satu kemampuan untuk mempertahankan kondisi tubuh dalam melakukan aktivitas fisik dalam jangka waktu yang cukup lama. Unsur ini berhubungan dengan sistem kerja jantung yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Untuk meningkatkan daya tahan (endurance), ada beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan push-up 15 kali dalam 2 set, lompat tali selama 10 menit setiap pagi, mengurangi alkohol, dan berhenti merokok.

4. Keseimbangan atau Balance

Keseimbangan atau balance merupakan suatu kemampuan untuk mengendalikan saraf otot dan organ tubuh, sehingga individu mampu menggerakkan tubuh dengan baik.

Kemampuan ini akan membantu Realfoodfam agar tidak mudah terpeleset ketika berjalan di tempat yang licin atau kurang rata permukaannya. Untuk mengembangkan keseimbangkan, Realfoodfam bisa mencoba berjalan dengan tumit kaki, melakukan latihan sikap lilin, dan juga berlatih berdiri dengan satu kaki  untuk mengasah keseimbangan tubuh.

Cara berlatih berdiri dengan satu kaki:

  • Berdiri tegak.
  • Gunakan kursi sebagai pegangan kedua tangan.
  • Angkat kaki kiri setinggi betis dan tahan selama 10 detik.
  • Ulangi 15 kali sambil mengganti posisi kaki kiri dan kanan.

Baca juga: 10 Jenis Olahraga Ini Sangat Cocok untuk Menurunkan Berat Badan

5. Kecepatan atau Speed

Dengan kemampuan dari unsur satu ini, seseorang jadi dapat melakukan aktivitas dalam waktu yang cepat atau singkat. Demi memiliki kecepatan yang baik, Realfoodfam bisa melatihnya dengan cara berjalan cepat dan rutin berlari. Rutin berlari dan berlatih dengan jalan cepat bahkan bisa membuat kondisi jantung menjadi lebih baik.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan sendiri di antaranya yaitu waktu reaksi, keturunan, elastisitas otot, teknik, konsentrasi dan kemauan, serta kemampuan menahan tahanan luar. Di mana kecepatan ini dibagi ke dalam tiga jenis yakni kecepatan bergerak, kecepatan sprint, dan juga kecepatan reaksi.

6. Kelincahan atau Agility

Kelincahan merupakan perpaduan dari gerakan seluruh anggota tubuh, baik tangan maupun kaki dalam melakukan  setiap gerakan. Untuk bisa mendapatkan kelincahan tubuh yang baik, Realfoodfam bisa mulai berlatih berlari secara zig-zag.

Cara berlatih zig-zag menggunakan kerucut.

  • Siapkan 20 kerucut yang disusun 1 baris ke depan.
  • Mulai berlari sambil melewati kerucut dari sisi kiri ke kanan tanpa boleh menjatuhkan kerucut.
  • Lakukan selama 5 menit, bila perlu gunakan timer untuk melihat hasil latihannya.

7. Kelenturan atau Flexibility

Saat tubuh memiliki kelenturan yang baik, maka Realfoodfam akan lebih mudah dalam mengendalikan otot-otot tubuh. Untuk mengembangkan kelenturan tubuh, Realfoodfam bisa belajar menari, melakukan aerobik, ataupun yoga.

8. Reaksi atau Reaction

Reaksi sangat erat kaitannya dengan dengan bagaimana refleks seseorang dalam memutuskan sesuatu secara cepat dalam proses pengambilan keputusan. Unsur kebugaran jasmani satu ini merupakan kemampuan individu dalam menanggapi suatu stimulus, yang diberikan oleh orang lain.

Misalnya, ketika sedang bermain sepak bola dan lawan main mengarahkan bola ke gawang, secara reflek reaksi yang akan dilakukan adalah berusaha untuk menangkap bola tersebut. Untuk meningkatkan refleks, Realfoodfam bisa mengasahnya dengan bermain bulu tangkis atau latihan menangkap bola dengan kedua tangan secara cepat.

9. Koordinasi atau Coordination

Koordinasi adalah kemampuan individu dalam menyatukan berbagai gerakan tubuh yang berbeda menjadi satu gerakan yang efektif. Sederhananya, unsur ini menuntut keselarasan pada anggota gerak.

Realfoodfam bisa memulai melatih koordinasi dengan cara lempar tangkap bola, gunakan tangan kanan dalam melempar dan gunakan tangan satunya untuk menangkap lalu sebaliknya.

Baca juga: 6 Cara Menjaga & Meningkatkan Imun Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

10. Ketepatan atau Accuracy

Ketepatan merupakan hasil dari pengendalian semua gerakan tubuh dalam merespon stimulus otak untuk mencapai target yang dituju. Unsur satu ini akan sangat dibutuhkan dalam olahraga yang membutuhkan fokus tinggi, seperti bermain voli, bulu tangkis, ataupun baseball. Untuk mengasah ketepatan atau akurasi, Realfoodfam dapat berlatih memanah dengan konsisten.

Itulah berbagai unsur-unsur kebugaran jasmani yang sebaiknya dilatih, agar bisa lebih optimal dalam melakukan berbagai aktivitas fisik agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars