tahapan skincare malam

Tahukah kamu kalau tahapan skincare malam itu sangat penting? Hal ini dikarenakan di malam hari, sel-sel kulit mengalami regenerasi sehingga skincare di malam hari akan membantu menghasilkan sel kulit baru yang sehat dan kenyal dan pastinya bangun dengan kulit yang lebih bagus daripada kemarin. Nah, sebenarnya kamu gak perlu kok melakukan 10 tahapan skincare malam setiap hari ala Perempuan Korea. Cukup punya 2 tahapan skincare malam ini, yaitu untuk sehari-hari dan acara penting. Let’s check it out

Tahapan Skincare Malam Sehari-hari 

First Cleanser 

Setelah beraktivitas seharian, jangan lupa untuk membersihkan wajah dengan first cleanser atau pembersih wajah berbasis minyak seperti cleansing oil, balm, atau butter. Hal ini ditujukan agar mampu membersihkan wajah dari kotoran dan minyak wajah di awal tahapan skincare malam agar skincare selanjutnya dapat menyerap lebih sempurna. Pastikan juga untuk memijat lembut untuk membantu meluruhkan kotoran dari pori-pori. 

Second Cleanser 

Setelah membersihkan wajah dengan first cleanser, tahapan skincare malam selanjutnya adalah membersihkan wajah dengan second cleanser atau pembersih wajah berbasis air seperti facial wash atau foam. Kotoran dan minyak yang telah larut bersama dengan first cleanser akan tersisa di wajah sehingga sebaiknya dilakukan pembersihan kedua untuk memastikan semua benar-benar luruh dan bersih. Cukup lakukan satu kali saja, tapi Realfoodfam, ada baiknya ambil waktu setidaknya 20-60 detik untuk membersihkan wajah dengan second cleanser ya!

Exfoliating Toner 

Sejatinya sel-sel kulit melakukan regenerasi setiap hari, tetapi tidak ada salahnya menggunakan exfoliating toner dengan kadar AHA dan BHA rendah (misalnya di bawah 5%) pada tahapan skincare malam. Hal ini membantu menyeimbangkan pH alami kulit setelah menggunakan face cleanser dan juga mengangkat sel-sel kulit mati. Jika kamu menggunakan exfoliating toner dengan kadar AHA dan BHA tinggi, sebaiknya berikan jeda atau gunakan maksimal 4 kali seminggu. Bagi Realfoodfam yang memiliki kulit sensitif, bisa gunakan exfoliating toner dengan kandungan PHA atau LHA yang lebih gendle dan hindari penggunaan kapas.

Hydrating Toner 

Setelah exfoliasi, menggunakan hydrating toner di tahapan skincare malam punya manfaat khusus lho, Realfoodfam! Kulit yang lembap adalah kulit yang mampu menerima dan menyerap nutrisi dari skincare dengan lebih baik. Oleh karena itu, hydrating toner sebaiknya gak di-skip nih di tahapan skincare malam! Pilih hydrating toner dengan kandungan hyaluronic acid, glycerine, polyglutamic acid, centella asiatica, atau green tea untuk memberikan rasa soothing pada kulit. Buat yang mau hemat, boleh juga lho semprotkan face mist atau air minum dalam kemasan di dalam botol spray. Yang penting kulit lembap!

Serum

Masih jadi perdebatan, apakah harus menggunakan serum setiap hari di tahapan skincare malam? Sebenarnya tujuan serum sendiri adalah memberikan nutrisi yang lebih intensif atau sebagai targeted treatment. Jika Realfoodfam tidak memiliki masalah kulit, bisa melewati tahapan skincare malam yang satu ini atau gunakan serum yang memberikan kelembapan seperti peptide, ceramide, hyaluronic acid, dan polyglutamic acid. Namun, jika terdapat masalah kulit, bolehlah mencoba menggunakan serum powerful seperti retinol dan AHA konsentrasi tinggi untuk wajah yang lebih mulus dan halus. 

Moisturizer 

Kunci dari tahapan skincare malam adalah menggunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit tetapi mampu menjaga kelembapan kulit semalaman. Jika tahapan skincare malam lainnya adalah memberikan kelembapan, moisturizer bertugas untuk menjaga kelembapan dan mencegah terjadinya penguapan kelembapan kulit (TEWL). Terutama jika kamu tidur di tempat yang dingin dan kering seperti saat musim dingin dan menggunakan AC. Oh iya, mitos ya kalau bilang kulit berminyak gak perlu pakai moisturizer di tahapan skincare malam! Kulit berminyak tetap perlu pelembap, tetapi bisa disesuaikan menggunakan moisturizer bertekstur gel atau gel-cream yang lebih lembap.

Face Oil 

Nah, pakai face oil juga gak perlu takut kok! Face oil akan membantu moisturizer menjaga kelembapan kulit sehingga kamu akan bangun dengan kulit yang lembap dan kenyal. Ada beragam face oil yang bisa kamu gunakan di tahapan skincare malam, pilih dry oil untuk kulit berminyak agar tidak terasa terlalu lenget dan thick oil untuk kamu yang punya kulit kering. JIka kamu punya kulit yang kering sampai mengelupas, ada baiknya lho kamu gunakan vaseline jelly atau pelembap berbahan dasar petroleum oil agar kulitmu benar-benar terjaga kelembapannya.

Tahapan Skincare Malam Saat Akan Ada Acara Penting

Ada acara penting seperti kencan, wisuda, lamaran, atau pernikahan? Well, yuk tweak sedikit tahapan skincare malam kamu supaya kulitmu bener-bener moist, lembap, dan makeup bisa menempel sempurna. Simak caranya di sini! 

First Cleanser 

Apapun acaranya, menggunakan first cleanser di tahapan skincare malam itu wajib ya! Justru dengan rutin menggunakan first cleanser, kamu sudah mencegah dan menjaga kulitmu dari jerawat lho! Kamu juga bisa menguapkan wajahmu setelah menggunakan first cleanser agar hasilnya lebih maksimal! Jangan lupa juga untuk membersihkan wajah setelah selesai beraktivitas terutama setelah menggunakan makeup yang lumayan tebal. Hal ini bisa mencegah pertumbuhan jerawat lho. 

Second Cleanser 

Setelah menggunakan first cleanser, gunakan second cleanser di tahapan skincare malam juga ya! Pastikan wajah benar-benar bersih agar tidak muncul jerawat baru. 

Exfoliating Toner 

Tahu gak kamu kalau makeup itu akan lebih menempel di kulit yang bersih? Nah, penggunaan exfoliating toner di tahapan skincare malam sebelum acara penting sangat disarankan semalam agar wajah lebih halus, mulus, dan bersih. Kamu boleh banget nih menggunakan exfoliating toner dengan konsentrasi sedikit lebih tinggi atau ‘mengompres’ wajah dengan exfoliating toner dengan kapas dalam waktu yang singkat. Hal ini membantu exfoliating toner meresap ke dalam kulit dan membuat kulit terasa lebih fresh! 

Clay Mask 

Nah, setelah menggunakan exfoliating toner, segera aplikasikan clay mask ke seluruh wajah. Hal ini berguna untuk ‘menyedot’ kotoran dari dalam pori-pori dan membuat kulit menghasilkan lebih sedikit sebum lho! Clay mask di tahapan skincare malam ini bagus banget digunakan sebelum menggunakan makeup karena sebum wajah itulah yang menyebabkan wajah tampak kusam. Kamu gak perlu pakai clay mask lama-lama kok, cukup 5 menit dan jangan gunakan clay mask sampai kering karena dapat menyebabkan iritasi. 

Hydrating Toner 

Nah, setelah menggunakan clay mask, bersihkan wajah dengan cara membilas wajah, lalu dalam keadaan lembap, segera aplikasikan hydrating toner dengan gerakan menepuk. Dijamin wajah menjadi super lembap dan kenyal! Pokoknya Realfoodfam sebaiknya jangan menghindari tahapan skincare malam yang satu ini agar hasil makeup besok luar biasa flawless

Serum 

Khusus di tahapan skincare malam saat acara penting, ada baiknya kamu menggunakan serum. Gak perlu serum yang powerful seperti retinol atau AHA konsentrasi tinggi kok! Serum dengan kandungan pelembap agar wajah tetap lembap dan kenyal sepanjang hari. 

Sheet Mask 

Satu lagi yang membuat tahapan skincare malam acara penting beda adalah menggunakan sheet mask setelah menggunakan serum! Gunanya buat apa sih? Sheet mask kaya akan kandungan pelembap dan akan ‘memperangkap’ serum yang digunakan supaya wajah lebih lembap dan moist. Cocok banget sih memang sheet mask ini dipakai sebelum acara penting, dijamin makeup lebih nempel! Pastikan sheet mask digunakan setidaknya 15 menit ya, jangan sampai ketiduran!

Sleeping Mask 

Setelah menggunakan sheet mask, kamu bisa menggunakan sleeping mask untuk menutup tahapan skincare malammu. Sleeping Mask biasanya mengandung silicone yang mampu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit dehidrasi tanpa membuat kulit terasa berat sehingga menghindari munculnya komedo dan jerawat baru. Kamu juga bisa kok mengganti dengan moisturizer dan face oil, sesuai dengan skincare yang kamu punya aja!
Nah, sudah tahu kan bedanya? Jangan sampai salah melakukan tahapan skincare malam. Semoga kamu glowing selalu dan good luck!

Artikel Terkait Lainnya: