Siapa sih yang gak mau punya kulit mulus? Salah satu cara untuk mendapatkan kulit mulus adalah pakai masker wajah secara rutin. Penting nih buat kamu mengetahui jenis masker wajah yang bermanfaat untuk segala permasalahan kulitmu. Yuk, cari tahu 7 jenis masker wajah yang bisa kamu gunakan sesuai dengan jenis kulit, kondisi kulit, dan masalah kulitmu!

1. Sheet Mask 

sheet mask

Jenis masker wajah dalam bentuk tissue yang tersaturasi dengan serum. Sheet mask sendiri digunakan dengan cara meletakkan tissue masker ke atas wajah yang bersih atau setelah menggunakan toner/ essence. Fungsi utama dari jenis masker wajah yang satu ini adalah untuk memberikan kelembapan yang intensif untuk kulit. Alasan lain mengapa sheet mask adalah jenis masker wajah yang efektif adalah karena masker wajah ini membiarkan kulit untuk beristirahat dalam keadaan lembap selama 10 - 15 menit. 

2. Clay /  Mud Mask 

mud mask

Pemilik kulit berminyak dan berjerawat pasti suka banget sama masker yang satu ini! Salah satu jenis masker wajah yang bisa mengatasi masalah kulit kusam, berjerawat, bruntusan, berminyak parah, clay mask atau mud mask adalah masker yang tepat. Clay atau mud mask bekerja dengan cara menyerap minyak berlebih sehingga kulit tampak lebih cerah, seimbang kelembapannya, dan mencegah munculnya jerawat baru. Ada baiknya untuk menggunakan clay atau mud mask seminggu sekali untuk mendetoksifikasi kulitmu dari kotoran dan debu! 

3. Wash Off Mask

wash of mask

Kalau masker clay atau mud mask lebih cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat, wash off mask ini adalah jenis masker wajah yang bisa untuk semua jenis kulit terutama kulit kombinasi dan kering. Wash off mask sendiri bisa jadi jenis masker wajah yang cukup aman untuk pemilik kulit sensitif karena penggunaannya tidak terlalu lama dan harus dibilas. Gak cuma itu, wash off mask juga banyak lho yang mengandung butiran scrub untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Menarik! 

4. Peel Off Mask

peel of mask

Nah, jenis masker wajah ini memiliki tekstur yang sangat unik. Biasanya berbentuk gel yang akan mengering dan dikelupas untuk mengangkatnya. Didalih, peel off mask adalah salah satu jenis masker wajah yang ampuh mengatasi kulit kusam karena membantu mengangkat sel kulit mati. Sayangnya, jenis masker wajah yang satu ini ternyata lebih banyak mudaratnya daripada manfaatnya karena di beberapa jenis kulit terutama kulit kering dan sensitif, peel off mask justru dapat menyebabkan skin barrier melemah. Jadi jangan terlalu sering menggunakan masker ini ya!  

5. Sleeping Mask 

sleeping mask

Jenis masker wajah yang satu ini adalah satu-satunya masker yang tidak perlu dibilas dan bisa digunakan untuk waktu yang sangat lama yaitu saat tertidur. Sleeping mask sendiri biasanya berbentuk gel-cream atau cream yang meresap cepat dan melembapkan sepanjang malam. Biasanya, sleeping mask ini hanya akan membantu melembapkan kulit saja karena tidak terlalu banyak pilihan sleeping mask dengan bahan aktif karena ditakutkan dapat menyebabkan iritasi. Namun, jenis masker wajah yang satu ini sangat cocok lho untuk skin barrier yang bermasalah.

6. Model Mask 

model mask

Pernah lihat masker bubuk yang dicampurkan dengan air menjadi bubur lalu dioleskan ke wajah hingga jadi seperti plastik? Nah jenis masker wajah ini disebut model mask. Biasanya mengandung alga yang membuat masker menjadi keras. Beberapa merek model mask akan memberikan serum sebelum menggunakan model mask karena model mask ini membantu menyerapan dan mencegah penguapan dari kulit. Kamu juga bisa lho menambahkan serum favoritmu sebelum menggunakan model mask. 

7. Silicone Mask 

silicone mask

Suka dengan jenis masker wajah seperti model mask atau sheet mask tapi enggan menghasilkan sampah? Silicone mask ini bisa jadi solusi! Terbuat dari lembaran silikon, kamu bisa gunakan silicone mask ini setelah menggunakan toner, essence, serum, atau pelembap supaya kadar air di kulit tidak menguap berlebihan.

Itu dia 7 jenis masker wajah yang bisa kamu coba, tetapi perlu diketahui bahwa pakai masker wajah itu harus konsisten dan rutin, serta kamu perlu menggunakan skincare juga. Perawatan dari luar saja gak cukup nih, ada baiknya juga kamu makan skincare supaya kulitmu semakin oke. Hah? Makan skincare? Apa gak salah? Eits, kalau kamu belum tahu, sekarang kamu bisa lho makan skincare di dalam Realfood Jelly yang rendah gula dan rendah kalori! Ada 3 jenis, yuk lihat bedanya!

Realfood Jelly Flawless

Mengandung sarang burung walet yang kaya EGF untuk produksi kolagen dan asam sialat yang mencerahkan kulit. Selain itu juga ada kolagen, elderberry, pomegranate, dan retinol supaya kulitmu tetap kencang! 

Realfood Jelly Pure 

Jelly yang satu ini mengandung labu kuning si antiinflamasi, wortel yang kaya antioksidan, madu hutan, dan zinc yang bagus untuk detoksifikasi kulit. Pastinya mengandung sarang burung walet dong! 

Realfood Jelly Lychee Glutabright 

Siapa yang mau kulitnya cerah? Wajib cemilin Realfood Jelly Lychee Glutabright nih! Kandungan sarang burung walet, lychee extract, strawberry extract, glutation, vitamin C, dan Vitamin E bantu mencerahkan dan melindungi kulit dari sinar UV lho!

So, tunggu apa lagi? Yuk kita nutrisi kulit dengan beragam jenis masker wajah dan juga Realfood Jelly!

Artikel Terkait Lainnya: