Jerawat bisa menjadi salah satu faktor yang mengurangi kepercayaan diri dimanapun ia muncul. Selain di area wajah, jerawat juga seringkali muncul di area punggung, atau yang biasa dikenal dengan Back Acne (bacne). Penyebab munculnya jerawat di punggung pun tak jauh beda dengan jerawat di area wajah. Pada dasarnya jerawat muncul karena kotoran menumpuk, produksi minyak berlebih, serta terjadi penumpukan sel kulit mati di area pori-pori. Selain itu, pengaruh hormon dan stress juga menjadi salah satu faktor munculnya jerawat. 

Berikut ini 5 cara sederhana untuk mengatasi jerawat di punggung yang bisa kamu lakukan di rumah: 

Menjaga kebersihan tubuh

Salah satu cara paling sederhana dalam mengatasi jerawat di punggung yang bisa kamu lakukan sehari-hari di rumah adalah dengan menjaga kebersihan tubuh. Misalnya dengan mandi dua kali sehari, dan mengganti pakaian setelah melakukan aktivitas yang membuat tubuh berkeringat. Pasalnya jerawat punggung muncul karena bakteri yang menyebabkan jerawat berkembang biak. 

Lakukan eksfoliasi tubuh

Selain menjaga kebersihan tubuh, Realfoodfam juga bisa melakukan step tambahan dengan melakukan eksfoliasi kulit tubuh sebanyak seminggu satu atau dua kali. Hal ini dilakukan untuk memastikan kotoran atau kulit mati yang ada di dalam tubuh terangkat. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan produk scrub badan. Jika kondisi kulit punggungmu sedang berjerawat, kamu tetap dapat melakukannya dengan melakukan gerakan scrubbing perlahan. Jangan lupa membilasnya dengan bersih agar tidak ada residu atau sisa produk yang tertinggal dan dapat memunculkan jerawat atau memperparah kondisi kulitmu. 

Hindari Menggunakan Pakaian Ketat

Dilansir dari AAD (American Academy of Dermatology Association) bahwa salah satu penyebab munculnya kerawat di punggung adalah karena menggunakan baju ketat terlalu sering. Pasalnya baju yang ketat dapat membuat kotoran atau bakteri terjebak dan membuatnya terserap dalam pori-pori. Jadi cobalah untuk menggunakan baju yang sedikit lebih longgar baik dalam aktivitas biasa ataupun ketika berolahraga agar kulitmu dapat bernapas dengan baik. 

Gunakan pembersih berbahan benzoil peroksida dan asam salisilat

Realfoodfam dapat menggunakan sabun pembersih tubuh yang mengandung bahan asam salisilat atau benzoil peroksida untuk mengatasi jerawat di punggung. Kedua bahan ini dapat membantu mengatasi permasalahan jerawat di punggung. Benzoil peroksida dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, sementara asam salisilat baik untuk benjolan dan komedo. Namun jangan lupa untuk menggunakan produk pelembab atau body lotion untuk tubuh setelahnya. Karena biasanya kedua kandungan bahan diatas membuat kulit menjadi lebih kering dari biasanya. 

Jaga Pola Makan 

Langkah terakhir untuk mengatasi jerawat di punggung adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat.  Misalnya dengan mengurangi makanan dengan kadar gula tinggi yang dapat mengganggu kesehatan kulit. Realfoodfam dapat mengganti cemilan manis dengan buah-buahan segar atau kacang-kacangan sebagai salah satu cemilan sehat untuk mengurangi resiko munculnya jerawat di punggung.Kamu juga dapat mengubah pola hidup menjadi lebih sehat untuk mencegah munculnya jerawat serta membantu mencerahkan dan menyamarkan bekas jerawat, salah satunya dengan mengonsumsi Realfood Forever Bright yang mengandung niacinamide, sarang burung walet, dan juga glutathione.

Artikel Terkait Lainnya: