manfaat hyaluronic acid

Skincare yang mengandung hyaluronic acid sedang marak diburu oleh penggemar produk perawatan kulit. Pasalnya, senyawa tersebut kaya akan manfaat yang berguna bagi kulit wajah. Jika Realfoodfam ingin mengenal lebih jauh soal senyawa ini dan apa saja manfaatnya, yuk, simak ulasannya berikut ini:

Mengenal Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid atau HA merupakan senyawa alami yang diproduksi oleh tubuh dan biasanya banyak ditemukan di kulit, lapisan bening mata, maupun jaringan ikat persendian. Fungsi utamanya adalah untuk menahan air dalam jaringan ikat dan kulit. Dengan demikian, air akan tetap berada di dalam jaringan dan tidak mudah menguap ke luar tubuh.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Niacinamide untuk Kulit, Bikin Wajah Lembap dan Kencang!

Keberadaan air sangat penting karena berfungsi sebagai pelumas alami yang membuat jaringan tubuh selalu lembab sehingga mampu melindungi dari kerusakan. Namun sayangnya dengan bertambahnya usia, jumlah produksinya akan menurun. Hal tersebut bisa menyebabkan penuaan dini, seperti keriput, terdapat garis halus, bintik hitam, hingga kulit terlihat kusam dan kering.

Jika hal ini terjadi, maka Realfoodfam memerlukan asupan nutrisi HA dalam produk skincare. Penggunaan rutin produk skincare yang mengandung HA tentunya akan memberikan banyak manfaat. Jika ingin tahu apa saja manfaat hyaluronic acid pada kulit wajah, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat Hyaluronic Acid Pada Kulit Wajah

Fungsi utama HA adalah untuk menjaga kelembapan kulit sehingga terhindar dari penuaan dini. Jika Realfoodfam ingin memiliki kulit wajah yang lembab dan sehat, direkomendasikan untuk menggunakan HA secara rutin. Lalu, apa lagi manfaat dari HA pada kulit? Berikut ini adalah ulasannya:

1. Menghidrasi Kulit Wajah

Senyawa HA bisa mengikat air hingga seribu kali lipat berat aslinya. Dengan begitu, HA mampu menghidrasi kulit dan juga menjaga kelembaban di permukaan kulit. Jika Realfoodfam memiliki kulit yang cenderung kering, cobalah menggunakan skincare yang mengandung HA.

Baca Juga: Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut Wajib Tahu

Adanya kandungan HA membuat kulit wajah lebih lembab, kenyal, dan terlihat bercahaya. Bagi Realfood yang memiliki kulit kering berjerawat juga disarankan menggunakan skincare yang terdapat kandungan HA. Pasalnya, kandungan HA bisa mengurangi produksi minyak berlebih yang bisa memicu terjadinya jerawat.

2. Mengurangi Kerutan Pada Kulit Wajah

Realfoodfam bisa memperlambat munculnya kerutan pada kulit wajah dengan menggunakan skincare yang mengandung HA. Kemudian, dengan rutin menggunakan produk skincare yang mengandung HA, mampu mengencangkan kulit wajah yang mulai kendur.

Baca Juga: Wajib Tahu! 7 Ciri-ciri Skin Barrier Rusak dan Cara Mengatasinya

HA dapat menahan air pada jaringan kulit dan membantu mengisi ruang antarsel yang kosong karena kurangnya produksi HA dan kolagen. Dengan begitu, kulit wajah menjadi lebih kenyal dan kerutan serta garis halus berangsur-angsur berkurang.

3. Mempercepat Regenerasi Sel Pada Kulit Wajah

Selain mengurangi kerutan, hyaluronic acid juga bermanfaat untuk mempercepat regenerasi sel pada kulit wajah. Hal ini sangat berguna apalagi jika usia Realfoodfam tidak lagi muda karena proses regenerasi kulit wajah ikut melambat. Sebagai solusinya, Realfoodfam bisa menggunakan skincare yang mengandung HA sehingga mampu mempercepat proses regenerasi kulit wajah.

4. Memperbaiki Kulit Wajah yang Terbakar Matahari

Bagi Realfoodfam yang sering beraktivitas diluar ruangan dan sering terkena sinar matahari, direkomendasikan untuk menggunakan skincare yang mengandung HA. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak jaringan kulit sehingga memicu penuaan dini, dan meningkatkan risiko penyakit kanker.

Baca Juga: 14 Cara Jitu Menghilangkan Bekas Jerawat yang Membandel dengan Cepat

Dengan menggunakan skincare yang mengandung HA, senyawa tersebut mampu memperbaiki kulit dan mengendalikan reaksi peradangan. Kemudian, HA juga merangsang pembentukan pembuluh darah pada area kulit wajah yang rusak sehingga mempercepat pemulihan.

5. Menyamarkan Bekas Jerawat

Noda membandel pada wajah memang mengganggu dan seringkali menurunkan rasa percaya diri. Salah satu cara untuk menyamarkan noda hitam akibat bekas jerawat yaitu menggunakan skincare yang memiliki kandungan HA. Menurut hasil uji klinis yang dimuat dalam American Journal of Dermatology and Venereology, penggunaan HA yang rutin dapat membantu menyamarkan bekas jerawat dan titik hitam pada wajah.

Baca Juga: Bikin Glowing, Ini 10 Tahapan Skincare Routine Korea yang Bisa Kamu Coba!

Tidak heran mengapa produk skincare dengan kandungan hyaluronic acid laris manis di pasaran. Pasalnya, senyawa ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk kulit wajah, mulai dari melembapkan, mengurangi kerutan, hingga menyamarkan bekas jerawat. Jadi, jika Realfoodfam ingin kulit wajah tetap sehat dan mencegah penuaan dini, gunakanlah skincare dengan kandungan HA secara rutin.