Jarang Diketahui! Ini 7 Manfaat Buah Jambu Air untuk Ibu Hamil

21 April 2021
manfaat buah jambu air untuk ibu hamil

Perubahan fisik yang terjadi pada ibu hamil merupakan kondisi yang wajar, namun tetap harus mendapat perhatian khusus. 

Karena itulah ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai sayur dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Salah satu buah yang sebaiknya dikonsumsi adalah jambu air.

Mungkin sebagian dari Realfoodfam bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil makan jambu air? Tentu saja boleh. Karena buah ini memang mengandung nutrisi kalsium dan zat besi yang diperlukan untuk perkembangan janin.

Yuk, cari tahu berbagai manfaat buah jambu air untuk ibu hamil.

1. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Janin

Perlu Realfoodfam ketahui bahwa jambu air memiliki beragam nutrisi dan mineral penting dalam tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, fosfor, zat besi, kalium, thiamin, niacin, kalsium, mangan karbohidrat, protein dan air. 

Zat besi dan kalsium yang terkandung di dalam buah jambu air mampu menjaga kesehatan tulang dan membuat janin berkembang lebih optimal.

2. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh dan Janin

Wanita hamil lebih sering mengalami dehidrasi karena harus mencukupi kebutuhan cairan untuk calon janin. Terlebih, bagi Realfoodfam yang kurang nafsu makan. Hal ini dapat menyebabkan jumlah cairan dalam tubuh terus berkurang.

Per 100 g jambu air memiliki kandungan 90% air.  Dengan kandungan air yang tinggi, buah jambu air mampu mencukupi kebutuhan cairan ibu hamil, sehingga tetap terhidrasi dengan baik.

Baca juga: Ini 4 Rahasia Menjaga Kesehatan Ibu dan Anak

3. Menghilangkan Rasa Tidak Nyaman

Jambu air bermanfaat untuk meringankan rasa nyeri dan tidak nyaman selama masa kehamilan. Rasa tidak nyaman pada ibu hamil disebabkan oleh perubahan hormon progesteron yang dapat menyebabkan mual, pusing, hingga mood yang berubah-ubah. 

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 

Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam buah jambu air mampu berfungsi sebagai antimikroba dan antioksidan. Keduanya mampu membantu tubuh melawan radikal bebas dalam tubuh. 

Adanya kandungan antioksidan juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga dapat membantu mencegah peradangan kulit dan penyakit jantung. 

5. Menurunkan Kolesterol 

Jambu air menjadi salah satu buah yang dapat membantu menurunkan kadar LDL kolesterol jahat dan meningkatkan HDL kolesterol baik. Dengan kandungan sodium tinggi yang menjadi penyeimbang kadar kolesterol di dalam tubuh. 

Baca juga: 7 Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil dan Janin yang Wajib Diketahui

6. Menyeimbangkan Tekanan Darah

Ibu hamil rentan mengalami hipertensi. Hal ini disebabkan adanya peningkatan aliran darah yang dapat menyebabkan kerusakan pada dinding pembuluh darah.

Kondisi ini bisa terjadi saat tekanan darahnya mencapai 140/90 mmHg dan biasanya muncul saat usia 20 minggu setelah kehamilan.

Mengonsumsi buah jambu air, mampu mengontrol tekanan darah dan membuat ibu hamil menjadi lebih sehat.

7. Menutrisi Kulit

Selama masa kehamilan, wanita hamil rentan mengalami hiperpigmentasi. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon estrogen yang dapat mempengaruhi pigmen kulit dan memunculkan bintik-bintik hitam pada area wajah, leher, dan sekitar perut.

Kandungan vitamin C yang tinggi mampu menutrisi kulit dan membantu produksi kolagen untuk menghasilkan sel-sel kulit yang lebih sehat untuk mencegah penuaan dini.

Itulah beberapa manfaat jambu air untuk ibu hamil yang mungkin belum banyak diketahui orang banyak. Untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan, Realfoodfam juga bisa mengonsumsi Realfood Wonder Mom dengan formulasi fully concentrated sarang burung walet. 

Didalamnya terkandung asam amino, asam folat, dan asam sialat yang baik untuk perkembangan janin, mengurangi kecemasan pada ibu hamil, mencegah anemia, mengurangi resiko terkena preeklamsia, menutrisi kulit, hingga membantu perkembangan otak pada janin. 

Realfoodfam bisa mengosumsi Program ini selama trimester pertama kehamilan dan juga selama masa menyusui.  Bersama Realfood, hidup jadi lebih sehat!

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars