skincare routine korea

Selain terkenal dengan K-Pop dan Drama nya, beberapa tahun belakangan produk kecantikan (skincare) dari Korea juga banyak mencuri perhatian publik dari berbagai negara. Tidak heran, pasalnya melihat kulit dari artis Korea yang glowing dan flawless membuat banyak orang mengidamkannya. Ternyata untuk mendapatkan kulit mulus dan cerah, mereka melakukan skincare routine Korea yang terdiri dari 10 tahapan. Wah, banyak sekali ya, Realfoodfam! Orang-orang Korea pada umumnya melakukan teknik layering pada skincare routine mereka. Berikut 10 tahapan skincare routine Korea yang bisa kamu lakukan di rumah: 

1. First Cleanser

Tahapan pertama dari beauty routine Korea adalah first cleanser, yang bisa berupa make up remover atau oil cleanser atau cleansing balm. First cleanser biasa digunakan untuk menghapus make up setelah seharian beraktivitas, atau mengangkat sisa kotoran yang masih menempel di wajah. Sebagai opsi, kamu juga bisa menggunakan micellar water atau cleansing wipes jika aktivitas mu ringan atau bahkan hanya di rumah saja. 

2. Face Wash 

Setelah wajah bersih dari kotoran dan sisa make up, kamu bisa melanjutkan skincare routine Korea berikutnya yaitu facial wash. Pada tahapan ini, kamu bisa memilih pembersih wajah water based, gel, atau foam based. Dengan melakukan tahapan ini kulit wajahmu akan bersih secara menyeluruh dan lebih segar juga, Realfoodfam!

3. Exfoliation

Exfoliation merupakan tahapan skincare routine Korea untuk melengkapi tahapan sebelumnya dan mengangkat residu atau kotoran yang terlewatkan. Selain itu exfoliation juga bisa mengangkat sel kulit mati sehingga kulit bisa lebih cerah dan tidak kusam. Kamu bisa memilih physical (biasanya berupa scrub) ataupun chemical exfoliator (toner exfoliating). 

4. Toner

Toner merupakan salah satu step skincare routine Korea yang penting karena berfungsi mempersiapkan kulit untuk menerima produk skincare lainnya dan juga mampu mengembalikan pH kulit. Kamu bisa menggunakan toner dengan kapas atau mengoleskannya langsung ke kulit wajah dengan ditepuk perlahan. 

Baca Artikel Lainnya: 7 Rahasia Kulit Putih Ala Korea

5. Essence

Essence dipercaya memiliki kemampuan untuk melembapkan kulit. Biasa digunakan sebelum serum, konsistensi essence biasanya lebih ringan dan cair. Sehingga lebih cepat diserap oleh kulit. 

6. Serum/Ampoule

Serum atau ampoule biasanya memiliki kandungan bahan aktif yang lebih tinggi didalamnya sehingga lebih efektif untuk permasalahan kulit. Gunakan 2-3 tetes serum sesuai permasalahan kulitmu lalu ratakan dan pijat wajah perlahan. 

Kamu juga bisa mengonsumsi Realfood Jelly yang merupakan Beauty Jelly Snack Pertama di Indonesia dengan kandungan sarang burung walet, retinol, kolagen, dan elderberry. Memiliki 1gr gula dan 5kkal kalori, Realfood Jelly sangat aman dikonsumsi kapanpun dimanapun. 

7. Sheet Mask

Siapa tidak kenal dengan sheet mask Korea yang memiliki berbagai jenis dan varian? Bahkan artis Korea hampir setiap hari menggunakan sheet mask lho! Tak heran kulit wajah mereka lembab dan fresh setiap saat. 

8. Krim Mata

Area mata merupakan bagian penting dan paling sensitif di area wajah. Untuk itu jangan lupa mengaplikasikan eye cream atau eye serum sebagai salah satu tahapan beauty routine mu ya. Gunakan produk dan kandungan yang sesuai dengan permasalahan di area matamu. 

9. Moisturizer

Selain menggunakan produk di tahapan sebelumnya, pastikan untuk menguncinya dengan pelembab atau moisturizer hingga bagian leher ya, Realfoodfam! Fungsi pelembap ditahapan skincare routine mu adalah untuk memberikan kelembapan sepanjang hari.

10. Sunscreen

Tahapan skincare terakhir adalah mengaplikasikan sunscreen di pagi hari saat akan beraktivitas baik didalam maupun diluar ruangan. SPF pada sunscreen dapat menghalau radikal bebas dan mengurangi munculnya tanda penuaan dan menghindari kemungkinan terkena kanker kulit. 

Itulah 10 tahapan skincare routine Korea untuk kulit glowing dan flawless yang bisa Realfoodfam coba. Jangan lupa sesuaikan dengan kondisi kulitmu dan mulai perlahan ya. Agar tidak menimbulkan efek iritasi atau efek samping lainnya.

Artikel Terkait Lainnya: