Selain Harga, Inilah 3 Rahasia Burung Walet yang Terpendam

30 Juni 2020

Burung walet dicari untuk dibudidayakan ataupun dikonsumsi karena berbagai khasiatnya untuk kesehatan. Makanya, sarang burung walet punya nilai ekonomi cukup tinggi di pasaran. Mungkin, memang terdengar cukup asing bagaimana bisa melakukan bisnis dengan burung walet. Tapi, hal tersebut memang bisa dilakukan.

Meskipun familiar, masih belum banyak orang yang menyadari manfaat sarang burung walet, bagaimana cara melakukan budidayanya, hingga proses penjualannya yang dikhususkan sebagai bahan dasar produk kecantikan maupun kesehatan.

Buat Realfoodfam yang penasaran dengan apa aja sih rahasia yang ada di burung walet, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Daerah Tropis Adalah Habitat Burung Walet

Siapa sangka,  burung walet hanya bisa ditemui dalam lingkup negara-negara beriklim tropis saja, termasuk Indonesia. Menjadi salah satu negara pengekspor burung walet terbesar di dunia, pamor khasiat sarang burung walet masih lebih dikenal di Tiongkok, berkaitan dengan sejarah sarang burung walet sebagai makanan mewah kesukaan kaisar ratusan tahun silam.

Jika pergi ke benua Eropa, Afrika, dan juga benua Amerika tidak akan menemukan burung yang unik ini. Burung walet hanya dapat hidup di kondisi lingkungan dengan unsur kelembapan yang tinggi.

Hal inilah yang membuat burung walet sulit ditemui di daerah perkotaan, terlebih sifat burung walet yang memang lebih pemalu dan bisa ditemui di tempat-tempat tertentu yang jauh dari keramaian orang banyak.

2. Mempunyai Sarang yang Sangat Istimewa

Beberapa dari Realfoodfam, mungkin tidak tahu bahwa sarang burung walet di Indonesia sangat terkenal akan manfaat dan juga khasiatnya yang sangat luar biasa. Sarang burung walet dihasilkan dari air liurnya sendiri

Dengan insting alamiah, burung walet mampu membuat sarang dengan sedemikian rupa hanya dengan menggunakan air liurnya saja dan tanpa memakai campuran dari dedaunan maupun benda di sekitar mereka. 

Realfoodfam dapat menemukan sarang burung walet di atas langit-langit bangunan tua yang sudah tidak ditempati ataupun di dalam gua. Pembuatan sarang yang menempel inilah membuat banyak predator seperti tikus tidak mampu untuk memangsa anak burung walet. 

Burung walet sangat sabar dalam membuat sarangnya karena merajutnya tiap helai lembar setiap hari. Jika diibaratkan adalah seperti seorang seniman yang membuat sebuah mahakarya dengan ketekunan dan ketelitian yang ekstra agar menghasilkan sebuah karya seni yang begitu menakjubkan. 

Untuk membuat sarang walet hingga sempurna, biasanya memerlukan waktu hingga satu minggu sampai sarang burung walet bisa digunakan untuk menyimpan telur-telur walet. 

Baca juga: Tips Menerapkan Pola Hidup Sehat Dimulai dari Cara Berikut Ini

3. Dikenal Memiliki Manfaat Kesehatan Sejak Dahulu

Manfaat sarang burung walet diyakini dan dipercaya dapat menjadi obat dari segala macam penyakit sejak zaman dahulu kala. Hal inilah yang membuat tingkat penjualan sarang hingga kini masih sangat mahal dipasaran. 

Harga sarang burung walet yang tinggi ini tentunya sebanding dengan berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari sarang walet. Berkat penemuan manfaat dan segala khasiat dari sarang burung walet inilah akhirnya berbagai kalangan mencoba untuk berbisnis burung walet, sekaigus bertujuan baik  dalam mengembangbiakkan agar burung ini tidak punah.

Tidak hanya itu, sarang burung walet juga berkhasiat untuk segala usia, mulai dari anak-anak, remaja, ibu hamil, pria ataupun wanita. Bagaimana, tertarik untuk mencoba mengkonsumsi sarang burung walet?

4. Harga Sarang Walet Cukup Fantastis

Harga sarang walet (mentah) per kilogramnya mencapai sekitar Rp 10 hingga 25 juta. Harga ini cenderung semakin tinggi dari tahun ke tahun. Sangat fantastis bukan? Wajar saja, jika beberapa orang mau melakukan budidaya sarang walet.

Bahkan, bisnis sarang walet ini bisa tembus hingga negara-negara luar. Salah satu contohnya adalah Tiongkok yang memiliki permintaan sarang burung walet yang besar karena masyarakatnya percaya bahwa dengan mengkonsumsi sarang walet bisa menambah awet muda, serta memberikan umur panjang. Wah, begitu menakjubkan rahasia dibalik burung walet ini ya, Realfoodfam!

Kini, konsumsi sarang burung walet setiap hari semakin mudah dan terjangkau melalui Program 12 Hari Realfood. Realfood Bird’s Nest Concentrate menghadirkan ekstrak sarang burung walet yang dikemas dalam botol berteknologi vacuum cap yang membuatnya awet selama 12 bulan, meskipun tanpa menggunakan bahan pengawet. Realfoodfam bisa memilih program 12 hari Fit With Realfood yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan harian ataupun mengkonsumsi langsung Bird Nest Daily Drink dalam kemasan botol satuan hingga paket bundle pack 6 in 1 sebagai alternatif minuman ringan yang lebih sehat. 

Gimana, siap ubah gaya hidup lebih sehat  dan praktis setiap hari ditemani Realfood dong, Realfoodfam?

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
icon chat whatsapp
closearrow-circle-o-downbars